business development manager
Tips Belajar

Seberapa Menarik Profesi Business Development Manager? Simak Yuk!

Kamu senang menggeluti dunia bisnis, tapi lebih sebagai perencana ketimbang terjun langsung ke lapangan? Mungkin, business development manager adalah pekerjaan yang cocok untukmu. Profesi business development manager berfokus pada upaya peningkatan dan pertumbuhan bisnis. Di antaranya dengan cara membangun dan mengembangkan hubungan bersama pelanggan, distributor, dan mitra lainnya.

Kamu akan memiliki peran untuk mengidentifikasi peluang bisnis baru demi menghasilkan pendapatan, meningkatkan profitabilitas, dan membantu bisnis tumbuh. Pekerjaan kamu ini akan melibatkan perencanaan strategis yang cermat, serta penentuan posisi pasar yang sesuai. Juga untuk meningkatkan operasi bisnis, posisi, atau reputasi dalam beberapa cara.

Kualifikasi Menjadi Business Development Manager

Untuk mengejar karier sebagai business development manager, kamu tidak dikhususkan harus berasal dari jurusan kuliah tertentu. Sebab, keterampilan dalam profesi ini sebenarnya bisa diperoleh dari berbagai pengalaman. Seperti pengalaman ketika bergabung dalam sebuah organisasi, pengalaman dalam hal menjadi penjual, atau melalui ilmu pemasaran dan pelatihan kerja tertentu.

Kamu juga bisa loh menjalani profesi terlepas dari keterkaitan jurusanmu melalui pengalaman magang. Namun, jika kamu ingin mendapatkan ilmu yang langsung mengarahkan kamu pada karier sebagai business development, beberapa jurusan kuliah yang cocok di antaranya Akuntansi, Bisnis, Ekonomi, Keuangan, Hubungan Internasional, dan Marketing. Lalu untuk menjadi seorang business development manager, kamu tidak diharuskan menjadi pasca sarjana.

Tidak hanya sebagai business development manager saja, lulus dari jurusan kuliah seperti disebutkan di atas, kamu juga masih bisa memilih profesi lain. Misalnya seperti commercial manager, account manager, sales executive, business development executive, hingga sales manager dapat jadi alternatifnya.

Kemudian terlepas dari apapun jurusan kuliah yang kamu ambil, ada beberapa skill sebagai seorang business development manager yang sebaiknya kamu miliki. Di antaranya:

  1. Keuletan dan dorongan untuk mencari bisnis baru
  2. Keterampilan interpersonal untuk membangun dan mengembangkan hubungan yang baik dengan klien
  3. Keterampilan berkomunikasi baik secara verbal maupun tertulis (baik secara internal maupun eksternal)
  4. Kolaboratif dan mampu bekerja sama baik sebagai tim
  5. Keterampilan membuat keputusan
  6. Terampil dalam melakukan manajemen dalam pekerjaan
  7. Keterampilan bernegosiasi
  8. Kemampuan untuk berpikir secara strategis
  9. Kemampuan menganalisis angka penjualan dan menulis laporan
  10. Memiliki kemampuan pendekatan yang fleksibel dalam bekerja
  11. Mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan baru
  12. Memiliki Inisiatif tinggi dan percaya diri
  13. Kemampuan berbahasa asing (nilai plus agar siap berhubungan dengan klien dari negara asing)

Prospek Kerjanya Sangat Luas Loh!

Prospek kerja sebagai business development itu sendiri sangat luas. Dalam banyak bidang posisi ini hampir selalu jadi kebutuhan. Maka dari itu, ada banyak kemungkinan untuk pengembangan kariernya. Kamu bisa memilih menjadi business development yang fokus pada bidang sesuai keinginan.

Bukan hanya itu, kamu akan memiliki tanggung jawab untuk tim yang lebih besar, sehingga target juga lebih tinggi. Ketika kamu sudah lebih berpengalaman lagi dalam karier ini, maka ada kemungkinan level kariermu bisa terus meningkat hingga ke level direktur.

Satu hal penting dan harus kamu tanamkan untuk memilih profesi sebagai business development manager dibandingkan business development biasa yaitu memiliki kemauan untuk belajar yang sangat tinggi. Ilmu dalam bisnis itu terus berkembang dan gak ada aturan pakemnya.

Oleh sebab itu, penting untuk selalu menambah ilmu dan skill untuk mengikuti berbagai tren terbaru. Salah satu caranya dengan mengikuti kelas Managing Business Strategy persembahan universitas terbaik di Singapura, Nanyang Technological University (NTU) yang ada di goKampus. Selain menambah skill, kamu juga mendapatkan sertifikat profesional langsung dari NTU. Kuota terbatas, jangan sampai terlewat ya. Klik infonya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *