Tidak sedikit para pelajar yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan di jenjang SMA dan sederajatnya maupun strata 1 (S1), bertekad untuk kembali mengenyam pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Bahkan, banyak dari mereka, mungkin juga termasuk kamu yang berencana untuk kuliah di luar negeri.

Bukan rahasia umum lagi bahwa beberapa universitas terbaik di dunia ada di negara lain, tidak di Indonesia. Sebut saja diantaranya adalah Harvard University yang berlokasi di Amerika Serikat, Oxford University di Inggris, Melbourne University di Australia, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Kuliah di Luar Negeri? Jangan Lakukan 3 Hal Ini!

Meski terlihat sulit, pada kenyataannya tidak sedikit para pelajar Indonesia yang berhasil mewujudkan impian mereka untuk mengenyam pendidikan tinggi di negeri orang. Bukan juga hal yang mustahil untuk kuliah di luar negeri melalui jalur beasiswa.

Serangkaian tahap yang harus dilewati untuk bisa kuliah di luar negeri tidak sesulit seperti yang kamu bayangkan. Kuncinya adalah keyakinan dan motivasi yang besar. Tanpa kedua hal itu, jangan berharap impian kuliah di luar negeri dapat terwujud.

Seleksi Admininstrasi

Untuk kuliah di luar negeri, para calon mahasiswa harus memenuhi berbagai persyaratan yang diminta. Tahap pertama ini dikenal juga dengan sebutan seleksi administrasi. Pada umumnya, dokumen dalam persyaratan mahasiswa baru diantaranya adalah ijazah, sertifikat bahasa Inggris seperti TOEFL maupun IELTS, menulis motivation statement, dan lain sebagainya.

Segala persyaratan dokumen untuk kuliah di luar negeri tersebut tentu bukan hal yang sulit untuk dipenuhi. Sehingga dengan kata lain, lolos seleksi administrasi adalah hal yang mudah. Namun dengan catatan, perhitungkan waktu sebaik mungkin, mengingat ada beberapa dokumen yang akan memakan banyak waktu dalam prosesnya, seperti sertifikat bahasa.

Mencari Informasi Sedetail Mungkin

Tantangan jauh lebih besar dari hanya sekadar melampirkan berbagai dokumen pada tahap seleksi administrasi, yakni ketika kuliah di sana. Bukan menjadi pekerjaan yang mudah untuk mengenyam pendidikan tinggi di negeri orang.

Kamu yang sebelumnya belajar dengan sistem pendidikan di Indonesia, tentu akan merasakan budaya belajar yang sangat berbeda. Berinteraksi dengan lebih dari ratusan ribu pelajar dari negara lainnya. Cuaca dan iklim yang berbeda dengan Tanah Air. Tidak heran, berbagai perbedaan ini membutuhkan ketahanan mental yang kuat untuk tetap dapat bertahan.

Untuk mampu menjaga kesehatan baik secara mental, jasmani maupun rohani, yang bahkan juga terkadang kangen dengan masakan Indonesia, mencari informasi sedetail mungkin menjadi langkah penting untuk dilakukan.

Tidak perlu datang langsung ke negara tujuan atau melakukan survei untuk dapat mengetahui seperti apa gambaran di sana. Cukup dengan membaca artikel, menonton video hingga mengunjungi pameran pendidikan menjadi pilihan terbaik.

Motivasi dan Keyakinan

Ketika mengunjungi pameran pendidikan yang setiap tahunnya selalu hadir, penting untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Pasalnya, orang yang akan menghadiri acara pameran tersebut jumlahnya tidak sedikit.

Kunci penting untuk kuliah di luar negeri adalah motivasi dan keyakinan yang kuat. Sebelumnya sudah diingatkan bahwa tanpa kedua hal tersebut, tidak menutup kemungkinan kamu akan berhenti ditengah jalan.

Perlu diketahui dan diingat bahwa tidak mudah kuliah di luar negeri. Berbagai tantangan yang jauh lebih besar akan kamu alami, mengingat tidak hanya budaya pendidikan yang berbeda, tetapi juga kehidupan masyarakatnya.

Dengan memiliki motivasi dan keyakinan yang kuat, berbagai tantangan yang datang akan lebih mudah untuk dilewati. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui sebenarnya apa motivasi dan keyakinan terbesar kamu hingga ingin kuliah di luar negeri.

Kunci sukses untuk urusan kuliah baik dalam negeri maupun luar negeri bukan lain adalah dengan download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store. Melalui aplikasi goKampus, proses pendaftaran kuliah tidak hanya bisa dilakukan, tetapi juga jauh lebih hemat. Tidak berhenti disitu, berbagai program beasiswa kuliah, magang dan dana pendidikan tersaji secara lengkap. Bahkan, menghadirkan sekaligus mencari informasi seputar event kampus juga bisa dilakukan di goKampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like