Pendidikan di era modern seperti sekarang ini tidak hanya dilakukan secara konvensional, yakni di dalam ruangan kelas, namun juga dilakukan secara online. Beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia bahkan juga swasta telah menyediakan kuliah online bagi para mahasiswanya.

Perubahan gaya pendidikan itu tentu tidak terlepas dari perkembangan zaman yang berjalan begitu pesat. Melakukan berbagai hal yang sebelumnya memakan banyak waktu dan sulit, sekarang jauh lebih mudah dan efisien.

Namun perlu digaris-bawahi bahwa kuliah online itu tidak serta merta belajar secara online baik melalui komputer, laptop ataupun smartphone secara terus menerus, tetapi juga ada pertemuan offline. Meski memang pertemuan offline ini tidak sesering layaknya kelas reguler misalnya.

Baca Juga: 7 Persiapan Hari Pertama Kuliah Wajib bagi Mahasiswa Baru

Selain faktor perkembangan zaman yang pesat, hadirnya kuliah online ini juga disebabkan karena kebutuhan para karyawan atau pekerja yang ingin tetap bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Karena seperti diketahui bersama bahwa para pekerja itu sebelumnya juga berstatus sebagai pelajar. Mereka memilih untuk langsung terjun ke dunia kerja karena mungkin tidak memiliki dana untuk menimba ilmu di perguruan tinggi. Mengingat pula bahwa biaya kuliah di Indonesia terbilang mahal.

Dengan hadirnya kuliah online, para karyawan dapat kembali mengenyam pendidikan tinggi tanpa mengganggu waktu kerja mereka. Sekaligus juga mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Lantas, bagaimana sih cara daftar kuliah online itu? Apakah sama dengan pendaftaran mahasiswa baru seperti pada umumnya? Kalau beda, apa yang membedakannya? Berikut ini 4 cara daftar kuliah online bagi yang kamu ingin menjadi mahasiswa.

1. Cari Informasi Kuliah Online

Mencari informasi menjadi cara daftar kuliah online yang pertama. Cara ini tentu dapat dengan mudah dilakukan, mengingat sekarang ini kamu hidup di era modern. Cukup mengetikkan kata kunci “kuliah online” di mesin pencari seperti Google, dengan sekejap berbagai informasi bermunculan.

Itu artinya pula bahwa kamu tidak perlu lagi repot-repot mendatangi universitas yang akan menjadi tempat kamu dalam mengenyam pendidikan tinggi nanti. Menghemat waktu dan tenaga secara bersamaan.

Informasi yang perlu untuk kamu ketahui diantaranya adalah waktu pendaftaran, biaya formulir pendaftaran mahasiswa baru, biaya per semester, termasuk juga uang pangkal. Dengan begitu, kamu juga dapat mengetahui kisaran biaya yang akan dikeluarkan selama kuliah per semesternya.

2. Mengisi Formulir Pendaftaran Mahasiswa Baru

Setelah menghimpun berbagai informasi seputar pendaftaran mahasiswa baru, cara kedua dalam daftar kuliah online adalah mengisi formulir pendaftaran. Tidak perlu lagi mengambil formulir di universitas tujuan, karena langsung dapat mengisinya di laman resmi mereka.

Isi semua kolom formulir dengan data-data pribadi yang benar dan asli. Mulai dari nama lengkap, nomor yang bisa dihubungi, hingga pilihan jurusan kuliah. Untuk urusan yang terakhir, yakni program studi kuliah, pastikan telah sesuai dengan kepribadian dan minat kamu.

Karena tidak sedikit mahasiswa yang salah jurusan kuliah. Jika itu terjadi, mungkin kamu akan menjalani masa perkuliahan dengan setengah hati bahkan pada akhirnya justru gagal hingga wisuda alias berakhir di tengah jalan.

3. Melengkapi Berkas Penunjang

Formulir pendaftaran mahasiswa baru telah diisi dengan baik, melengkapi berkas penunjang menjadi cara ketiga dalam daftar kuliah online. Berkas-berkas penunjang yang harus kamu lengkapi diantaranya transkrip nilai rapor semester, scan KTP, scan SKHUN, pas foto, dan lain sebagainya.

Pastikan seluruh berkas yang diminta telah dilengkapi. Karena jika ada satu berkas yang tidak dilampirkan alias ketinggalan atau lupa, maka proses pendaftaran mahasiswa baru tidak dapat dilanjutkan. Ketelitian menjadi kunci pada tahap ini.

4. Pembayaran

Dan cara terakhir untuk bisa kuliah online di universitas tujuan kamu tentu saja pembayaran. Lakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang tertera, pastikan juga nomor rekening tujuan benar, dan jangan sampai lewat dari batas waktu yang telah ditentukan.

Untuk informasi seputar dunia perkuliahan, langsung saja Download aplikasi goKampus sekarang juga di Google Play Store dan App Store! Ragam informasi seperti pendaftaran beasiswa, kerja magang, dana pendidikan dan acara-acara kampus bisa diakses dengan praktis lewat satu aplikasi goKampus saja. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like