Punya banyak teman saat kuliah tentu merupakan suatu hal yang bagus, karena kamu bisa menjalin banyak koneksi dan melakukan berbagai kegiatan bersama dengan temanmu. Tapi, kamu pernah berpikir gak sih sebenarnya sebagian teman kampus mu yang toxic juga bisa menjadi penghambat kita, dan malah bikin kita jadi ga produktif? Nah, teman kampus kayak gini harus kamu waspadai nih, goKampus akan kasih kamu tipe-tipe teman kampus yang toxic! Yuk cek artikel ini!

1. Teman yang ngelarang kamu lakuin hal yang kamu suka

Curhat kepada temanmu tentang kegiatan yang sedang kamu jalani sebenarnya sah-sah aja… Tapi, gimana kalo kamu punya teman yang selalu melarangmu melakukan hal-hal yang kamu senangi? Wah pasti nyebelin banget ya! Kalau kamu punya teman yang selalu melarangmu melakukan berbagai hal yang sebenarnya baik tapi tidak menguntungkan buat dia, kamu mulai perlu mempertanyakan pertemananmu, nih.

Selama kuliah, mencoba dan melakukan berbagai hal yang di luar kemampuan kamu itu merupakan suatu hal yang wajar. Masa kuliah adalah waktu yang tepat di mana kamu harus mengeksplorasi kegiatan apa aja yang kamu suka. Nah, kalo ada teman yang selalu melarangmu tanpa sebab, mungkin aja dia sebenarnya iri sama kamu. Maka, hindari teman kuliah yang toxic seperti itu ya!

2. Si tukang kritik, tapi gak kasih solusi

Tipe teman kampus toxic yang kedua ini cukup banyak ditemukan, biasanya muncul waktu kamu lagi bingung buat mengambil keputusan atau curhat sesuatu, terus dia memberikan kritik. Nah, coba deh kamu perhatikan: Kritik yang temanmu berikan ini sebenarnya positif atau negatif? Kritik yang positif, walaupun mungkin ga enak didengar, tapi sebenarnya bagus untuk mendorong kamu ke arah yang benar dan memberikan solusi yang membangun. Tapi kalau temanmu cuma sibuk mengkritik tanpa memberikan solusi? Nah, harus hati-hati! Teman seperti ini malah bisa bikin kamu tambah ga berkembang.

Baca Juga : Stop! Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Kuliah

3. Hangout terus sampai lupa waktu

Ngumpul bareng teman-teman merupakan hal yang wajar dan bagus untuk dilakukan jika sesuai dengan porsinya. Tapi, kalo kamu menemui teman yang ngajak kamu hangout terus-menerus, maka kamu perlu waspada ya! Waktu yang bisa kamu gunakan untuk belajar atau mengerjakan tugas jadi terbuang sia-sia nih. Begitu juga dengan uang yang kamu keluarkan untuk pergi hangout. Kamu jadi gak bisa menabung dan membeli barang yang kamu inginkan deh, karena habis dengan percuma.

teman kampus toxic

4. Si teman yang ngikut terus kemana-mana

Memang sih menghabiskan waktu bersama teman terasa sangat menyenangkan. Tapi, pernah ga sih ketemu teman yang terus-terusan nempel sama kamu sampai kamu gerah? Seluruh kegiatanmu diikuti terus oleh dia, misalnya seperti ke kampus bareng kamu, di kelas juga nempel terus, makan jam istirahat juga sama kamu terus. Duh ribet deh!

Kalo kamu pikir-pikir kembali, hal ini merugikan kamu banget loh! Kamu jadi gak bisa fokus dengan apa yang ingin kamu kerjakan sendiri dan rasanya kamu tidak memiliki ruang privasimu lagi. Hindari berteman dengan orang seperti ini saat kuliah nanti ya!

Ingat ya kuliah itu menjadi kesempatan besar untukmu terus mencoba hal-hal baru, jangan sampai hanya gara-gara temanmu yang tidak suportif, kamu harus kehilangan kesempatan itu. Semoga tips dari goKampus bermanfaat untuk kamu, ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #PastiBisaKuliah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like