Kalau kamu ditanya mau kuliah di jurusan apa, pasti rata-rata bakal jawab komunikasi, teknik industri, atau manajemen, kan? Tiga jurusan tersebut memang dikenal jadi jurusan yang paling familiar di Indonesia. Tapi, mungkin saja kamu bukan termasuk orang yang cocok sama ketiga jurusan itu, dan kamu masih bingung nentuin jurusan apa yang harus diambil waktu kuliah nanti. Jangan khawatir! Buat kamu yang sukanya jurusan anti mainstream, goKampus mau kasih tau 5 jurusan unik dan langka yang ada di kampus-kampus di Indonesia untuk jadi pilihan kamu buat kuliah nanti. Ini dia!

jurusan unik indonesia

1. Aktuaria

Jurusan Aktuaria merupakan ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan risiko terhadap keuangan di masa depan. Ilmu aktuaria merupakan kombinasi dari peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer. Kalau kamu termasuk orang yang suka dan ahli banget dalam hitung-hitungan, jurusan ini cocok banget untuk kamu!

Di Indonesia sendiri, jurusan aktuaria memang masih terdengar asing, tapi setelah kamu lulus dan menjadi sarjana aktuaria, maka kamu tidak perlu pusing karena kesempatanmu untuk dapat pekerjaan sangat besar, dan gajinya juga luar biasa!

2. Teknologi Game

Hobi main game bisa kuliah juga? Pastinya! Beberapa universitas di Indonesia sudah membuka jurusan teknologi game seiring dengan semakin populernya ESports di Indonesia.

Di jurusan teknologi game, kamu akan mempelajari bagaimana sebuah game itu dibuat sampai bisa dimainkan oleh banyak orang. Kamu juga akan diajarkan cara merancang cerita, karakter, hingga memproduksi sebuah game.

3. Seni Pedalangan

Buat kamu yang suka dengan dunia seni dan warisan budaya Indonesia, maka jurusan seni pedalangan bakal cocok banget sama kamu nih! Seni pedalangan merupakan jurusan yang sangat spesifik membahas tentang seni pertunjukan wayang tradisional.

Dalam seni pedalangan, kamu akan diajarkan apa saja konsep-konsep dalam pementasan wayang tradisional. Kamu juga akan belajar bagaimana berperan menjadi dalang serta membuat alur cerita untuk pementasan! Jadi buat kamu yang suka bercerita dan tertarik dengan pentas-pentas wayang, yuk merapat!

Baca Juga: 4 Tips Jadi Mahasiswa Baru Kece di Kampus

4. Teknologi Batik

Nah, kalau jurusan yang satu ini memang hanya ada di Indonesia. Kalau kamu penasaran gimana awal mula batik diproduksi, maka kamu bisa banget ambil jurusan teknologi batik. Dalam kuliah teknologi batik, kamu akan belajar sejarah filosofi batik hingga diajarkan cara memproduksi batik sendiri loh! Wah, seru banget ya!

5. Transportasi Laut

Nah, studi transportasi laut ini juga hanya ada di Indonesia, guys. Kalau kamu kepo sama hal-hal yang terkait dengan pelayaran dan pelabuhan, studi transportasi laut ini cocok banget untuk kamu! Kamu akan mempelajari perencanaan dan analisa mulai dari angkatan laut hingga desain konsep kapal yang bersifat internasional. 

Untuk prospek pekerjaannya, kamu gak usah khawatir karena meskipun studi transportasi laut ini asing di telinga, tapi sebagai lulusan transportasi laut kamu bisa memiliki banyak kesempatan untuk bekerja di berbagai bidang, salah satunya adalah bergabung dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan maupun di perusahaan pelayaran.

jurusan unik indonesia

Gimana nih referensi jurusan unik dari goKampus? Sudah kepikiran mau daftar ke jurusan mana aja? Semoga tips dari goKampus bermanfaat untuk kamu, ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #PastiBisaKuliah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like