Rasanya semua orang ingin kuliah gratis karena beasiswa. Namun, tidak sedikit dari mereka yang beranggapan bahwa mendapatkan beasiswa kuliah itu susah. Terlebih lagi ada beberapa program beasiswa yang hanya berlaku untuk jurusan tertentu. Sehingga berpikir tidak ada dana bantuan pendidikan untuk program studi yang sesuai dengan minat dan bakat diri sendiri.

Anggapan-anggapan tersebut lumrah ada di benak setiap mahasiswa, termasuk juga para calon mahasiswa. Padahal sebenarnya, tidak terlalu rumit seperti yang dibayangkan untuk bisa memenangkan persaingan meraih beasiswa. Kuncinya ada pada tekad dan kemauan yang tinggi.

Baca Juga: Info Beasiswa Unggulan Kemendikbud Terbaru

Tapi, tekad dan kemauan yang tinggi saja akan percuma apabila tidak dibarengi dengan hal-hal penting lainnya. Dan berikut ini setidaknya terdapat 3 hal penting yang wajib untuk diketahui dan dijamin membuat kamu lolos seleksi beasiswa.

1. Cari Informasi Beasiswa Selengkap Mungkin

Apabila kamu benar-benar ingin mengenyam pendidikan tinggi dengan beasiswa, hal pertama yang harus diketahui adalah informasi beasiswa itu sendiri. Penting untuk mencari tahu informasi beasiswa tersebut secara lengkap. Mulai dari waktu pendaftaran, apa saja persyaratan yang dibutuhkan, ketentuan yang berlaku hingga proses seleksinya.

Mencari informasi di era modern seperti sekarang ini tentu bukan pekerjaan yang sulit. Cukup hanya menggunakan smartphone yang hampir dimiliki semua orang. Kemudian ketik kata kunci di mesin pencari seperti Google. Sekejap, tersaji ragam informasi yang diinginkan.

Catatan penting, hal pertama ini harus diketahui jauh-jauh hari. Pasalnya, ada beberapa prasyarat beasiswa yang membutuhkan waktu panjang untuk memprosesnya. Sebut saja salah satunya adalah surat rekomendasi dosen atau keterangan dari pihak universitas.

Selain itu, penting juga untuk mengetahui proses seleksi beasiswa yang diterapkan. Setiap program beasiswa memiliki sistem seleksi yang berbeda-beda. Umumnya, terdapat dua rangkaian seleksi, yakni tes ujian tertulis dan tes wawancara. Tapi, ada pula yang diharuskan menciptakan sesuatu untuk dipresentasikan.

2. Mengasah Kemampuan Bahasa Asing

Bahasa asing menjadi hal yang sangat wajib untuk kamu kuasai jika ingin lolos seleksi beasiswa kuliah. Pasalnya, beberapa pihak penyedia beasiswa menginginkan kamu untuk menjadi brand ambassador perusahaan atau lembaga mereka.

Sebagai brand ambassador, kamu akan memiliki tugas sebagai perwakilan dari perusahaan pemberi beasiswa tersebut pada bidang tertentu, tergantung pada beasiswa yang kamu terima. Itu artinya, kamu akan menemui banyak orang dan tidak menutup kemungkinan bertemu dengan pihak luar negeri.

Dengan memiliki kemampuan berbahasa asing, maka bukan menjadi penghalang untuk berkomunikasi dengan pihak dari luar negeri. Untuk itu, sangat penting untuk mengasah kemampuan berbahasa asing, khususnya Inggris, mengingat hingga saat ini masih menjadi Bahasa Internasional.

3. Tingkatkan dan Pertahankan Prestasi Akademik

Dan hal ketiga yang sangat penting untuk diketahui agar lolos seleksi beasiswa kuliah adalah meningkatkan dan mempertahankan prestasi akademik. Sudah menjadi hal mutlak yang satu ini, mengingat menjadi satu syarat dalam pengajuan program beasiswa.

Hal penting dalam prestasi akademik yang harus diperhatikan adalah tidak ada satupun mata kuliah atau pelajaran yang tidak lulus. Selain itu, usahakan untuk tidak ada nilai dari satu mata pelajaran yang turun.

Sehingga, lolos seleksi beasiswa dalam hal ini tahap seleksi administrasi bukan lagi hanya menjadi angan-angan semata. Tingkatkan nilai mata kuliah kamu dan jangan lupa untuk mempertahankannya.

Kuliah gratis bukan lagi hanya sebuah mimpi di siang bolong. Wujudkan impianmu bersama goKampus. Aplikasi yang telah tersedia di Google Play Store dan App Store ini memiliki ragam program beasiswa kuliah. Selain itu, pendaftaran kuliah juga bisa dilakukan di aplikasi goKampus. Informasi-informasi dunia perkuliahan pun juga tersaji secara lengkap. Mulai dari informasi kerja magang, event kampus hingga dana pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like