maksud kreatif yaitu
Tips Belajar

Inilah Definisi Kreatif Dari Berbagai Sudut Pandang

Kata kreatif pastinya ada di benak orang yang kreatif, yaitu punya gagasan unik. Sebenarnya, maksud kreatif yaitu apa sih? Yuk kita bahas kreatif dari berbagai sudut pandang. Dalam bahasa Indonesia baku, istilah kata kreatif yaitu sebagai “daya cipta”. Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), inilah definisi kreatif.

1. memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan; 

2. bersifat (mengandung) daya cipta

Contoh kalimat: Pekerjaan yang kreatif menghendaki kecerdasan dan imajinasi.

Baca Juga: Punya Dampak Besar, Ekonomi Kreatif Jadi Pendorong Ekonomi Dunia Loh!

Maksud Kata Kreatif yaitu Berasal Dari Bahasa Asing Loh!

Dalam bahasa Inggris, kata “creativity” berasal dari bahasa Latin “creare” yang berarti “menciptakan, membuat”. Kata “create” sendiri muncul dalam bahasa Inggris pada abad ke-14, tapi kata tersebut biasanya mengindikasikan “ciptaan Ilahi”. 

Penggunaan “create” yang merujuk pada daya cipta manusia baru terjadi pada abad ke-17 dan 18, ketika orang-orang di Eropa merasakan kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan seni.

Menurut psikolog Dr. E. Paul Torrance (1915-2003), kreativitas adalah sebuah proses menuju kepekaan terhadap masalah, kekurangan, kesenjangan pengetahuan, elemen yang hilang, ketidakharmonisan, dan sebagainya; lalu mengidentifikasi kesulitan dengan cara mencari solusi, membuat tebakan, atau merumuskan hipotesis tentang kekurangan. Hipotesis tersebut lalu diuji dan diuji ulang, dimodifikasi dan diuji kembali; dan akhirnya mengumumkan hasilnya.

Sederhananya, maksud kreatif yaitu proses mental seseorang dalam melihat masalah, lalu mencari solusi untuk memecahkan masalah tersebut dengan pemikirannya sendiri. Biasanya, hasil dari pemikiran berdaya cipta (creative thinking) memiliki keaslian tersendiri loh. 

Ada tiga bentuk kreatif, yaitu ide, gagasan, dan produk. Ide merupakan pemikiran kreatif yang bisa menciptakan solusi dari masalah. Gagasan merupakan pemikiran berupa lisan atau tulisan. Sementara, produk bisa berupa barang/jasa hasil dari pemikiran orang-orang kreatif. 

Dalam buku Art of Thought (1926), Graham Wallas mendeskripsikan 5 tahapan dari proses kreatif.

5 Tahap Proses Kreatif

  1. Persiapan (bersiap mengerjakan sebuah masalah yang memfokuskan pikiran seseorang pada masalah dan mengeksplorasi dimensi dari masalah tersebut)
  2. Inkubasi (masalah yang masuk ke dalam pikiran bawah sadar)
  3. Intimasi (orang tersebut mulai merasakan bahwa solusi atas masalah yang ia hadapi akan segera muncul)
  4. Pencerahan (ide kreatif muncul dari proses pikiran bawah sadar menjadi kesadaran secara penuh)
  5. Verifikasi (mengecek kebenaran ide yang muncul, mengelaborasi, dan menerapkan ide tersebut untuk memecahkan masalah)

Gimana guys? Apakah kamu punya ciri-ciri tersebut? Kalau kamu merasa diri belum cukup kreatif, tenang, kamu bisa mengasah kreativitas tersebut kok! Caranya? Ikutan coursecourse seru yang di goKampus saja dengan klik di sini! Oh iya, goKampus lagi ada program GOGO loh. Program GOGO (Give One, Get One) dari goKampus, memberikan kamu kesempatan untuk upgrade skill, tambah ilmu, dan dapat sertifikat secara GRATIS.

Cara pakainya, pilih kelas di goKampus sesuai minat dan kebutuhanmu biar kamu makin expert. Kamu bisa mendapatkan +1 free voucher code pada setiap transaksi berhasil dari pengguna yang mendaftar menggunakan refferal id email kamu! Penasaran? Klik di sini untuk ikutan GOGO dari goKampus dan dapatkan course gratisnya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *