kehutanan
Kategori Kelas

Seluk-Beluk Jurusan Kehutanan! Bisa Bantu Menyelamatkan Bumi?

Indonesia memiliki area hutan yang sangat luas. Sedihnya, semakin lama area hutan di negeri ini makin tergerus karena ulah manusia yang gak bertanggung jawab. Hal serupa terjadi juga di seluruh dunia. Padahal, hutan sangat penting bagi kelangsungan hidup semua makhluk. Nah, dengan kuliah di Jurusan Kehutanan, kamu bisa menjadi agen perubahan dan turut menyelamatkan bumi loh.  

Prospek Kerja Jurusan Kehutanan Cerah Nih!

Jurusan Kehutanan merupakan bidang studi yang memungkinkan mahasiswanya bisa merawat dan melindungi ekosistem hutan dengan berbagai teori dan teknologi rehabilitasi hutan. Selain itu, kamu juga akan mempelajari fisiologi tumbuhan, satwa, dan tentu saja manajemen hasil hutan. Ilmu ini juga mempelajari segala sesuatu tentang hutan mulai dari ekologi hutan, fisiologi tumbuhan, satwa, ilmu tanah, sampai pengolahan dan manajemen hasil hutan. 

Prospeknya gimana? Ternyata prospek Jurusan Kehutanan cerah! Buktinya, Presiden RI Joko Widodo lulusan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada. Sebelum jadi politisi, Jokowi merupakan pengusaha mebel, bahkan bisa berjualan mebel kayu hingga ke Eropa.

Yup, lulusan Jurusan Kehutanan berprospek cerah sebagai pengusaha. Sebab, hasil hutan punya keanekaragaman hayati yang luar biasa. Dari hasil kayu berupa kayu jati, akasia, mahoni, cendana, hingga hasil kayu olahan yang meliputi kayu gergajian, plywood, dan veneer.

Selain itu, hasil hutan di luar kayu juga lebih banyak lagi, seperti buah-buahan, madu, rotan, terpentin, minyak kayu putih, getah dan resin, damar, sagu, sutera, dan sebagainya.

Mau Jadi ASN? Bisa Banget!

Kamu bisa jadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di beberapa instansi pemerintah seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Kehutanan, dan sebagainya. Kamu juga bisa jadi pegawai di bidang BUMN dan industri swasta. Pekerjaannya melingkupi konsultan kehutanan, konsultan lingkungan, manajemen hutan, manajemen satwa liar, pemetaan hutan, ahli konservasi hutan, dan sebagainya.

Nah, bagi pecinta lingkungan, kamu bisa terjun ke berbagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan menjadi relawan. Dengan ilmu yang kamu pelajari di kampus, kamu bisa menerapkan manajemen satwa liar, memetakan lahan hutan, dan menjadi ahli konservasi hutan.

Soalnya, hutan juga memiliki fungsi penting untuk kelangsungan hidup semua makhluk di bumi. Ada hutan konservasi, yang berfungsi sebagai tempat mengawasi dan melanggengkan keanekaragaman flora dan fauna di dalam ekosistem alaminya. Ada juga hutan lindung, sebuah kawasan hutan yang mempunyai fungsi pokok sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan manusia. 

Dengan kata lain, hutan menjadi paru-paru dunia dan mencegah pemanasan global, juga bencana seperti banjir, erosi, dan kenaikan permukaan laut. Jika kamu turut menjaga hutan dengan menjadi relawan LSM, kamu juga turut menyelamatkan Bumi.

Selain pekerjaan-pekerjaan tadi, kamu juga bisa mencari ilmu dengan menjadi peneliti bidang kehutanan di berbagai lembaga penelitian seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) atau di lembaga penelitian internasional.

Contoh-contoh pekerjaan lainnya adalah petani hutan. Sama dengan petani pada umumnya, kamu akan memanfaatkan lahan hutan untuk bercocok tanam. Selain itu, kamu bisa bekerja di perusahaan tambang. Di sana, kamu akan berusaha untuk mengembalikan fungsi hutan setelah perusahaan melakukan aktivitas pertambangan di hutan.

Baca Juga: Prospek Kerja Jurusan Kehutanan, Lengkap Dan Seru Banget!

Apa Yang Harus Dipersiapkan?

Untuk masuk Jurusan Kehutanan, kamu harus memiliki dasar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang kuat, terutama untuk pelajaran biologi dan kimia. Selain itu, kualitas seorang peneliti seperti kemampuan meneliti, melakukan analisis, melakukan observasi, dan berpikir secara terstruktur juga akan diperlukan saat kuliah.

Tentu saja kamu juga diharapkan tidak takut kotor, serta menyukai petualangan menerobos pedalaman rimba. Namanya juga berhubungan dengan hutan, gak mungkin belajarnya di ruang kelas ber-AC terus-terusan. Cocok nih untuk kamu yang berjiwa petualang dan suka melakukan kegiatan-kegiatan outdoor.

Pelajarannya Apa Saja?

Kamu bisa mengenal tipe-tipe dan pemanfaatan hutan, serta pengelolaan ekosistem hutan yang lestari. Segala upaya penyelamatan, perlindungan, pengelolaan, dan pemanfaatan sumberdaya hutan akan masuk dalam perkuliahan. 

Kamu juga akan mempelajari cara meningkatkan produktivitas hutan, memanfaatkan hasil hutan, serta mengelola dan mengolahnya secara efisien. Tentu saja cara memanfaatkan hutan yang dianjurkan adalah cara-cara yang aman dan tak merusak ekologi dari hutan itu sendiri.

Gak melulu mempelajari tanaman, kamu juga akan menemukan mata kuliah dasar seperti Kimia, Fisika, dan Biologi. Lewat Biometrika Hutan, kamu akan mempelajari statistik atau data. Ini penting karena melatih kamu mengumpulkan data di lapangan, mengolahnya menggunakan komputer, hingga menyajikannya dalam bentuk presentasi.

Mata kuliah yang akan kamu temui misalnya Pengukuran Sumberdaya Hutan, Inventarisasi Sumberdaya, Manajemen Sumberdaya, Ilmu Tanah Hutan, Fitogeografi, Silvikultur, Anatomi dan Identifikasi Kayu, Sifat-sifat Dasar Kayu, Ekologi Hutan, Dasar-dasar Konservasi Sumber Daya Hutan, Konservasi Tanah Air, dll. 

Jurusan Kehutanan tentu punya materi praktikum lapangan, contohnya Praktikum Biometrika Hutan, Praktikum Fitogeografi, dan Praktikum Ilmu Tanah Hutan. Jadi jangan takut bosan, pasti bakal seru kok!

Dalam Jurusan Kehutanan tentu ada beberapa program peminatan yang spesifik. Jika mencontoh Jurusan Kehutanan di UGM, ada 4 peminatan yang tersedia yaitu Manajemen Hutan, Silvikultur, Teknologi Hasil Hutan, dan Konservasi Sumber Daya Hutan.

Dapat Gelar Dan Kuliahnya Di Mana?

Umumnya, jurusan Kehutanan masuk ke dalam fakultas ini. Namun, kadang bidang studi Kehutanan masuk ke dalam Fakultas Pertanian di beberapa kampus. Tapi, meski masuk Fakultas Pertanian, lulusan kehutanan akan memiliki gelar Sarjana Kehutanan (S.Hut). Dalam program akademik internasional, Sarjana Kehutanan setara dengan Bachelor of Science in Forestry (B.S.F. atau B.Sc.F).

Beberapa kampus yang memiliki jurusan Kehutanan antara lain:

  • Universitas Brawijaya (Jawa Timur)
  • Universitas 17 Agustus 1945 (DKI Jakarta)
  • UGM (DI Yogyakarta)
  • Universitas Sumatera Utara (Sumatera Utara)
  • Universitas Riau (Riau)
  • UNHAS (Sulawesi Selatan)
  • Universitas Bengkulu (Bengkulu)
  • Universitas Lampung (Lampung)
  • UNIMUS (Jawa Timur)
  • Universitas Sam Ratulangi (Sulawesi Utara)
  • Universitas Palangka Raya (Kalimantan Tengah)

Nah, itu tadi serba-serbi Jurusan Kehutanan. Semoga kamu mendapat informasi yang kamu cari ya. Pokoknya, informasi tentang kuliah jurusan apapun bisa kamu cari di goKampus. Yuk, langsung saja cari tahu! Klik linknya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *