Bukan tanpa alasan seorang pelajar bercita-cita untuk kuliah di luar negeri. Berbagai keuntungan akan mereka rasakan ketika mengenyam pendidikan di negeri orang. Sebut saja salah satunya adalah kesempatan mendapatkan kualitas pendidikan terbaik.

Seperti diketahui bersama bahwa kualitas pendidikan di Indonesia masih kalah dengan negara-negara lain, seperti Inggris, Amerika Serikat dan Australia yang memang menjadi negara tujuan para pelajar Tanah Air ketika hendak kuliah di luar negeri.

Baca Juga: Kunci Sukses Diterima Kuliah di Luar Negeri

Selain dikarenakan kualitas pendidikan, kuliah di luar negeri juga memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman hidup yang berharga. Bertemu dengan mahasiswa Internasional yang berasal dari berbagai negara, cuaca dan iklim yang pula berbeda dengan Indonesia, hingga memperluas relasi hubungan.

Tak heran, kuliah di luar negeri menjadi impian hampir sebagian besar para pelajar Indonesia. Namun memang pada kenyataannya tidaklah mudah untuk mewujudkan impian tersebut. Tidak sedikit yang harus berakhir dengan kegagalan.

Meski tidak mudah, bukan berarti menyerah. Percayalah bahwa selalu ada jalan untuk kamu yang bersungguh-sungguh menggapai impian, termasuk kuliah di luar negeri. Berikut ini 3 persiapan penting untuk kuliah di luar negeri yang patut untuk kamu perhatikan demi terwujudnya impian mengenyam pendidikan tinggi di negeri orang.

1. Negara, Jurusan Kuliah dan Universitas Tujuan

Persiapan pertama untuk kuliah di luar negeri adalah menentukan negara, jurusan kuliah dan universitas tujuan. Tiga poin penting yang bukan menjadi pekerjaan mudah untuk dilakukan, terlebih dilakukan secara sekaligus.

Tentukan terlebih dahulu negara tujuan. Sebagai informasi, tiga negara yang sebelumnya telah disebutkan, yakni Inggris, Amerika Serikat dan Australia menawarkan kualitas pendidikan terbaik. Itu artinya, kamu bisa mempertimbangkan ketiga negara tersebut sebagai pilihan.

Setelah mengetahui negara tujuan sebagai motivasi untuk kuliah di luar negeri, selanjutnya adalah menentukan jurusan kuliah terlebih dahulu, baru kemudian universitas sebagai tempat mengenyam pendidikannya kelak.

Memilih jurusan harus sesuai dengan minat dan bakat diri kamu. Selain itu, jangan lupa pertimbangkan prospek kerja masa depan. Pasalnya, tidak sedikit kasus mahasiswa yang salah jurusan hingga pada akhirnya berhenti ditengah jalan alias DO (Drop Out). Barulah kemudian menentukan universitas yang menyediakan pilihan jurusan kamu tersebut.

2. Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Persiapan kedua untuk kuliah di luar negeri adalah memiliki kemampuan bahasa Inggris. Ini menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki, mengingat bahasa Inggris adalah bahas Internasional. Bahasa yang akan digunakan saat proses belajar mengajar.

Tidak hanya untuk keperluan belajar mengajar, bahasa Inggris juga digunakan untuk berkomunikasi dengan satu sama lain. Karena perlu diketahui bahwa kamu juga akan bertemu dengan mahasiswa internasional yang berasal dari mancanegara.

Kemampuan bahasa Inggris juga menjadi salah satu syarat pendaftaran kuliah di luar negeri. Oleh karena itu, tes kemampuan kamu dalam berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan. Caranya dengan mengikuti tes TOEFL atau IELTS.

3. Lengkapi Dokumen

Negara, jurusan kuliah dan universitas tujuan telah dipikirkan secara matang, kemudian juga telah meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, persiapan berikutnya untuk daftar kuliah di luar negeri adalah melengkapi berbagai dokumen persyaratan.

Mulai dari dokumen akademis seperti ijazah dan transkrip nilai, dokumen berupa surat rekomendasi, hingga dokumen pendukung yang tidak kalah pentingnya, yakni visa, passport, dan lain sebagainya.

Terlebih dahulu lengkapi akan dokumen persyaratan mahasiswa baru. Cari informasi sedetil mungkin tentang hal tersebut, mengingat ada beberapa dokumen yang berbeda ketika daftar kuliah di Indonesia.

Kemudian, lengkapi berbagai dokumen pendukung yang tidak boleh tertinggal. Salah satunya adalah paspor yang berfungsi sebagai tanda identitas kamu di negara lain.

Wujudkan impianmu kuliah di luar negeri dengan download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store. Mengapa? Karena di aplikasi goKampus, berbagai program beasiswa kuliah tersedia. Kamu pun juga bisa cicil biaya kuliah. Selain itu, menghadirkan event kampus juga bisa, informasi magang lengkap tersaji, hingga proses pendaftaran kuliah yang jadi lebih mudah dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like