jurusan oseanografi
Upskill

Intip 8 Prospek Kerja Jurusan Oseanografi

Memilih dan mempertimbangkan jurusan kuliah adalah hal yang wajib kalau kamu sudah kelas 12 atau semester akhir, nih. Ini adalah saat-saatnya kamu sibuk melakukan riset dan mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai program studi yang ada di Indonesia, mulai dari jurusan yang sudah familier, seperti manajemen, ilmu komunikasi, hukum, hingga jurusan yang jarang terdengar, seperti jurusan oseanografi.

Jurusan oseanografi di Indonesia sangat langka, loh. Hanya ada di dua kampus saja. Namun, kalau di luar negeri, mahasiswa lulusan jurusan ini sangat banyak perusahaan cari. Penasaran belajar apa saja? Kulik lebih lanjut soal jurusan oseanografi, yuk!

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi

Jurusan oseanografi adalah ilmu yang mempelajari tentang fenomena laut yang kemudian bisa teraplikasi ke banyak bidang, seperti lingkungan, bencana laut, perikanan, dan mitigasi bencana. Kalau kamu masuk ke jurusan ini, kamu akan belajar untuk memprediksi fenomena-fenomena tentang laut misalnya seperti gelombang tinggi, tenggelamnya pulau kecil, tsunami, dan sebagainya. 

Jurusan oseanografi juga berbeda dengan jurusan kelautan. Kalau jurusan oseanografi bisa teraplikasi ke berbagai bidang, seperti rekayasa, lingkungan, bencana laut, perikanan, dan mitigasi bencana, sedangkan jurusan kelautan lebih banyak mempelajari ilmu dasar dan teori yang terkait kelautan. Contohnya, biota dan sumber dayanya. Makanya nih, jurusan kelautan erat kaitannya dengan perikanan. 

Meskipun jurusan ini masih sedikit di Indonesia, tapi ada kemungkinan di masa depan lulusan jurusan ini akan menjadi salah satu jurusan bergengsi di Indonesia, loh.

Sekitar 70% permukaan bumi adalah laut, sehingga jurusan ini akan memiliki peran yang penting. Kalau kamu memilih untuk masuk ke jurusan oseanografi, kamu akan mendapatkan beberapa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), seperti kalkulus, fisika, matematika, kimia, meteorologi umum, mekanika, komputer, dan sebagainya.

Peluang Kerja Lulusan Jurusan Oseanografi

Sebagai mahasiswa lulusan jurusan oseanografi, ada beberapa peluang pekerjaan di dunia yang bisa kamu ambil loh. Mulai dari yang bergerak di bidang lingkungan hingga menjadi tenaga pengajar atau dosen. Simak 8 peluang kerja mahasiswa lulusan jurusan oseanografi yuk!

1. Metocean engineer

Prospek kerja oseanografi yang pertama adalah menjadi metocean engineer. Profesi yang satu ini akan menjadi profesi impian untuk mereka yang suka bekerja dengan tantangan. Biasanya profesi ini sangat penting dan perusahaan minyak bumi dan gas butuhkan.

Kalau kamu bekerja menjadi metocean engineer, kamu akan bertanggung jawab untuk meneliti dan mengambil data di laut. Datanya meliputi angin laut, gelombang, fenomena, dan sebagainya.

Nantinya, data akan metocean engineer kelola dan bermanfaat bagi engineer lainnya. Analisis data ini juga bisa berguna untuk memudahkan pengambilan keputusan sesuai dengan cuaca serta kondisi laut. Kalau kamu bekerja di bidang ini, gaji yang bisa kamu dapatkan mencapai Rp6,5-9 juta.

2. Ahli ekologi

Kalau kamu bekerja sebagai ahli ekologi, kamu akan bekerja penuh di bidang makhluk hidup beserta dengan ekosistemnya. Kamu bisa menjadi ilmuwan yang mempelajari tentang makhluk hidup dan lingkungannya. Ahli ekologi juga berperan untuk mengidentifikasi jika terjadi masalah pada suatu ekosistem.

Kalau kamu bekerja menjadi ahli ekologi, kamu akan mendapatkan gaji sekitar Rp5-8 juta dan akan berkembang seiring dengan kualitas dan jenjang karier atau pekerjaanmu.

3. Konsultan lingkungan

Profesi selanjutnya adalah kamu bisa bekerja menjadi seorang konsultan lingkungan. Kamu akan bertanggung jawab untuk menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi kerusakan di lingkungan bumi ini. Kamu harus terus mencari solusi untuk meminimalisir kerusakan lingkungan. Kisaran gaji yang akan kamu dapat sekitar Rp6-10 juta.

4. Dosen atau tenaga pengajar

Kamu bisa mengaplikasikan ilmu yang kamu dapatkan dengan menjadi seorang akademisi. Namun, bekerja menjadi seorang dosen atau tenaga pengajar gak bisa sembarangan. Kamu harus menempuh pendidikan lanjutan S2 dulu untuk bisa mendapatkan gelar magister. Setelah itu, baru kamu bisa berbagai ilmu kepada banyak orang.

5. Teknik kelautan

Peluang atau prospek kerja oseanografi adalah kamu bisa bekerja menjadi teknik kelautan. Di mana profesi ini memiliki tugas penting untuk membuat desain, mengembangkan, sekaligus bertanggung jawab dalam dunia perkapalan. Kamu akan sering berkutat di mesin penggerak hingga sumber daya listrik di kapal.

Kisaran gaji yang akan kamu dapatkan di profesi ini kira-kira Rp4-7 juta.

Baca Juga: Keren Nih! Intip 7 Prospek Kerja Hubungan Internasional

6. Spesialis konservasi alam

Ilmu yang akan kamu dapatkan di jurusan oseanografi ini bisa menjadi bekal untuk bekerja sebagai spesialis konservasi alam. Profesi ini penting untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup kita di dunia. Kamu juga akan memegang peran besar dalam pengambilan keputusan-keputusan tanpa harus merusak lingkungan alami di sekitar kita.

7. Manajer akuakultur

Prospek kerja selanjutnya yang bisa kamu ambil adalah menjadi seorang manajer Akuakultur. Seorang manajer akuakultur akan memiliki tugas penting dalam mengatur produksi dan penggunaan sumber daya ikan biar bisa berjalan dengan baik tanpa merusak keseimbangan lingkungan.

8. Coastal modeler

Lulus dari jurusan oseanografi bisa membuat kamu kerja sebagai coastal modeler. Seorang coastal modeler bertugas untuk membuat simulasi dinamika situasi yang ada di laut menggunakan perangkat komputer. Simulasi ini selalu menjadi prediksi dan bahan pertimbangan bagi mereka yang bekerja di laut lepas untuk mengambil sebuah keputusan. Hasil-hasil simulasi yang coastal modeler dapatkan bisa menjadi acuan dari beberapa pihak tertentu.

Itulah serba-serbi jurusan oseanografi. Kamu tertarik mengambil jurusan tersebut? Oh iya, tahukah kamu kalau relevansi kemampuan lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan industri masih berada di kisaran 64% berdasarkan Future of Jobs Report, World Economic Forum 2020?

Nah, supaya setelah lulus kuliah skill yang kamu punya sesuai dengan kebutuhan industri, yuk upgrade diri kamu dengan ikutan kelas bersertifikat di goKampus! Apa pun jurusan yang kamu ambil, kamu tetap bisa ikut berbagai kelas yang sesuai minatmu dan kebutuhan dunia kerja.

Kalau tertarik bekerja di perusahaan startup, kamu bisa ikutan kelas Memulai Karier di Dunia Startup Digital di sini. Psst, salah satu role yang banyak perusahaan startup butuhkan adalah digital marketer. Yuk, ikutan kelas Memulai Karier sebagai Digital Marketer di sini.

Gak hanya dapat ilmu dan beragam insight dari profesional yang berpengalaman di bidangnya, kamu juga akan dapat sertifikat dari institusi ternama yang akan menunjang kariermu, plus kelasnya bisa kamu ikuti dari mana saja secara online. Seru, kan? Yuk, ikutan sekarang!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *