museum di jakarta
Tips Belajar

Galeri dan Museum di Jakarta Paling Hits di 2022

Bingung pilih museum di Jakarta yang cocok buat liburan akhir pekan? Gak heran sih kenapa kamu bingung. Soalnya, Jakarta memang punya julukan kota seribu museum. Yuk, cek rekomendasi museum di Jakarta paling hits yang bisa kamu kunjungi!

Museum di Jakarta yang Bisa Jadi Referensi

Ada banyak banget museum di Jakarta. Mulai dari yang menyimpan peninggalan zaman kerajaan, punya koleksi dari zaman penjajahan, hingga yang memajang aneka karya dari seniman hebat di dunia, semua ada di Jakarta, guys. Kalau kamu bingung memilih, tenang, goKampus punya referensi museum paling hits untuk kamu. 

1.  Art: 1 New Museum and Art Space

Art: 1 New Museum sebenarnya bukan museum baru. Museum ini sudah ada sejak 1983 dengan nama Mon Décor. Awalnya juga cuma galeri kecil yang berpindah-pindah tempat, seperti di Plaza Senayan, Wisma Mulia, hingga Grand Indonesia. Namun seiring waktu, koleksi seni mereka semakin banyak dan membutuhkan ruangan yang lebih besar. Sehingga pada 2011, berdirilah Art:1 di lahan seluas 4.000 meter yang berada di Jalan Rajawali Selatan, Gunung Sahari Utara, Sawah Besar, Jakarta Pusat. 

Di sini kamu nggak hanya melihat berbagai koleksi lukisan, patung, dan instalasi seni karya seniman top saja. Kamu juga bisa mengikuti beragam kegiatan seperti painting class, movie screening, holiday music, workshop identifikasi lukisan, pembersihan, hingga pelatihan penyelamatan koleksi ketika terjadi bencana. Seru banget, kan?

2. Galeri Indonesia Kaya

Galeri Indonesia Kaya merupakan ruang edutainment budaya yang berbasis teknologi digital. Mulai dari alat musik tradisional, mainan tradisional, baju adat, sampai informasi tentang kuliner, pariwisata, tradisi dan kesenian dikemas secara digital dan interaktif di tempat ini. Lokasinya ada di dalam Grand Indonesia. Di sini juga ada auditorium berkapasitas 150 orang yang sering mempertunjukkan tontonan budaya, seperti seni panggung, musik, pemutaran film, ataupu diskusi budaya, seminar dan workshop secara gratis.

3. BIASA Artspace

Galeri yang berdiri pada tahun 2005 ini awalnya untuk mempertemukan para seniman Jawa dan Bali. Seiring waktu, BIASA Artspace berkembang menjadi wadah bagi seniman untuk melakukan dialog dan interaksi dengan publik. Pameran di sini merupakan hasil kolaborasi seniman dalam dan luar negeri, serta institusi pemerintahan secara berkala. Galeri ini berada di gedung BIASA di Jalan Kemang Raya 20, Jakarta Selatan. 

4. Museum Macan

Nama Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau yang lebih sering disebut dengan Museum Mancan, terletak di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Museum ini sedang hits di kalangan anak muda karena punya berbagai macam spot keren dan canggih. Salah satunya spot berisi lampu kerlap-kerlip indah atau yang dikenal dengan infinity spot. Di sini selain cocok untuk edukasi, juga bisa dijadikan sebagai wahana rekreasi. 

5. Museum Nasional

Di antara banyak museum di Jakarta, kamu wajib mencoba datang ke Museum Nasional. Letaknya berada di tengah-tengah Kota Jakarta yang berseberangan dengan Monas dan Stasiun Gambir. Museum Nasional Indonesia memiliki arsitektur yang sangat indah. Terdapat aneka benda peninggalan sejarah Indonesia beserta informasi lengkapnya. Munas juga biasa dijadikan tempat langganan study tour, pameran, hingga liburan singkat.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Jakarta Terbaru yang Pas Buat Healing

Nah, itulah beberapa museum dan galeri yang hits banget di kalangan anak muda. Gak nyangka kan kalau museum ternyata juga bisa Instagramable? Liburanmu jadi anti mainstream dan kamu juga bisa mendapatkan banyak pengetahuan berfaedah. Kalau kamu sudah pernah ke mana nih? 

Ngomongin soal destinasi wisata seperti museum, jangan lupa untuk kembangkan kemampuan komunikasi kamu, terutama dalam bahasa Inggris. Apalagi kalau kamu tertarik berkarier menjadi tour guide, nih.

Yuk, ikutan kelas Cepat Cakap Inggris Khusus Pemandu Wisata di sini untuk mengasah dan mempertajam kemampuan bahasamu. Jangan lupa pakai kode voucher GOCAKAP untuk dapat diskon hingga Rp30 ribu untuk pembelian kelas minimal Rp250 ribu.

Psst, kode voucher tersebut bisa kamu gunakan untuk lebih dari 1 kelas, loh. Buruan upgrade kemampuan bahasamu sekarang atau explore kelas Cakap lainnya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *