astronomi
Kategori Kelas

Mengenal Jurusan Astronomi, Peluang Kerjanya Oke Banget!

Astronomi adalah salah satu jawaban favorit anak-anak ketika ditanya soal cita-cita. Rasa penasaran terhadap bintang dan segala fenomena luar angkasa jadi salah satu alasannya.

Jurusan yang satu ini memang unik, tapi juga langka. Hingga kini, baru Institut Teknologi Bandung (ITB) saja yang membuka Jurusan Astronomi. Bahkan ITB juga jadi satu-satunya kampus di Asia Tenggara yang memiliki Jurusan Astronomi. Keren, kan?

Nah, ada beberapa hal menarik yang perlu kamu ketahui tentang Jurusan Astronomi. Kita mulai dari pengertiannya dulu yuk.

Pengertian Jurusan Astronomi

Astronomi merupakan jurusan atau program studi yang secara khusus mempelajari benda-benda langit. Jurusan ini terbagi menjadi tiga keahlian, yaitu Tata Surya, Fisika Bintang, dan Kosmologi. Astronomi juga cabang ilmu baru di bidang MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam). Soalnya, seluruh kajian keilmuan di Astronomi berhubungan dengan tiga bidang ilmu IPA, yakni Kimia, Biologi, dan Fisika.

Selain itu, mahasiswanya juga akan mempelajari segala bentuk evolusi yang berhubungan dengan bintang, planet, dan benda-benda luar angkasa lainnya. Bikin penasaran, kan? Namun ya itu tadi, baru ITB saja perguruan tinggi yang memiliki program studi astronomi. Jurusan ini berada di dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Jurusan Astronomi, Belajar Apa Sih?

Di ITB, jenjang yang tersedia untuk jurusan Astronomi sangat lengkap, mulai dari S1, S2, hingga S3. Khusus S1, saat pertama kali masuk ke jurusan ini masih bergabung di Fakultas MIPA. Baru kemudian di semester 2 akan masuk ke Jurusan Astronomi.

Adapun mata kuliah di jurusan ini gak jauh dari hal-hal terkait ilmu perbintangan, misalnya:

1. Ilmu MIPA

Mata kuliah ini ada di semester pertama dengan fokus pada Matematika dan Fisika. Di sini materi kuliah yang diberikan umumnya masih mengulang materi yang didapat di bangku SMA tapi dengan detail yang lebih mendalam.

2. Astrofisika

Setelah itu, mahasiswa astronomi akan belajar mengenai fisika alam semesta beserta sifat fisik yang dimilikinya seperti suhu, kepadatan, luminositas, dan sebagainya.

3. Tata Surya

Sesuai namanya, kuliah Tata Surya mempelajari tentang isi alam semesta dan fenomena di dalamnya, seperti planet, satelit, bintang, orbit, galaksi, dan lain sebagainya.

4. Pengantar Kosmologi

Berikutnya mahasiswa jurusan ini juga belajar tentang kosmologi. Mata kuliah ini lebih fokus mempelajari asa muasal terbentuknya alam semesta. Pasti seru banget deh.

5. Sejarah

Selanjutnya, mahasiswa jurusan ini juga bakal mempelajari mengenai sejarah. Termasuk siapa saja tokoh pentingnya, sejarah perkembangan ilmu astronomi, dan lain-lain.

Tentunya masih banyak mata kuliah yang akan dipelajari mahasiswa Jurusan Astronomi. Pastinya, semua pelajaran ini akan memberi pengalaman unik yang tidak akan didapatkan di jurusan lain. Selain itu, mahasiswanya akan lebih terlatih dalam analisa sekaligus berhitung.

Satu keunggulan lain dari jurusan ini adalah masih sepi peminat sehingga persaingan untuk masuk gak terlalu ketat. Tapi bukan berarti prospek kerjanya gak bagus ya. Ada banyak kok peluang karier dari lulusan ini. Apa saja?

Prospek Kerjanya WOW!

Ya, meski terbilang jurusan atau program studi baru, prospeknya tetap cerah dan menjanjikan. Beberapa peluang yang akan didapatkan meliputi: 

1. Peluang Karier di Lembaga Penelitian

Lulusan dari Jurusan Astronomi memiliki peluang besar untuk berkarier di lembaga penelitian. Salah satu yang bergengsi misalnya bekerja sebagai peneliti di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang sekarang berada di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). 

2. Peluang Melanjutkan S2 di Luar Negeri

Lulusan S1 Astronomi di Indonesia bakal punya peluang melanjutkan S2 di luar negeri. Memang, ITB juga sudah menyediakan jenjang pendidikan astronomi sampai S3. Namun gak menutup kemungkinan kamu melanjutkan pendidikan keluar negeri. Ada banyak negara di luar Asia Tenggara yang menyediakan jurusan ini dan memberi beasiswa sehingga bisa dipertimbangkan.

3. Peluang Bergabung dengan NASA

Nah, salah satu peluang emas dan berharga tentu saja bisa bekerja di National Aeronautic and Space Administration atau NASA. Seperti kita tahu, NASA merupakan sebuah perusahaan dunia yang rutin melakukan penelitian luar angkasa. Berbagai misi terbang keluar angkasa dan menemukan banyak hal baru ada di sini. Kabar baiknya, ada banyak lulusan astronomi Indonesia yang menjadi astronom dan staf di NASA. Jadi, jangan ragu masuk ke jurusan ini ya.

Perlu digarisbawahi di sini bahwa lulusan Astronomi gak melulu cuma jadi astronom. Profesi lain yang terbuka sangat luas dan beragam. Pasalnya selama kuliah, kamu kan belajar juga mengenai Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jadi selain ketiga peluang yang disebutkan di atas, prospek kerja Jurusan Astronomi juga terbuka menjadi: 

1. Dosen

Banyak lulusan astronomi yang juga sukses menjadi dosen. Biasanya untuk mendapatkan profesi ini kamu terlebih dahulu harus melanjutkan kuliah minimal hingga jenjang S2. Menjadi dosen tentu saja merupakan pengalaman menarik. Selain mengajar, dosen astronomi juga bakal sering berkutat dengan penelitian, jurnal ilmiah, atau bahkan menulis buku.

2. Analis 

Sejumlah lulusan astronomi juga banyak yang menjadi analis, programmer, dan semacamnya. Peluang karir ini datang dari berbagai perusahaan negeri maupun swasta yang bergerak di bidang komunikasi dan juga pusat satelit. 

3. Pengusaha

Lulus dari jurusan ini memberikan peluang untuk menjadi pengusaha sukses, khususnya bisnis di bidang teknologi dan komunikasi. Lulusan dari jurusan ini juga potensial kok menjadi pendiri startup. Apalagi perusahaan rintisan zaman sekarang sangat akrab dengan pemanfaatan teknologi dan aplikasi komputer, dua ilmu yang akan kamu dapatkan selama di bangku kuliah. 

Sekali lagi, tentunya masih banyak peluang menekuni profesi lain jika kamu seorang lulusan jurusan astronomi. Dengan bekal ilmu yang kamu dapatkan selama kuliah, peluang kerja setelah lulus juga cukup menjanjikan loh.

Hanya saja, jurusan ini termasuk langka karena sampai saat ini baru tersedia di ITB. Namun, dengan peminat yang terbilang masih sepi, peluang kamu memenangkan persaingan cukup terbuka lebar. 

Kesimpulannya, jurusan ini sangat menarik untuk dipertimbangkan. Kebanggaan bisa jadi mahasiswa di jurusan yang cuma ada satu di Indonesia tentu punya nilai yang tinggi. Terlebih bagi kamu yang memang punya minat untuk mengetahui seluk beluk luar angkasa.

Gimana? Tertarik untuk kuliah jurusan astronomi? Kalau kamu mau cari-cari informasi seputar jurusan, kampus favorit, dan program beasiswa, langsung cari di goKampus! Daftar kuliah di goKampus, upload rapor, 1 jam diterima! Mudah kan? Langsung klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *