United Kingdom (UK) menjadi salah satu negara tujuan pendidikan bagi sebagian besar pelajar Indonesia. Selain karena cuaca dan iklim yang bersahabat, UK menjadi pilihan karena menawarkan kualitas pendidikan terbaik.

Tidak hanya itu, UK menjadi pilihan juga karena bisa ditempuh dalam waktu singkat sekitar satu hingga dua tahun. Pilihan mata kuliah yang disediakan pun juga sangatlah beragam. Dan keseluruhan tersebut didukung dengan berbagai program beasiswa fully funded atau penuh yang dapat menjadi solusi terbaik untuk membiayai kuliahmu disana.

Dua program beasiswa yang paling popular di kalangan pelajar Indonesia adalah Beasiswa LPDP yang merupakan beasiswa dari pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan. Selain itu, juga tersedia Beasiswa Chevening, sebuah program beasiswa pemerintah Inggris.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi Beasiswa Kuliah

Sebelum kamu memutuskan untuk kembali mengenyam pendidikan tinggi jenjang S2, langkah pertama yang harus dilakukan adalah lebih dulu mengetahui bidang apa yang ingin dituju. Jangan sembarangan dalam memilih jurusan kuliah, karena itu akan berdampak signifikan di masa depan.

Sesuaikan dengan minat dan bakat diri kamu, pengalaman belajar saat S1, dan pengalaman kerja. Pikirkan secara matang, apakah jurusan yang diambil nanti dapat menunjang cita-cita dan berpeluang mendapatkan penghidupan yang layak.

Selain sebagai motivasi, perencanaan studi ini juga akan sangat membantu kamu dalam proses pendaftaran diri ke perguruan tinggi tujuan sekaligus juga program beasiswa yang diincar. Setelah menetapkan diri dengan jurusan pilihan, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan diri pada program studi tersebut.

Secara umum, berikut ini beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk kamu yang berencana mendaftarkan diri di program magister untuk sebagian besar perguruan tinggi di UK.

Bukti Kompetensi Akademis

Sebagian besar perguruan tinggi luar negeri, dalam hal ini UK, memiliki persyaratan minimum degree 2:1 untuk calon mahasiswa program magister. Ada kampus yang mengonversi standar tersebut dengan IPK minimal 3,00. Tapi ada pula yang mengkonversikan perbandingan tersebut di angka 3,3.

Sebagai bukti kompetensi akademik, kamu harus menyiapkan ijazah, transkrip nilai, dan berbagai penghargaan akademis. Catatan penting, penghargaan akademis wajib diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris oleh sworn translator resmi atau terdaftar.

Reference/Recommendation Letter

Selain bukti-bukti kompetensi akademis, wajib pula untuk melampirkan surat rekomendasi (letter of recommendation/reference). Tujuan surat rekomendasi ini sebagai bahan penilaian pihak penyedia beasiswa atas dirimu. Mengingat mereka tidak mengenal, bagaimana dan seperti apa diri kamu.

Surat rekomendasi dituliskan oleh orang lain, baik itu pembimbing akademik, dosen di kampus, atasan di kantor, maupun pembimbing skripsi. Pastikan memilih sosok yang akan menulis di surat rekomendasi mengenal diri kita cukup baik. Hal ini agar surat referensi tidak terlalu kaku dan tidak melebihkan-lebihkan.

Untuk membantu sosok penulis surat rekomendasi, lampirkan beberapa dokumen seperti CV atau riwayat hidup, transkrip nilai dan penjelasan singkat tentang program yang kamu pilih di UK.

Personal Motivation Letter

Bukan hanya surat rekomendasi dan bukti akademis, berkas lain yang harus kamu lampirkan saat mendaftar kuliah S2 di UK adalah personal motivation letter. Essay ini berisikan tentang alasan atau hal yang melatarbelakangi akan pilihan jurusan dan rencana karir kamu di masa depan.

Bagi kamu yang belum pernah menulis personal motivation letter, kamu dapat melihat contoh-contoh essay kuliah di dunia internet. Atau kamu bisa meminta bantuan kepada seseorang yang sudah berpengalaman.

Wujudkan impian kuliah tanpa lagi memikirkan dana pendidikannya yang mahal hanya dengan download aplikasi aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store. Sebuah aplikasi yang menghadirkan ragam kemudahan untuk segala urusan kampus. Mulai dari pendaftaran kuliah, kerja magang, hingga acara kampus. Tak hanya itu, beragam program beasiswa kuliah juga tersedia dan program cicilan biaya kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like