Berhasil melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri tentunya menjadi sebuah kebanggaan. Bagaimana tidak, untuk kuliah di luar negeri bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Tidak sedikit yang menginginkan hal tersebut namun pada akhirnya harus berakhir dengan kegagalan.

Bukan hanya menjadi sebuah kebanggaan, kuliah di luar negeri tentu menghadirkan berbagai keuntungan tersendiri dibandingkan mengenyam pendidikan tinggi di dalam negeri. Salah satunya adalah merasakan pengalaman kehidupan baru.

Seperti diketahui, setiap negara tentu memiliki budaya dan kehidupan bermasyarakat yang berbeda-beda. Sebut saja di Inggris. Budaya di sana tentu saja sangat berbeda dengan di Indonesia. Begitu juga dengan kehidupan bermasyarakatnya. Apalagi mengenai kondisi alam dan cuaca.

Selain itu, keuntungan kuliah di luar negeri lainnya adalah mendapatkan kualitas pendidikan terbaik Tidak dapat dipungkuri memang bahwa deretan universitas terbaik ada di luar negeri, diantaranya di Amerika Serikat, Australia, Finlandia, Selandia Baru, Jerman, Inggris, dan sebagainya.

Baca Juga: 3 Langkah Daftar Kuliah ke Luar Negeri

Berbagai keuntungan yang akan menjadi pengalaman berharga bagi para mahasiswa internasional menjadi alasan mengapa banyak pelajar Indonesia yang berkeinginan besar untuk kuliah di luar negeri.

Mewujudkan keinginan untuk kuliah di luar negeri memang tidak mudah. Namun bukan berarti menyerah begitu saja. Persiapan menjadi kunci awal dari terwujudnya segala harapan. Persiapan pula yang menjadi pembeda antara orang sukses dan gagal.

Tidak hanya mempersiapkan diri sendiri baik dari segi mental maupun kesehatan, persiapan dokumen-dokumen juga menjadi hal yang penting untuk daftar kuliah di luar negeri. Mulai dari dokumen bukti akademis seperti Ijazah, dokumen surat rekomendasi, hingga sertifikat bahasa, dan lain sebagainya.

Selain dokumen penting tersebut, ada pula dokumen pendukung lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan atau tertinggal ketika hendak kuliah di luar negeri. Berikut 3 dokumen pendukung yang wajib ada.

Passport

Layaknya KTP, passport menjadi kartu identitas yang wajib dimiliki oleh seseorang ketika berada di luar negeri. Tanpa adanya passport, dapat dipastikan kamu tidak bisa datang ke negara tujuan, meski dengan tujuan untuk mengenyam pendidikan. Sekalipun berhasil mengunjungi negara tujuan tanpa passport, dapat dipastikan pula bahwa kamu akan dideportasi ketika ketahuan oleh pihak berewang. Deportasi itu adalah dikembalikan ke negara asal.

Oleh karena itu, kepemilikan passport menjadi hal yang sangat penting ketika ingin ke suatu negara. Pembuatan dan pengurusan passport di era modern seperti sekarang ini pun menjadi lebih mudah, dimana bisa dilakukan secara online, meski harus tetap datang untuk proses kelanjutannya.

Visa

Dokumen pendukung yang penting untuk kuliah di luar negeri selain passport adalah visa. Namun, ini hanya berlaku untuk negara yang memang mewajibkan penggunaan Visa. Jadi, pastikan lebih dulu bahwa kampus di negara tujuan kamu itu memiliki kewajiban penggunaan Visa atau tidak.

Untuk pengurusan visa, kamu baru bisa melakukannya setelah aplikasi daftar kuliah dinyatakan sukses. Alangkah baiknya untuk mengurus visa setelah memperoleh Confirmation of Enrolment (CoE).

Mendapatkan CoE itu sendiri dilakukan sesudah aplikasi kamu dinyatakan diterima tanpa syarat. Pembuktian tersebut melalui Letter of Acceptance Unconditional (LoA Unconditional).

Akan tetapi, tidak semua negara bisa langsung mengajukan proses pembuatan visa meski sudah menerima LoA Unconditional. Ada beberapa negara yang meminta untuk melampirkan sertifikat bahasa Inggris seperti TOEFL maupun IELTS dan bukti kemampuan keuangan.

Ingin memastikan seluruh berkas pendukung untuk daftar kuliah di luar negeri lengkap? Coba kamu download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store. Melalui goKampus, kamu tidak hanya bisa daftar kuliah dengan cukup sekali untuk sejumlah universitas sekaligus, tetapi juga hal lainnya yang berkaitan dengan urusan kampus. Diantaranya beasiswa kuliah, event kampus, magang, dan dana pendidikan. Terdapat juga berbagai promo mahasiswa untuk menikmati makanan dan minuman favorit dengan harga bersahabat di kantong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like