antropologi
Kategori Kelas

Kupas Tuntas Jurusan Antropologi, Cek Selengkapnya!

Buat kamu yang kuliah di jurusan antropologi pasti sudah tidak asing dengan pertanyaan-pertanyaan seperti ini.

“Kamu kuliah di jurusan apa?”

“Antropologi, nih”

Setelah itu biasanya respon si penanya adalah,

“Oh itu yang meneliti fosil-fosil tengkorak manusia purba ya?”

“Itu yang belajar bintang-bintang ya?”

“Hah? Tentang apa tuh?”

Nah loh…nggak cuma orang lain yang bingung. Kita pun ikut dibuat bingung dengan responnya. Hayo ngaku siapa yang sering digituin? Atau mungkin kalian yang sering bertanya-tanya, jurusan antropologi itu jurusan apa sih?

Karena peminatnya yang tidak sebanyak jurusan lain, menjadikan jurusan antropologi ini tidak sepopuler jurusan lainnya, seperti hukum, komunikasi, ekonomi dan sebagainya. Meskipun begitu, ternyata lulusan jurusan ini banyak dicari dalam dunia kerja loh! Tenang aja, di sini goKampus bakal mengupas tuntas serba-serbi jurusan antropologi. Yuk, langsung aja kenalan sama salah satu jurusan sosial yang unik ini!

Jadi, Jurusan Antropologi Itu Apa Sih?

Sederhananya, antropologi adalah suatu ilmu yang mempelajari segala hal terkait manusia. Mulai dari ciri-ciri fisik, warna, keberagaman, interaksi sosial, perilaku, adat istiadat hingga budaya.

Tapi bukan cuma itu saja, ekonomi, agama dan keyakinan, politik, kesehatan, hingga perkembangan teknologi juga menjadi bagian dari ruang lingkup antropologi. Fokus dan tujuan dari ilmu ini adalah untuk mempelajari bagaimana semua aspek tersebut berpengaruh, dan berperan penting dalam perkembangan dan kemajuan manusia.

Yang seru di jurusan ini kamu bisa mempelajari berbagai fakta dan sejarah, mulai dari awal kemunculan manusia di muka bumi, hingga saat ini. Makanya, jurusan ini sangat cocok buat kamu yang memiliki minat dan ketertarikan dengan seluk beluk kehidupan manusia dan kebudayaan yang diciptakannya.

Terlebih jika kamu senang traveling dan punya jiwa petualang. Karena untuk memahami cara kerjanya, kamu diharuskan turun langsung ke lapangan untuk membaur dengan masyarakat setempat. Menariknya, kamu bakal dapat banyak kesempatan buat jalan-jalan ke tempat yang belum pernah kalian kunjungi sebelumnya.

Makanya jurusan antropologi bisa membuat kita lebih terbuka dan open minded terhadap lingkungan sekitar. Jurusan ini adalah pilihan tepat buat kamu yang suka mengeksplor kebudayaan dan masyarakat di berbagai daerah.

Terus, Apa Saja Yang Dipelajari Dalam Jurusan Antropologi?

Antropologi memiliki banyak cabang ilmu yang menarik untuk dipelajari. Banyak mata kuliah seru yang akan kamu temui, seperti Antropologi Indonesia, Teknologi, Sosial, Budaya, Hukum, Kesehatan, Ekonomi, Pariwisata, Politik, Etnografi Indonesia, Kebudayaan Populer, Etnofotografi, Etnovideografi, Etnografi Wilayah, Folklore, Antropologi Agama, dan lain sebagainya.

Psstt…goKampus sudah merangkum pembahasan dari beberapa mata kuliah antropologi khusus buat kamu. Yuk, kita intip di bawah ini!

1. Sosial

Antropologi sosial adalah salah satu cabang dari ilmu antropologi, yang mempelajari hubungan antara manusia, dalam suatu kelompok masyarakat. Sederhananya, ilmu ini berfokus pada kepribadian manusia, pola perilaku, dan interaksi yang dianut oleh sekelompok masyarakat.

Yang paling menarik, dengan ilmu ini, kita juga bisa membaca psikologi seseorang, dan memahami pola berpikirnya. Dengan melihat budaya dan adat istiadat tertentu di suatu daerah, kita bisa mempelajari bagaimana karakter orang-orang yang tinggal di wilayah tersebut.

Selain itu, kita dapat membentuk rasa toleransi tinggi dalam keberagaman tersebut. Baik dalam lingkup individu, ataupun pergaulan yang lebih luas dalam masyarakat.

2. Budaya

Antropologi budaya sendiri adalah salah satu cabang ilmu antropologi yang khusus mempelajari variasi kebudayaan dari seluruh dunia yang diciptakan oleh manusia.

Melalui antropologi budaya, kamu dapat menemukan jawaban bagaimana manusia mampu menghasilkan budaya, dan mengembangkan budayanya dari masa ke masa hingga saat ini. Kamu juga akan semakin mengetahui seperti apa peran penting masyarakat dalam menjaga budayanya.

Nantinya, kamu bisa melakukan eksplorasi dan penelitian kebudayaan langsung, di berbagai tempat di Indonesia, bahkan dunia. Tapi sebelum turun langsung ke lapangan, kamu akan dibekali dulu dengan penelitian berbasis etnologi ya. Keren banget!

3. Hukum

Antropologi hukum mengajak kita melihat hukum lewat sudut pandang, atau perspektif dari masyarakat yang ada di berbagai bangsa dan budaya. Uniknya, di sini kita akan belajar keterkaitan hukum dengan budaya, tradisi, dan adat yang diyakini oleh masyarakat di berbagai daerah.

Hukum diposisikan sebagai hasil dari nilai-nilai budaya tertentu, yang dijunjung tinggi oleh masyarakatnya. Kamu dapat mengetahui latar belakang dari suatu hukum di masyarakat.

4. Kesehatan

Ini adalah ilmu yang mempelajari bagaimana budaya dan masyarakat, bisa mempengaruhi masalah-masalah kesehatan, serta penanganannya.

Ilmu ini menunjukkan bahwa aspek sosial dan budaya berperan penting dalam kesehatan seseorang. Karena aspek-aspek itu ternyata dapat berpengaruh pada penyakit dan cara menyembuhkan orang.

5. Kampus

Singkatnya, antropologi kampus adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia, mulai dari asal-usul, kepercayaan, ras, budaya, hingga aturan yang berlaku, namun di kampus.

Mahasiswa dianggap sebagai pemeran utama dan agen perubahan (agent of change) dalam kehidupan kampus. Karena di dalam kampus lah kita dapat bertemu dan melihat langsung berbagai kebudayaan yang mahasiswa lainnya bawa. Dan di kampus juga akan terjadi perubahan sikap serta kebiasaan kita.

Memang Universitas Apa Saja Yang Memiliki Jurusan Ini?

Uniknya tidak semua penamaan jurusan ini di beberapa kampus berbeda loh. Ada yang menamainya sebagai jurusan antropologi, antropologi budaya, dan ada juga yang menyebutnya jurusan antropologi sosial.

Dilansir dari website Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, berikut adalah daftar universitas terbaik yang terakreditasi A oleh BAN-PT untuk jurusan Antropologi di Indonesia:

1. Universitas Indonesia (UI)

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

3. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

4. Universitas Airlangga (UNAIR)

5. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

6. Universitas Brawijaya (UB)

7. Universitas Sumatera Utara (USU)

8. Universitas Udayana (UNUD)

9. Universitas Khairun (UNKHAIR)

10.  Universitas Andalas (UNAND)

Sedangkan untuk kamu yang tertarik kuliah di luar negeri, berikut daftar universitas terbaik dunia yang memiliki jurusan ini:

1. Universitas Wangshinton di St. Louis

2. Universitas Brown

3. Universitas Yale

4. Universitas Chicago

5. Universitas Harvard

6. Universitas Northwestern

7. Universitas Princeton

8. Universitas Duke

9. Universitas Pennsylvania

10.  Universitas Georgetown

Bagaimana Dengan Prospek Karirnya Nanti?

Nah, ini dia yang pasti banyak ditanyakan oleh calon mahasiswa jurusan antropologi. Karena salah satu keraguan calon mahasiswa dalam mengambil jurusan kuliah adalah “nanti kalau udah lulus, aku bisa kerja dimana aja ya?”.

Jurusan ini mungkin memang tidak sepopuler jurusan yang lainnya, tapi siapa yang menyangka ternyata jurusan ini memiliki banyak peluang dalam dunia kerja loh! Prospek kerja yang ditawarkan untuk lulusan jurusan antropologi pun luas.

Lulusan antropologi banyak dibutuhkan di departemen pemerintah, seperti pengembangan internasional, manajemen sumber daya budaya dan alam, antropologi fisik dan forensik, hingga bagian investigasi, keamanan dan pertahanan.

Tidak cuma itu saja, lulusan ini juga dapat berkarir di bidang riset dan akademisi. Banyak lulusan ini yang bekerja di lembaga riset, organisasi-organisasi non-pemerintah, pemasaran, dan juga jurnalis. Hal ini karena lulusan antropologi dianggap lebih menguasai situasi di lapangan.

Jika kamu senang mengikuti perkembangan digital, kamu juga bisa memanfaatkan teknologi itu untuk menjadi content creator. Wow, keren banget kan!

Semoga setelah membaca ini kamu jadi semakin yakin untuk mengambil jurusan antropologi ya! Jika kamu masih ingin tahu lebih banyak seputar jurusan dan kampus lainnya. Klik di sini untuk baca semuanya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *