cara daftar kuliah online
Upskill

Begini Ternyata Cara Daftar Kuliah Online

Pendidikan di era modern seperti sekarang ini tidak hanya secara konvensional, yakni di dalam ruangan kelas, namun juga bisa secara online. Beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia bahkan juga swasta telah menyediakan kuliah online bagi para mahasiswanya.

Perubahan gaya pendidikan itu tentu tidak terlepas dari perkembangan zaman yang berjalan begitu pesat. Melakukan berbagai hal yang sebelumnya memakan banyak waktu dan sulit, sekarang jauh lebih mudah dan efisien.

Namun perlu kamu ketahui bahwa kuliah online itu tidak serta merta belajar secara online baik melalui komputer, laptop ataupun smartphone secara terus menerus, tetapi juga ada pertemuan offline. Meski memang pertemuan offline ini tidak sesering layaknya kelas reguler misalnya.

Baca Juga: Pendaftaran Mahasiswa Baru 2021 Sudah Dibuka, Yuk Daftar Kuliah!

Selain faktor perkembangan zaman yang pesat, hadirnya kuliah online ini juga karena kebutuhan para karyawan atau pekerja yang ingin tetap bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Karena seperti kita ketahui bersama bahwa para pekerja itu sebelumnya juga berstatus sebagai pelajar. Mereka memilih untuk langsung terjun ke dunia kerja karena mungkin tidak memiliki dana untuk menimba ilmu di perguruan tinggi. Mengingat pula bahwa biaya kuliah di Indonesia terbilang mahal.

Dengan hadirnya kuliah online, para karyawan dapat kembali mengenyam pendidikan tinggi tanpa mengganggu waktu kerja mereka. Sekaligus juga mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Cara Daftar Kuliah Online

Lantas, bagaimana sih cara daftar kuliah online itu? Apakah sama dengan pendaftaran mahasiswa baru seperti pada umumnya? Kalau beda, apa yang membedakannya? Berikut ini 4 cara daftar kuliah online bagi yang kamu ingin menjadi mahasiswa.

1. Cari Informasi Kuliah Online

Mencari informasi menjadi cara daftar kuliah online yang pertama. Cara ini tentu dapat dengan mudah, mengingat sekarang ini kamu hidup di era modern. Cukup mengetikkan kata kunci “kuliah online” di mesin pencari seperti Google, dengan sekejap berbagai informasi bermunculan.

Itu artinya pula bahwa kamu tidak perlu lagi repot-repot mendatangi universitas yang akan menjadi tempat kamu dalam mengenyam pendidikan tinggi nanti. Menghemat waktu dan tenaga secara bersamaan.

Informasi yang perlu untuk kamu ketahui di antaranya adalah waktu pendaftaran, biaya formulir pendaftaran mahasiswa baru, biaya per semester, termasuk juga uang pangkal. Dengan begitu, kamu juga dapat mengetahui kisaran biaya selama kuliah per semesternya.

2. Mengisi Formulir Pendaftaran Mahasiswa Baru

Setelah menghimpun berbagai informasi seputar pendaftaran mahasiswa baru, cara kedua dalam daftar kuliah online adalah mengisi formulir pendaftaran. Tidak perlu lagi mengambil formulir di universitas tujuan, karena langsung dapat mengisinya di laman resmi mereka.

Isi semua kolom formulir dengan data-data pribadi yang benar dan asli. Mulai dari nama lengkap, nomor yang bisa dihubungi, hingga pilihan jurusan kuliah. Untuk urusan yang terakhir, yakni program studi kuliah, pastikan telah sesuai dengan kepribadian dan minat kamu.

Karena tidak sedikit mahasiswa yang salah jurusan kuliah. Jika itu terjadi, mungkin kamu akan menjalani masa perkuliahan dengan setengah hati bahkan pada akhirnya justru gagal hingga wisuda alias berakhir di tengah jalan.

3. Melengkapi Berkas Penunjang

Formulir pendaftaran mahasiswa baru telah kamu isi dengan baik dan melengkapi berkas penunjang adalah cara ketiga dalam daftar kuliah online. Berkas-berkas penunjang yang harus kamu lengkapi di antaranya transkrip nilai rapor semester, scan KTP, scan SKHUN, pas foto, dan lain sebagainya.

Pastikan seluruh berkas yang universitas butuhkan telah kamu lengkapi. Jika ada satu berkas yang tidak kamu lampirkan alias ketinggalan atau lupa, maka proses pendaftaran mahasiswa baru tidak akan berlanjut ke tahap berikutnya. Ketelitian menjadi kunci pada tahap ini.

4. Pembayaran

Dan cara terakhir untuk bisa kuliah online di universitas tujuan kamu tentu saja pembayaran. Lakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang tertera, pastikan juga nomor rekening tujuan benar, dan jangan sampai lewat dari batas waktu yang telah pihak universitas tentukan.

Untuk informasi seputar dunia perkuliahan, langsung saja download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store sekarang juga! Banyak informasi seperti pendaftaran beasiswa, kerja magang, dana pendidikan, hingga kelas-kelas online biar kamu makin expert dan gampang cari kerja!

Sstt.. ada kelas gratis dan promo menarik selama kesempatan masih ada. Yuk, beli sekarang dan pilih kelasnya di link ini.

You may also like...

2 Comments

  1. Saya ingin kuliah

    1. Khalid says:

      hai kak jika kamu ingin mendaftar kuliah bisa ke link berikut https://gokampus.com/pendaftaran-instant-approval

      terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *