jurusan agribisnis
Kategori Kelas

Jurusan Agribisnis Bisa Jadi Entrepreneur Loh, Kamu Tertarik?

Memang bisa menjadi entrepreneur lewat jurusan agribisnis? Bisa banget karena agribisnis memang tempat untuk belajar menjadi entrepreneur. FYI, entrepreneur adalah seseorang yang menciptakan dan mengembangkan bisnis dengan berbagai inovasi. Saat menjadi entrepreneur, artinya kamu siap dengan berbagai risiko dan keuntungannya. Menjadi entrepreneur di sektor agribisnis sangat menjajikan karena Indonesia adalah negara agraris yang kaya akan sumber daya alam dan juga berperan penting meningkatkan perekonomian serta memenuhi kebutuhan pangan. Kalau kamu tertarik, yuk kenalan dulu dengan jurusan ini!

Baca Juga: Mau Terjun ke Dunia Agribisnis? Kenali Peluang Usahanya!

Jurusan Agribisnis Belajar Apa?

Sederhananya, jurusan agribisnis adalah jurusan yang mempelajari seputar kewirausahaan dan pertanian. Jurusan ini ada untuk memecahkan berbagai masalah di bidang produksi pertanian. Kamu akan mempelajari berbagai aspek penting dalam produksi pertanian, seperti menyusun strategi untuk mendapatkan keuntungan, melihat peluang bisnis, proses pengolahan hasil pasca panen, penyediaan bahan baku, melakukan pemasaran produk pertanian hingga mempelajari ekonomi, budaya, sosiologi serta aspek biologis dalam budidaya pertanian. Jurusan ini berfokus pada cara mengelola pertanian yang efisien, efektif dan menguntungkan. Gimana, nih? Terlihat menyenangkan, bukan?

Yang kita ketahui jurusan agribisnis termasuk bidang saintek. Namun, gak semua jurusan ini ternyata termasuk ke saintek, loh. Di beberapa kampus, seperti IPB, menggolongkan agribisnis ke bidang soshum atau di Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Makanya, jika ingin masuk jurusan ini, pastikan lagi masing-masing universitas tujuanmu. Kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah saintek dan soshum, seperti Bioteknologi Pertanian, Fisiologi Tumbuhan, Kewirausahaan, Ekonomi Mikro dan Makro, Usahatani, Biokimia, Pemasaran Agribisnis, Digitalisasi Agribisnis, Hukum dan Etika Agribisnis dan sebagainya.

Selama pembelajaran, kamu juga akan diberikan kesempatan untuk melakukan praktik langsung ke lapangan. Setelah kamu menyelesaikan berbagai mata kuliah, pada semester 7 kamu akan menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN), seminar proposal dan tugas akhir di semester 8. Setelah lulus, kamu akan mendapat gelar Sarjana Pertanian atau S.P.

Kalau Tertarik dengan Jurusan Ini, Bisa Kuliah di Mana?

Mengambil kuliah jurusan ini dan di kampus terbaik di Indonesia pasti merupakan salah satu impian. Berikut ini daftar universitas yang memiliki jurusan agribisnis terbaik di Indonesia dan sudah terakreditasi A oleh BAN-PT, loh. Ada kampus impianmu di daftar berikut?

  1. Institut Pertanian Bogor
  2. Universitas Padjadjaran
  3. Unbraw Malang
  4. Universitas Diponegoro
  5. Unhas Makassar
  6. Universitas Sebelas Maret
  7. Universitas Riau
  8. Uand Padang
  9. Universitas Udayana
  10. Universitas Medan Area

Seru kan belajar di jurusan agribisnis? Kerennya lagi, kalau biasanya orang-orang mencari pekerjaan setelah lulus kuliah, kamu justru bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Yuk, ketahui informasi mengenai jurusan yang kamu minati di Direktori Jurusan tau klik di sini untuk cek jurusan yang berhubungan dengan agribisnis!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *