pertanyaan seputar snmptn
goKampus Tips Belajar Upskill

6 Tips Dan Trik Belajar Matematika Untuk SMA/SMK

Hai guys, selama masa pandemi ini kangen gak sih belajar langsung tatap muka di sekolah? Coba sebutin deh apa pelajaran favoritmu selama di sekolah? Biasa pada umumnya sih banyak yang menghindari belajar matematika karena banyak hitungannya. Padahal, mengerjakan soal matematika itu gak sesulit yang selama ini kamu bayangkan loh selama kamu mengikuti pembelajaran yang ada. Jadi, jangan anti dulu sama belajar matematika karena goKampus bakal kasih tau kamu tips dan trik belajar matematika tanpa lemot! Ini dia!

1. Pelajari rumusnya!

Belajar matematika itu adalah belajar ilmu yang pasti sehingga dibutuhkan sebuah rumus untuk menjawab soal tersebut. Tips yang pertama agar kamu gak kesulitan belajar matematika adalah pelajari rumus dari setiap hitungan yang diberikan. Yang bikin kesulitan biasanya adalah soal-soalnya saja yang semakin rumit, tapi kalau kamu sudah dapat benang merah rumusnya bekerja, kamu bakal dengan mudah untuk mengerjakan soal nya loh.

2. Cari suasana baru yang tenang dan menyenangkan

Cara belajar matematika yang satu ini juga bisa kamu terapkan untuk meningkatkan konsentrasi kamu ya. Kamu juga bisa mencari suasana yang nyaman dan tenang untuk belajar seperti di alam terbuka, pinggir sungai, dan persawahan ya. Tapi, kalau misalnya kamu sedang gak bisa berpergian, kamu juga bisa loh mengubah kamarmu menjadi suasana belajar yang menyenangkan, misalnya seperti menghias kamar dengan foto idola, membuat teh atau kopi untuk menemani belajarmu, serta membeli beberapa aksesoris kamar yang kamu suka.

Dikarenakan belajar matematika butuh konsentrasi yang optimal, maka kamu jangan segan-segan untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman ya.

3. Ajak temanmu untuk berdiskusi

Cara belajar matematika yang satu ini juga cukup efektif untuk kamu yang mungkin masih kebingungan saat mengerjakan soal nya. Jangan malu-malu untuk berdiskusi dengan teman sekelasmu atau mungkin teman belajarmu mengenai soal yang kamu gak bisa.

Ajak mereka untuk memecahkan sebuah soal bersama-sama, hal ini juga membantu kamu untuk mendapatkan suasana belajar yang menyenangkan. Ingat pepatah ‘malu bertanya sesat di jalan’ kan?

4. Teliti dalam mengerjakan soal!

Soal matematika yang panjang biasanya akan membuat kamu terkecoh dan merasa kesulitan untuk mengerjakan soal nya. Berusahalah untuk tetap tenang dan jangan panik serta memahami berbagai soal yang diberikan. Dengan memahami dan mengerti soal nya, maka kamu akan menemukan formula yang tepat dalam memecahkan soal tersebut.

5. Jangan pernah takut salah

Yang wajib kamu ingat saat sedang latihan mengerjakan soal matematika adalah jangan takut salah. Justru sering salah menjawab soal akan membuat belajarmu semakin efektif dan aktif karena kamu akan lebih rajin mencari latihan soal mulai dari buku cetak, LKS, internet, maupun buku panduan lainnya.

6. Buat catatan dan ringkasan rumus yang akurat

Cara yang satu ini akan memudahkan kamu ketika akan mengerjakan soal matematika loh. Banyak-banyaklah mencatat rumus dan latihan soal karena semakin kamu terbiasa mengerjakan berbagai macam soal, kamu akan lebih menguasai soal materi yang akan diberikan nantinya.

Baca Juga: Daftar 10 Jurusan Untuk Anak IPA Yang Cocok Untukmu!

Nah, kalau nantinya kamu mahir di bidang matematika, ilmu matematika ini juga berperan penting di masa depan kita loh. Jadi, gak heran banget nih kalau banyak profesi yang membutuhkan program studi ini di Indonesia. Banyak peluang kerja yang bisa kamu daftarkan. Cek ini yuk!

1. Auditor 

Prospek kerja kalau kamu lulusan matematika yang pertama adalah kamu bisa menjadi seorang auditor. Kamu memiliki tanggung jawab untuk memastikan dan melaporkan bisnis maupun dari satu perusahaan atau sebuah instansi. Auditor juga melakukan evaluasi operasi internal dari perusahaan dan mengawasi bisnis perusahaan yang sedang dijalankan. 

2. Data analyst

Prospek kerja yang kedua adalah bekerja menjadi seorang data analyst. Sebagai mahasiswa lulusan matematika yang bekerja menjadi data analyst, kamu juga bisa bertugas untuk mengambil data dari berbagai jawaban customer, dan berkomunikasi untuk bisa mendapatkan hasil agar bisa membantu membuat sebuah keputusan untuk suatu perusahaan. 

3. Data Scientist

Prospek kerja data scientist hampir mirip dengan data analyst, namun data scientist lebih cenderung bekerja di pengolahan data. Semakin banyaknya pertumbuhan data juga menuntut untuk mengolah data lanjutan menggunakan teknologi komputer agar bisa lebih cepat dan efisien.

Gak heran karena kamu adalah lulusan matematika dan memiliki kemampuan analisis yang baik, kamu bisa berkarir untuk mendapatkan peluang bisnis ini dan mengetahui tren pasar. Kamu juga akan bertugas untuk membersihkan data mentah, memproses data, dan mengolah big data yang telah dikumpulkan menjadi sebuah informasi yang bisa berguna.

4. Aktuaris 

Saat ini bekerja menjadi seorang aktuaris merupakan salah satu pekerjaan yang sangat populer. Dan kamu memiliki peluang yang sangat besar untuk terjun di profesi ini, karena ilmu aktuaria adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu risiko keuangan dengan berbagai macam metode matematika dan statistik yang biasa digunakan di bidang asuransi.

Ilmu aktuaria ini digunakan untuk menganalisis keuangan dan memecahkan berbagai masalah keuangan untuk bisa melihat perkiraan di masa depan tentang suatu perusahaan.

5. Software Engineer

Sebagai seorang lulusan matematika, kamu memiliki peluang yang besar banget untuk bisa menjadi seorang software engineer yang sukses. Karena kamu bisa lebih terbiasa dengan logika dan matematika yang sering ditemukan di dalam dunia programming. Tapi yang pasti adalah kamu juga harus memahami dunia IT juga loh ya agar kamu bisa masuk ke dalam ranah programming ini.

6. Blogger

Kalau kamu ada ketertarikan untuk membuat sebuah tulisan, kamu bisa loh mulai untuk menulis blog dan membahas tentang ilmu matematika karena kalau blog kamu mendapatkan banyak pembaca, maka kamu juga bisa memasang iklan maupun menjual produk secara langsung untuk bisa mendapatkan uang dari internet nih. Jadi, kamu bisa menyalurkan informasi mengenai pendidikan matematika di berbagai tulisan kamu.

7. Youtuber

Siapa bilang mahasiswa lulusan matematika gak bisa jadi youtuber? Pasti bisa dong! Kamu bisa memilih topik yang berkaitan dengan penerapan dan pembelajaran dari berbagai ilmu matematika ini. Kamu juga bisa membuat video-video bagaimana cara menghitung dan memberitahukan berbagai rumus-rumus matematika kepada para penonton mu loh.

Apalagi di zaman sekarang, banyak banget orang-orang yang belajar melalui youtube, siapa tau video kamu bisa bermanfaat untuk jadi bahan pembelajaran untuk mereka!

8. Research scientist

Sebagai mahasiswa lulusan matematika, kamu juga bisa loh menjadi seorang ilmuwan dan peneliti yang terkenal. Kalau kamu bekerja menjadi seorang research scientist, kamu akan bertanggung jawab dalam melakukan,merancang, analisis informasi, eksperimen berbagai hal berbasis lab. Jadi, peluangmu untuk bekerja di perusahaan kimia, perusahaan makanan swasta, atau berbagai perusahaan yang membutuhkan riset produk. 

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu juga bisa klik halaman ini untuk cari informasi selanjutnya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *