Mahasiswa tingkat akhir mana suara nya? Sudah siap untuk mengikuti program kerja magang?  Magang merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk kamu sebelum lulus kuliah dan memulai dunia kerja. Seperti kita sudah bahas di artikel sebelumnya, di beberapa kampus, kamu akan diminta untuk menyelesaikan program kerja magang sebelum kamu memulai untuk menyusun skripsi. Biasanya kamu akan diberikan waktu rata-rata tiga sampai enam bulan magang di berbagai perusahaan yang sesuai dengan jurusanmu.

Nah, buat kamu yang masih bingung cari tempat magang, goKampus akan kasih 5 tips gimana cara mencari tempat magang yang oke buat mahasiswa, yuk cek artikel ini!

1. Carilah Tempat Magang Sesuai Passion

Meskipun program magang hanya sebagai salah satu persyaratan dari kampus, tapi kamu juga gak boleh main-main dalam memilih tempat magang, sebisa mungkin kamu harus melamar di perusahaan yang sesuai dengan jurusan dan passionmu. Misalnya kamu suka menulis tentang kesehatan dan kebetulan kamu kuliah di jurusan jurnalistik, maka kamu bisa mencari magang di berbagai perusahaan media atau startup yang memang fokus dengan dunia-dunia kesehatan. Hal ini bisa membantu kamu untuk berkembang dan bekerja di bidang yang memang kamu sukai loh!

2. Pertimbangkan Waktu Dan Durasi Kerja

Tips mencari magang untuk mahasiswa yang kedua adalah pertimbangkan waktu dan durasi jam kerja di tempat magang. Kamu harus berusaha untuk mencari kesempatan magang yang bisa disesuaikan dengan jadwal perkuliahan. Selain itu, penting juga nih buat kamu untuk mengetahui durasi magang di perusahaan agar kamu bisa merencanakan langkah selanjutnya setelah lulus kuliah nanti. Intinya harus seimbang ya!

tips magang mahasiswa

3. Pertimbangkan Lokasi Tempat Magang

Ini wajib banget kamu pertimbangkan, sebisa mungkin carilah lokasi magang yang masih bisa dijangkau dari rumah atau kampus dari segi transportasi, jangan cari yang terlalu jauh, karena nantinya kamu akan kesulitan jika ada urusan mendadak yang mengharuskan kamu untuk berangkat ke kampus atau pulang ke rumah.

Baca Juga : 5 Alasan Kenapa Magang Itu Penting Buat Mahasiswa

4. Pilih Perusahaan Yang Punya Peluang di Masa Depan

Di era industri 4.0 ini, sebisa mungkin kamu harus memilih perusahaan yang sudah familiar dengan dunia teknologi agar tidak ketinggalan. Hal ini bisa membantu kamu untuk bisa beradaptasi dengan teknologi dan dunia digital. Kamu bisa berkonsultasi dengan dosenmu untuk memilih apakah perusahaan yang kamu tuju adalah perusahaan yang bisa membantumu berkembang atau tidak.

5. Jangan Percaya Lowongan Kerja “Bodong”

Tips yang terakhir adalah kamu harus memastikan bahwa perusahaan yang kamu minati adalah perusahaan yang benar-benar terpercaya ya! Jangan mau tertipu dengan banyaknya lowongan kerja ‘bodong’ yang beredar di internet atau media sosial. Kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi pencari kerja yang terpercaya di Indonesia, atau langsung aja mengirimkan lamaran ke alamat email yang memang tertera di website perusahaan. 

Nah, gimana dengan 5 tips dari goKampus? Masih bingung mencari lowongan magang yang tepat buatmu? Semoga artikel dari goKampus bermanfaat untuk kamu, ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #PastiBisaKuliah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like