Kita bersama-sama tengah melawan sebuah serangan virus Covid-19 yang melanda secara global, termasuk Indonesia. Cara terbaik untuk melawannya adalah dengan tetap berada di rumah aja dan melakukan sosial distancing, yakni menjaga jarak dengan orang lain. Dunia pendidikan pun terkena imbasnya. Untuk itu, sobat goKampus wajib menyimak tips belajar efektif di rumah aja agar tetap produktif dan tidak bermalas-malasan.

Seperti diketahui bersama bahwa dengan sementara waktu berada di rumah, maka akan membantu dalam menghentikan penularan virus Covid-19 yang dimana virus ini sangat mudah menular dari manusia ke manusia lain.

Baca Juga: Bosan di Rumah? Atasi Dengan 3 Cara Ini!

Untuk itulah, di rumah aja menjadi cara terbaik untuk segera menuntaskan musibah yang tengah melanda di dunia ini. Mungkin ini terdengar sebuah kabar gembira karena tidak masuk sekolah atau kampus. Namun perlu digarisbawahi sobat goKampus, bahwa proses pendidikan tetap berjalan meski dengan cara yang berbeda, yakni secara daring atau online.

Nah, agar sobat tidak merasa bermalas-malasan mengikuti proses belajar atau kuliah online, termasuk juga mengerjakan tugas yang diberikan, simak nih 3 tips belajar efektif meski di rumah aja! Tips yang terjamin ampuh sobat!

1. Pasang Alarm Sesuai Jadwal Untuk Efektif Belajar di Rumah Aja

Tips yang pertama agar belajar tetap berjalan efektif meski berada di rumah adalah dengan memasang alarm sesuai dengan jadwal belajar atau kuliah online kamu sobat. Caranya, cek dulu jadwal yang telah diberikan dari pihak sekolah maupun kampus. Kemudian, ambil smartphone kamu dan catat deh tanggal dan jam berapa aktivitas belajar online dimulai.

Ini menjadi tips yang penting untuk dilakukan. Mengapa? Karena bukan  hanya bertujuan untuk mendisiplinkan diri ataupun membantu proses belajar tetap berjalan efektif, tetapi juga kamu tidak terlambat absensi.

Umumnya, guru maupun dosen di setiap ingin memulai proses belajar mengajar, terlebih dahulu melakukan absensi. Nah, inilah mengapa memasang alarm sesuai jadwal menjadi penting. Tentunya kamu tidak ingin terlambat ataupun dihitung tidak absen alias alpa bukan sobat? Jadi, jangan menyepelekannya ya.

Selain untuk jadwal kuliah online, kamu jangan lupa juga memasang alarm untuk batas waktu pengumpulan tugas. Hal ini untuk meminimalisir sekaligus menghindari kerugian akibat lupa mengerjakan tugas yang diberikan.

2. Menyimak dan Mencatat Materi Penting

Setelah mendisiplinkan diri dengan memasang alarm untuk jadwal belajar dan tugas, tips yang kedua agar proses belajar tetap berjalan efektif meski di rumah aja adalah dengan menyimak dan mencatat materi-materi penting yang disampaikan oleh tenaga pengajar.

Untuk memastikan kamu menyimak dan mencatat materi dengan baik, maka kamu harus memilih tempat terbaik dan tentu saja nyaman. Hindari tempat-tempat di rumah yang kamu ketahui bahwa tempat itu biasanya berisik, mungkin seperti ruang tamu ataupun ruang keluarga.

Kamar pribadi dan halaman rumah menjadi tempat terbaik untuk menyimak materi pembelajaran yang berlangsung, sekaligus untuk mencatat materi yang penting. Konsentrasi tinggi sangat dibutuhkan agar tidak sia-sia mengikuti proses belajar online.

3. Jangan Malu Bertanya

Dan tips terakhir untuk memastikan proses belajar kamu di rumah tetap efektif adalah dengan tidak malu bertanya. Pertama, jika kamu kurang mengerti tentang materi yang disampaikan oleh tenaga pengajar, maka jangan malu bertanya langsung ke dosen ataupun guru. Kedua, jika sudah terlanjur selesai proses belajar onlinenya dan masih belum paham, maka tanyalah kepada teman yang lebih paham.

Untuk yang kedua, kamu bisa loh sekaligus belajar online secara kelompok. Manfaatkan perkembangan teknologi yang kini memudahkan untuk berkomunikasi. Jadi, jangan malu bertanya ya sobat goKampus.

Itu dia 3 tips yang dipastikan ampuh untuk membuat proses belajar di rumah aja tetap berjalan efektif. Dan meski di rumah, kamu tetap bisa loh daftar kuliah tanpa perlu langsung ke kampus pilihan. Caranya dengan download aplikasi goKampus di App Store maupun Google Play Store. Tidak hanya itu, goKampus juga menghadirkan keuntungan lainnya, seperti magang, dana pendidikan, promo mahasiswa, event kampus dan beasiswa kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like