mahasiswa baru
Upskill

Pendaftaran Mahasiswa Baru 2020/2021 Sudah Dibuka, Yuk Daftar Kuliah!

Pendaftaran kuliah tahun 2021 sudah dibuka nih! Walaupun tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, namun kegiatan belajar mengajar tetap harus berjalan. Kita gak bisa lagi menikmati daftar kuliah dengan langsung datang ke kampus atau mengikuti tes secara tatap muka.

Saat kamu kelas 12 SMA/SMK pun, kita aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar via online di rumah masing-masing. Seperti sudah latihan untuk bertarung di medan perang, namun perang dibatalkan karena alam tak ingin kita berperang.

Akhirnya kamu pun lulus, tapi tidak bisa merasakan prosesi wisuda seperti kakak-kakak kita sebelumnya. Tidak ada kebaya, tidak ada toga, tidak ada pelukan kebahagiaan bersama teman-teman seperjuangan. Tapi begitulah yang Tuhan inginkan, hidup terus berjalan.

gokampus instan approval
gokampus instan approval

Baca Juga: Kuliah di Universitas Swasta Kok Minder, Kenapa?

Begitu pula pendidikan, kamu pun harus melanjutkannya ke jenjang yang lebih tinggi. Ketika kamu lulus SMA/SMK, ada baiknya kamu melanjutkan ke jenjang perkuliahan di universitas atau sekolah tinggi.

A. Kenapa Sih Harus Kuliah?

Pasti muncul pertanyaan kenapa kamu harus melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Terkadang ada saja beberapa orang butuh untuk meyakinkan dirinya kenapa harus sekolah lagi. Karena salah satu faktor yang menjadi pertimbangan yaitu masalah biaya yang tidak murah. Fakta satu hal tersebut memang menjadi pikiran para orang tua untuk melanjutkan pendidikan anaknya ke perguruan tinggi.

Padahal kamu bisa mengandalkan beasiswa yang banyak tersedia diluar sana untuk membantu biaya perkuliahan kamu. Hanya saja beasiswa tersebut bergantung kepada kamu, mau mengejarnya atau tidak.

Sayang sekali jika kamu tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, karena ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika berkuliah hingga lulus menjadi sarjana. Apa aja ya manfaatnya?

1. Bertambahnya kemampuan hard skill maupun soft skill

Manfaat pertama adalah kemampuan dan pengetahuan kamu akan semakin bertambah. Kamu akan menemukan materi belajar yang beraneka macamnya sesuai dengan bidang atau jurusan yang pilih saat daftar kuliah. Dengan kuliah ini, kamu akan mendapatkan pengetahuan yang lebih luas lagi untuk menyelesaikan masalah yang lebih kompleks di kehidupan sehari-hari.

Lalu kemampuan soft skill atau pengembangan diri kamu juga akan terasah saat kamu menjalani masa perkuliahan. Kamu tidak hanya belajar tentang ilmu terapan, melainkan cara diri kita menghadapi masalah tersebut.

Kamu akan terlatih berkomunikasi yang baik, berbicara di depan banyak orang, hingga menjadi pimpinan dalam suatu tim. Tentu akan banyak lagi kemampuan soft skill lainnya yang bisa kamu dapatkan jika kamu lebih aktif seperti bergabung dengan organisasi kampus ataupun klub mahasiswa yang ada.

2. Bertambahnya teman dan relasi

Selain bertambahnya kemampuan, dengan daftar kuliah, kamu juga akan memiliki teman yang lebih banyak lagi. Kamu punya banyak teman saat sekolah di SMA. Dengan kamu melanjutkan kuliah, kamu akan berkenalan dan memiliki teman baru.

Tidak hanya itu, kamu mungkin akan bertemu dengan banyak orang baru yang akan menjadi relasi di masa depan. Bertambahnya teman dan relasi sangat penting untuk masa depan kamu karena kamu belum tahu masa depanmu nanti seperti apa, maka ada kemungkinan teman dan relasi kamu bisa membawa kamu kepada masa depan yang lebih baik.

Mungkin saja, karena teman kamu, kamu mendapatkan pekerjaan yang lebih baik selepas lulus nanti. Memiliki kenalan dosen memungkinkan untuk kamu diangkat menjadi asistennya dan sebagainya

3. Mempermudah mendapatkan pekerjaan

Dengan kuliah, peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan semakin tinggi jika memang kamu bersungguh-sungguh untuk menjadi lebih baik. Tentu akan berbeda bukan, lulusan SMA dengan seorang sarjana ketika ada tawaran pekerjaan. Lulusan sarjana akan memiliki peluang lebih tinggi karena mereka memiliki ilmu yang lebih banyak dibanding lulusan SMA saja.

Hal ini tidak serta merta membuat kamu ketika lulus pasti mendapat pekerjaan. Tapi melihat juga apa saja yang kamu dapatkan ketika kuliah. Jangan sampai saat kuliah tidak menjalankannya dengan sungguh-sungguh, karena percayalah hasil tidak akan mengkhianati usaha kita.

Selain dari ketiga yang disebutkan diatas, tentu ada banyak lagi manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kuliah. Manfaat tersebut akan berbeda-beda setiap orang. Jadi kamu perlu membuktikannya sendiri dengan berkuliah di perguruan tinggi favorit kamu.

B. Faktor Memilih Universitas

Apa kamu masih bingung bagaimana cara memilih universitas yang tepat sebelum daftar kuliah? Pada dasarnya semua sekolah tinggi yang ada pastinya sudah memiliki kurikulum belajar yang sudah baik. Tentu jika dibandingkan materi pelajaran saat SMA, pasti akan jauh lebih sulit.

Nah, ada beberapa faktor yang bisa kamu pertimbangkan untuk memilih universitas tempat kamu kuliah nanti.

1. Akreditasi

Kita tahu kalau universitas atau perguruan tinggi ini punya akreditasi, sama seperti sekolah SMA kamu. Akreditasi ini menggambarkan nilai peringkat dari seluruh aspek kegiatan perkuliahan yang ada di universitas tersebut.

Akreditasi tersebut dinilai dan diberikan oleh BAN-PT Atau Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Nilai akreditasi berupa huruf A hingga E. Tentu yang terbaik adalah perguruan tinggi yang memiliki akreditasi A. Tapi bukan berarti, ketika kamu daftar kuliah di kampus dengan akreditasi di bawah A, kamu dapat dengan mudah lulus ya sobat.

Dengan nilai akreditasi itulah kamu bisa mempertimbangkan memilih tempat kuliah kamu. Setidaknya kamu memilih universitas yang memiliki akreditasi minimal B. Jadi kamu tidak perlu terpaku dengan universitas negeri, karena universitas swasta pun juga banyak yang punya akreditasi A dan mungkin lebih baik nilainya dibanding universitas negeri.

2. Jarak dari Tempat Tinggal

Jarak tentu jadi pertimbangan untuk memilih universitas. Karena mungkin kamu tidak akan diantar oleh orang tuamu, jadi kamu pun perlu memperhitungkan ongkos transportasi sehari-hari. Universitas ini tidak sebanyak sekolah-sekolah dasar yang hampir di setiap kelurahan atau kecamatan ada. Jadi kemungkinan jaraknya bisa lebih jauh dari tempat tinggal kamu.

Jika kamu tetap ingin tinggal di rumah bersama orang tua, tentu kamu harus mencari universitas yang tidak terlalu jauh dari rumah kamu. Kamu harus memperhitungkan biaya transportasi yang akan mengurangi uang jajan kamu sebelum pada akhirnya daftar kuliah di universitas tujuan.

Namun jika kamu memilih universitas yang ada di luar kota, tentu kamu harus mencari tempat kost untuk tempat tinggal selama kuliah. Kemudian pilih tempat kost yang murah dan jaraknya dekat dengan kampus untuk menghemat pengeluaran kamu.

3. Biaya perkuliahan

Kuliah butuh biaya yang tidak murah untuk mahasiswa reguler. Jika kamu beruntung, mungkin kamu bisa dikenakan biaya murah bahkan hingga gratis saat kuliah kalau kamu mendapatkan beasiswa. Saat pertama ingin mendaftar mungkin kita termasuk mahasiswa reguler.

Karena jarang sekali beasiswa dibuka sebelum kamu menjadi mahasiswa. Biasanya beasiswa baru muncul ketika kamu resmi menjadi mahasiswa di sebuah universitas. Jadi anggap saja kamu daftar menjadi mahasiswa reguler.

Oleh karena itu, ketika memilih universitas kamu perlu mempertimbangkan biaya perkuliahan yang ada di masing-masing universitas. Hal ini bisa kamu diskusikan dengan orang tua atau jika kamu kuliah dengan biaya sendiri, tentu harus diperhitungkan agar kamu bisa kuliah hingga lulus.

4. Jurusan atau Bidang Peminatan

Diantara kamu mungkin banyak yang memiliki ketertarikan pada bidang yang sama saat ingin daftar kuliah, begitu pula ada sebagian yang punya ketertarikan pada bidang yang sangat spesifik. Ini yang membuat stigma ada jurusan yang ramai peminat dan ada juga yang sepi peminat.

Ini juga yang bisa jadi faktor kamu memilih universitas. Pastikan jurusan atau bidang peminatan yang kamu inginkan ada di universitas tersebut. Misal kamu ingin menjadi dokter, tentu tidak semua universitas memiliki fakultas kedokteran. Berbeda jika kamu tertarik belajar tentang pemasaran atau ekonomi. Bidang tersebut tentu memiliki lebih banyak peminat dan hampir semua universitas memiliki jurusan tersebut.

Biasanya jika kamu ingin ke universitas negeri, kamu akan berkompetisi dengan banyak calon mahasiswa untuk memperebutkan kuota yang terbatas. Berbeda halnya jika kamu memilih universitas swasta yang mungkin tingkat kompetisinya tidak seketat universitas negeri. Karena biasanya universitas swasta lebih bisa menampung lebih banyak mahasiswa.

5. Relasi yang Sudah Berkuliah atau Lulus

Kamu bisa mencari bantuan relasi terdekat kamu yang sedang berkuliah ataupun sudah lulus dari universitas yang kamu pilih. Relasi tersebut seperti kakak, saudara, bahkan kakak kelas juga sering sharing mengenai kampusnya saat Campus Goes to School.

Dengan relasi yang kamu punya, kamu bisa menanyakan segala hal tentang kampus tujuan. Kamu bisa mulai mengulik tentang kehidupan kampus, jurusan yang kamu pilih, mata kuliah yang akan kamu pelajari hingga lingkungan kampus yang akan kamu temui tiap harinya.

Setidaknya kelima faktor tersebut membantu kamu untuk memilih universitas tujuan ketika selepas dari SMA. Kamu bisa menyesuaikan dengan kriteria yang kamu inginkan. Urutannya mungkin berbeda-beda diantara kamu, jadi memang kamu yang bisa tentukan sendiri.

C. Jadwal Pendaftaran Kuliah 2020

Kamu sudah yakin untuk daftar kuliah, karena kamu sudah tahu rencana kamu kedepannya seperti apa. Dengan kamu melanjutkan perguruan tinggi, kamu memperbesar peluang kamu untuk lebih sukses di masa depan.

Sebelum kamu lulus seharusnya kamu sudah memilah-milah mana calon universitas yang kamu akan jadikan tempat belajar lagi. Jika kamu sudah mantap pada satu universitas itu lebih baik, namun direkomendasikan agar kamu memiliki calon universitas kedua dan ketiga, agar kamu bisa tetap berkuliah jika seandainya tidak masuk pada universitas pilihan pertama kamu.

Seperti yang kita tahu, kamu bisa memilih universitas negeri ataupun universitas swasta. Dimana kedua pilihan universitas tersebut sama baiknya. Lalu bagaimana dengan jadwal pendaftaran mahasiswa baru tahun 2020 di universitas tersebut. Berikut jadwalnya, pastikan kamu tak terlewat.

1. Pendaftaran Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Peminat daftar kuliah di universitas negeri jelas sangat banyak, sedangkan kuota yang tersedia tidak sebanyak peminatnya. Sehingga yang terjadi adalah persaingan merebut kuota yang ada agar bisa berkuliah di universitas negeri pilihan.

Seperti tahun sebelumnya, pendaftaran mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) memiliki tiga jalur dengan sebaran kuota yang tidak merata. Ada yang lebih besar, ada pula yang lebih sedikit. Sehingga jika kamu ingin berkuliah di universitas negeri, kamu perlu mengetahui jadwal dari ketiga jalur masuk yang tersedia. Berikut ketiga jalur masuk PTN dan jadwal penerimaan mahasiswa baru.

  • Jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk PTN)

Jalur SNMPTN adalah jalur pertama yang akan dimulai untuk menyaring calon mahasiswa baru bukan dengan mengerjakan serangkaian tes. SNMPTN ini dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik, non akademik dan/atau portofolio kamu sebagai calon mahasiswa.

Prestasi akademik yang dimaksud dinilai dari nilai rapor kalian selama SMA. Sedangkan prestasi non akademik ini berupa prestasi lainnya yang tidak berhubungan dengan akademik seperti prestasi olahraga, kontes seni dan lainnya.

  • Jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk PTN)

Jalur kedua yang bisa kamu tempuh untuk masuk perguruan tinggi negeri adalah dengan SBMPTN. Jalur ini membutuhkan usaha lebih keras yaitu dengan mengerjakan serangkaian tes yang dinamakan UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Kompetensi) untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Nantinya, hasil tes ini kemudian diurutkan dari yang terbaik hingga yang terburuk dari semua calon mahasiswa yang memilih jurusan/bidang di salah satu universitas. Jika kamu termasuk urutan di bawah jumlah kuota maksimal, maka kamu berhak masuk ke perguruan tinggi yang kamu pilih.

Serangkaian tes yang kamu hadapi berupa tes potensi skolastik atau tes kemampuan kognitif, tes kompetensi akademik dan dapat ditambah kriteria lain sesuai dengan talenta khusus yang ditetapkan universitas yang bersangkutan.

  • Jalur Mandiri

Jalur mandiri atau seleksi lainnya ini menjadi jalur terakhir untuk kamu yang ingin daftar kuliah dan mungkin tidak beruntung melewati jalur SNMPTN dan SBMPTN. Jalur Mandiri ini dibebaskan kepada PTN yang bersangkutan untuk mengadakan seleksi masuk.

Misalnya jika kamu memilih Universitas Indonesia, maka kamu bisa melewati jalur mandiri yang kita kenal dengan SIMAK UI. Kemudian USM ITB, UM UGM, UTM IPB, dan sebagainya.

Karena dibebaskan kepada PTN masing-masing, memungkinkan jadwal penerimaan tidak sama antar universitas. Sehingga kamu pun harus cari tahu kapan dibukanya jalur mandiri pada universitas yang kamu pilih.

2. Pendaftaran Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Jika kamu memutuskan untuk masuk ke perguruan tinggi swasta, maka kamu tidak perlu bersaing dengan banyak calon mahasiswa lainnya untuk memperebutkan kuota yang terbatas. Karena biasanya atau bahkan mungkin semua kampus swasta ini memiliki kuota yang lebih banyak dan sanggup menerima calon mahasiswa baru yang cukup banyak.

Universitas swasta ini juga menjadi jalan ketika kamu ternyata tidak diterima di perguruan tinggi negeri. Kamu tetap ingin kuliah saat itu juga, maka kamu bisa mengambil pilihan untuk berkuliah di universitas swasta ini dibanding menganggur di rumah.

Universitas swasta ini juga tidak kalah dengan universitas negeri. Jika kamu perhatikan atau telusuri, kamu akan menemukan universitas swasta yang memiliki akreditasi baik seperti universitas negeri. Sehingga kamu tidak perlu takut mengenai materi kuliah yang mungkin kamu anggap ada kesenjangan. Bahkan banyak universitas swasta yang jelas lebih baik dibanding universitas negeri yang ada.

Jika kamu sudah survei dan memilih calon kampus tempat berkuliah nanti, maka kamu bisa berkunjung langsung ke website resmi masing-masing kampus tersebut untuk mengetahui jadwal ujian masuk. Karena tiap universitas, kemungkinan berbeda jadwal ujian masuk. Hal tersebut agar kamu bisa melaksanakan tes masuk universitas di beberapa kampus.

Buat kamu yang belum tahu website resmi universitas tersebut, kamu bisa mengandalkan mesin pencari seperti Google. Bahkan kamu juga bisa mencari ulasan yang mungkin saja ditulis oleh mahasiswa yang sedang berkuliah di sana. Sehingga kamu punya referensi sebelum memilih universitas tersebut.

Sedangkan jika kamu belum tahu calon universitas, kamu bisa membaca referensi yang ada di internet atau kamu bisa berdiskusi dengan relasi terdekatmu untuk mengetahui informasi lengkap universitas pilihan kamu. Kamu bisa melakukan pendaftaran langsung ke kampus pilihan kamu. Jika kamu ingin kemudahan dalam mendaftar kuliah di universitas, kamu bisa mengandalkan cara selanjutnya melalui aplikasi goKampus.

D. Cara Mudah Daftar Kuliah Pake Aplikasi goKampus

Cara daftar kuliah yang mudah bisa dengan mengandalkan aplikasi goKampus. Karena goKampus memiliki program Instant Approval yang akan memudahkan kamu diterima langsung di universitas pilihan kamu.

Program Instant Approval ini hanya membutuhkan nilai rapor kamu agar bisa diterima di universitas yang kamu pilih. Sama seperti jalur SNMPTN untuk masuk ke universitas negeri, kamu hanya membutuhkan seluruh nilai rapor kamu selama SMA.

Caranya sangatlah mudah, kamu bisa mengikuti petunjuk dibawah ini.

  1. Kunjungi website goKampus di halaman Instant Approval
  2. Lalu kamu bisa baca informasi yang tersedia dan ada tombol “Daftar Sekarang” yang bisa kamu klik.
  3. Kamu akan diarahkan untuk mengisi form yang tersedia. Isi dengan lengkap form tersebut, jangan lupa untuk upload nilai rapor kamu.
  4. Selamat kamu sudah DITERIMA*. Selanjutnya pihak goKampus akan menginformasikan tahap selanjutnya apabila dibutuhkan dokumen pendamping yang dibutuhkan.
  5. Setelah itu kamu bisa melakukan pembayaran pertama ke universitas dan simpan struknya untuk nanti ditukarkan cashback dengan nilai hingga Rp500.000,00

Mudah bukan? Kamu tidak perlu kesulitan untuk kuliah mengejar masa depan yang cerah. Hanya dengan nilai rapor yang kamu perjuangkan saat sekolah SMA, kamu bisa lebih mudah untuk melanjutkan pendidikan perkuliahan di kampus pilihan.

Kamu bisa dengan mudah masuk kuliah di kampus pilihan kamu dengan menggunakan bantuan goKampus yang hanya dengan menunjukkan nilai rapor kamu. Jadi, apa lagi yang kamu tunggu? Persiapkan rapor kamu dan isi form Instant Approval di goKampus sekarang!

You may also like...

20 Comments

  1. I LIKE INFORMATION

  2. Dila aulia says:

    Kak mau tanya, aku lulusan tahun 2019 apakah bisa daftar kuliah tahun ini lewat gokampus?

    1. Alvin Yo says:

      Halo, terima kasih atas pertanyaannya.
      Iya, bisa. Kamu bisa mendaftar langsung ke website kami melalui:
      https://www.gokampus.com/pendaftaran-instant-approval/

      Semoga menjawab pertanyaan kamu ya. Terima kasih ?
      Jika ada pertanyaan lebih lanjut, kamu bisa email [email protected]

  3. Dina kafiar says:

    Mau tanya kalau lulusan 2021 nanti bisa daftar kah..?

    1. Alvin Yo says:

      Halo ka, bisa kak. Untuk pendaftaran instant approval goKampus kamu bisa ke website kami di: https://www.gokampus.com/pendaftaran-instant-approval

      Jika kamu ada pertanyaan lebih lanjut, kamu bisa menghubungi student counselor kami di [email protected]

      Terima kasih kak 🙂

    2. Alvin Yo says:

      Halo kak, bisa kak.

      Untuk pendaftaran kakak bisa langsung ke website kami di https://www.gokampus.com/pendaftaran-instant-approval

      Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan menghubungi kami di [email protected]

      Terima kasih 🙂

  4. Halo kak, saya lulusan 2017 apakah msih bisa daftar di tahun 2021?

    1. Alvin Yo says:

      Halo ka,

      Masih bisa kak. Kakak bisa langsung daftar di website kami di https://www.gokampus.com/pendaftaran-instant-approval
      Jika ada pertanyaan lebih lanjut, kakak bisa menghubungi [email protected]

      Terima kasih kak 🙂

  5. Mau nanya kak ,KAK teman saya ada yang paket c kalau mau daftar kuliah bisa ga kak

    1. Alvin Yo says:

      Halo kak, kakak bisa langsung saja daftar di https://www.gokampus.com/pendaftaran-instant-approval/daftar

      Semoga menjawab ya kak, terima kasih

  6. Sy lulusan thn ini 2020 ini sfh bulan desember masih bisakah daftar kak

    1. Alvin Yo says:

      Halo kak, masih bisa kak. Kamu bisa langsung daftar dengan gokampus ke: https://www.gokampus.com/pendaftaran-instant-approval

      Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi tim student relations kami di: [email protected]

      Terima kasih kak 🙂

  7. Maaf bila daftar kampus akhir tahun bisa masuk atau ikut jadwal bulan DEPAN?

    1. Alvin Yo says:

      Halo kak, jadwal pendaftaran kampus berbeda beda tergantung kampus yang kamu minati.

      Silakan langsung kontak tim student relations kami untuk informasi lebih lanjut, melalui email ke: [email protected]

      Terima kasih kak 🙂

  8. Ka mau tanya saya lolos SNMPTN 2020 dan tidak saya masuk i
    Apakah saya masih bisa masuk daftar kuliah lagi?

    1. Alvin Yo says:

      Halo ka, tentunya bisa. Kamu bisa mendaftar ke ratusan universitas swasta melalui goKampus. Silakan kunjungi: https://www.gokampus.com/pendaftaran-instant-approval

      Isi formulir dan lengkapi data diri, tim student relations kami akan segera menghubungi kamu. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi kami lewat email di: [email protected]

      Terima kasih kak 🙂

  9. Halo kak, untuk lulusan 2021 apakah sudah bisa mendaftar desember thn 2020 atau harus mendaftar di bulan januari 2021?

    1. Alvin Yo says:

      Halo kak, kamu bisa mendaftar langsung dari sekarang untuk kuliah di tahun 2021. Cukup kunjungi website kami di https://www.gokampus.com/pendaftaran-instant-approval

      Isi formulir nya dan lengkapi data diri kamu. Kamu akan segera dihubungi oleh tim student relations kami. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi kami di: [email protected]

      Terima kasih 🙂

  10. Halo kak kami lulusan tahun 2021 mau daftar kuliah gimana ya kak?

    1. Alvin Yo says:

      Halo ka, untuk pendaftaran kuliah kamu bisa kunjungi website kami di : https://www.gokampus.com/pendaftaran-instant-approval/daftar

      Tinggal isi data dan upload rapot kamu, nanti kamu akan segera dihubungi oleh tim student relations kami. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan email kami di: [email protected]

      Terima kasih semoga membantu kak 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *