hasil pertanian
Kategori Kelas

Hasil Tani Melimpah, Prospek Cerah Buat Lulusan Fakultas Pertanian Nih!

Kelar kuliah di Fakultas Pertanian, biasanya kemana sih para lulusannya? Ternyata gak semuanya jadi petani, meski pekerjaannya identik dengan pengolahan hasil pertanian. Nah, bagi kamu yang tertarik kuliah di Fakultas Pertanian, inilah berbagai prospek cerah lulusannya.

Konsultan Hasil Pertanian

Salah satu prospek kerja utama untuk lulusan Pertanian adalah menjadi seorang konsultan pertanian. Perusahaan tempat kerja mereka tentu berhubungan dengan industri pangan. Sebagai konsultan, tugas mereka adalah memberikan saran tentang apapun yang berkaitan dengan keperluan agrikultur perusahaan. 

Untuk menjalani pekerjaan ini, kamu harus memahami pola kesehatan tanaman, tata cara reproduksi tanaman, hingga cara menerapkan bioteknologi pada tanaman.

Agricultural Engineer

Pekerjaan yang ini berhubungan dengan mesin, jadi cocok untuk kamu yang suka menanam tanaman tapi juga senang dengan dunia mekanik. Jika bekerja sebagai seorang agricultural engineer, kamu akan bertugas merancang sistem, mesin, dan peralatan lain untuk kebutuhan perusahaan demi mendukung proses pertanian, serta mengelolanya untuk meningkatkan efisiensi perusahaan.

Baca Juga: Ternyata Banyak Jalan Menuju Gelar Sarjana Pertanian

Quality Control

Tujuannya pekerjaan ini adalah mengawasi sistem produksi pangan dan membuat laporan serta usulan yang dapat meningkatkan kualitas produksi sebuah lahan. Selain industri pertanian, kamu juga bisa bekerja sebagai quality control di sektor perkebunan dan peternakan.

Jadi Pebisnis? Bisa Banget

Dunia pertanian dan wirausaha sangat berkaitan. Jika kamu merasa memiliki jiwa bisnis yang kuat, bolehlah mencoba menjadi pebisnis setelah lulus dari pertanian. Terutama jika jurusan kamu di bidang agribisnis, itu sih prospek cerah banget untuk sukses sebagai pebisnis. Gak hanya menjadi pebisnis di bidang hasil pangan, kamu juga bisa jadi pebisnis di bidang mesin produksi loh.

Research and Development 

Selama kuliah di bidang studi yang berkaitan dengan pertanian, dapat dipastikan kamu akan mengikuti berbagai penelitian dan praktikum. Siapa tahu kamu malah kecantol dengan dunia penelitian dan menjadi peneliti untuk pemerintah ataupun menjadi periset swasta.

Gimana? Banyak banget kan pilihan pekerjaan yang dapat dipilih setelah kamu kuliah bidang pertanian? Semoga menjawab pertanyaanmu ya. Tapi kalau kamu mau cari-cari informasi seputar jurusan lainnya, carinya di goKampus ya! Langsung klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *