Pariwisata dunia berkembang begitu pesat. Beragam tempat wisata di dunia bermunculan, mulai dari yang mengusung tema religius, tradisional, hingga modern. Tidak heran, kebutuhan akan lulusan pariwisata terus meningkat setiap tahunnya. Dan selaras juga dengan jurusan hospitality yang kini mulai digemari oleh masyarakat dunia.

Di Indonesia sendiri, sektor pariwisata terus mengalami peningkatan. Tak hanya dari segi infrastruktur dalam menunjang para wisatawan dalam menikmati momen liburan mereka, tetapi juga dari segi pendidikan.

Baca Juga: Hospitality itu Rumah Sakit? Cek Arti Sebenarnya!

Pendidikan pariwisata di Indonesia saat ini dapat dikatakan jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya perguruan tinggi yang kini telah membuka jurusan pariwisata atau juga lebih dikenal dengan hospitality. Ini tentu juga selaras dengan tempat wisata di Indonesia yang sudah bermunculan.

Dampaknya, kebutuhan industri pariwisata akan tenaga kerja yang profesional dan berpendidikan tinggi pun mengalami peningkatan. Dengan kata lain, pariwisata menjadi bidang yang memiliki peluang besar untuk dijadikan karir di masa depan.

Sedikit informasi bagi sobat goKampus yang tidak mengetahui apa itu jurusan hospitality. Jadi, hospitality itu dalam arti bahasa Indonesia adalah keramah-tamahan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa jurusan hospitality itu adalah segala macam industri yang memiliki kegiatan yang berhubungan dengan keramah-tamahan, pelayanan, dan hiburan bagi para tamu.

Jadi, jangan salah arti lagi ya sobat goKampus dalam memaknai jurusan hospitality. Bukan berarti kamu belajar tentang rumah sakit, karena ada kata hospital di dalam kata hospitality.

Tertarik untuk mempelajari pariwisata dan mengambil jurusan hospitality sebagai langkah awal dalam memulai karir? Nih, 3 negara tujuan yang patut kamu jadikan tempat untuk mengenyam pendidikan tinggi akan jurusan hospitality.

3 Negara Tujuan Untuk Belajar Jurusan Hospitality

Australia, Negara Tetangga Dengan Kualitas Internasional

Negara pertama yang patut untuk kamu jadikan sebagai tempat mengenyam pendidikan tinggi akan jurusan hospitality adalah Australia. Sebuah negara dengan kualitas pendidikan yang tidak perlu lagi diragukan, termasuk juga tentang hospitality.

Work Placement atau Intership menjadi salah satu ciri khas dari sebagian besar sekolah hospitality di Australia. Tujuan program ini tentu saja untuk memberikan kesempatan sekaligus pengalaman bagi para mahasiswa dalam meniti karir di dunia pariwisata profesional di masa yang akan datang. Penelitian mengatakan bahwa lulusan-lulusan dengan pengalaman kerja memiliki kesiapan yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak berpengalaman.

Jika kamu berminat untuk kuliah di luar negeri tapi tidak terlalu jauh dari Indonesia dan memiliki kualitas pendidikan terbaik, tentu saja Australia menjadi jawabannya. Dan berikut ini beberapa perguruan tinggi dengan jurusan hospitality terbaik di Australia:

  • Blue Mountains International Hotel Management School
  • International College of Management (ICMS)
  • The Hotel Scholl – Southern Cross University
  • William Angliss Institute
  • Le Cordon Bleu

Swiss, Negara Dengan Segala Keindahan Alam Terbaik

Apabila Australia tidak sesuai dengan keinginan kamu, dimana inginnya belajar di negara bagian Eropa dalam mengenyam pendidikan tinggi khususnya jurusan hospitality, maka Swiss menjadi negara yang tepat.

Swiss adalah sebuah negara yang memiliki kedekatan tersendiri dengan Indonesia dalam bidang Pariwisata. Seperti diketahui, Heinz Burki, pendiri dan pemilik IMI University Centre Luzern –salah satu perguruan tinggi terbaik di Swiss- merupakan mantan tenaga ahli yang dikirim oleh Pemerintah Swiss dalam membantu pembangunan dan pengembangan pariwisata di Indonesia.

Pemerintah Swiss dan Pemerintah Indonesia bekerjasama dalam bidang pariwisata hingga pada akhirnya mendirikan National Hotel Institute (NHI) di Bandung pada tahun 1973 yang merupakan sekolah tinggi pariwisata pertama di Indonesia –kini dikenal dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung.

Swiss memiliki gunung-gunung, sungai-sungai biru bening yang airnya berasal dari gunung es, kota-kota tua yang masih sangat terjaga, dan danau yang indah. Bedanya di sana dengan di Indonesia adalah segala keindahan alam tidak dibiarkan apa adanya. Maksudnya, gunung-gunung disediakan tangga, tempat istirahat, rambu-rambu atau petunjuk arah, dan lain sebagainya. Sehingga, tidak hanya pencinta alam yang dapat menikmati keindahan gunung, tetapi wisatawan umum juga bisa menikmatinya.

Program pendidikan kuliah hospitality di Swiss menawarkan program diploma (2 tahun), higher diploma (2,5 tahun), bachelor (3 tahun), dan MA (4 tahun). Dan berikut ini beberapa sekolah hospitality unggulan di Swiss yang tidak perlu lagi diragukan kualitas pendidikannya.

  • Swiss Hotel Management School
  • Hotel Institute Montreux
  • HTMI
  • BHMS
Amerika Serikat, Negara Dengan Perkembangan Pariwisata Pesat

Negara yang satu ini tentu bukanlah negara yang asing bagi para wisatawan dunia. Hampir setiap tahunnya, angka wisatawan di negara ini meningkat. Bukan lain adalah Amerika Serikat.

Amerika Serikat menjadi negara ketiga yang tepat untuk dijadikan tempat mengenyam pendidikan tinggi di bidang hospitality. Dikatakan tepat karena perkembangan industri pariwisata di Negari Paman Sam ini sangat pesat. Sehingga, berkesempatan untuk meniti karir internasional di bidang hospitality dengan keunggulan lainnya adalah memberikan berbagai softskill untuk pengembangan diri.

Banyak universitas dengan kualitas internasional dapat dijadikan pilihan ketika hendak kuliah hospitality, diantaranya adalah:

  • University of Nevada – Las Vegas
  • Cornell University
  • Texas A&M University
  • Pennsylvania State University
  • Virginia Polytechnic Institute and State University

Informasi dunia perkuliahan dapat dengan mudah kamu peroleh hanya cukup download aplikasi bernama, goKampus. Diantaranya seperti acara kampus, beasiswa, dana pendidikan, hingga pendaftaran kuliah. Jadi, segera download aplikasinya sekarang juga di Google Play Store dan App Store!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like