konferensi pers
Kategori Kelas

Yuk, Kenali Tujuan dan Alasan Pentingnya Konferensi Pers!

Ketika akan melakukan kegiatan, biasanya perusahaan akan membuat konferensi pers (press conference) kepada para awak media. Begitu juga dengan penyanyi yang baru saja mengeluarkan lagu atau album baru. Tak jarang pula, pihak yang lagi mengalami kejadian cukup menghebohkan juga mengadakan press conference untuk memberitahukan informasi atau memberikan klarifikasi. Hmm, sebenarnya apa konferensi pers itu? Apa tujuannya dan seberapa penting hal tersebut? Yuk, pahami lebih jauh di artikel ini!

Apa Itu Konferensi Pers?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konferensi pers adalah pertemuan pers yang diadakan oleh tokoh untuk memberitahukan hal yang penting di hadapan wartawan dan utusan kantor berita lainnya yang akan media massa sebar luaskan.

Mengutip dari buku “Jurnalisme Dasar: Panduan Praktis Para Jurnalis” karya Asti Musman dan Nadi Mulyadi (2017), press conference adalah pernyataan oleh seseorang yang mewakili suatu lembaga tentang kegiatannya kepada para jurnalis.

Biasanya, penyelenggara press conference adalah pejabat pemerintah, tokoh politik dan masyarakat, hingga pimpinan lembaga atau perusahaan. Setelah melakukan press conference, pihak penyelenggara akan memberikan waktu untuk sesi tanya jawab antara jurnalis dengan narasumber sehingga informasi atau pernyataan tersebar dengan tuntas.

Baca Juga: 5 Fungsi Pers di Indonesia, Kamu Sudah Tahu Belum?

Kenapa Press Conference Dibutuhkan?

Tujuan konferensi pers tentu untuk membagikan informasi atau pernyataan yang penting kepada para jurnalis atau awak media agar dapat tersebar melalui media massa. Dengan begitu, publik dapat mengetahui informasi mengenai kegiatan, acara, atau hal lain yang pihak tersebut lakukan.

Mengutip dari buku “Manajemen Event” karya Sa’diyah (2020) terdapat dua alasan utama di balik konferensi pers. Alasan pertama adalah agar pihak penyelenggara sebagai narasumber dapat menjawab pertanyaan yang media ajukan secara langsung dan tuntas sehingga tak perlu menjelaskan berulang kali melalui telepon. Alasan lainnya adalah untuk menarik perhatian media sehingga media akan memberitakan isi dari press conference seluas-luasnya kepada masyarakat.

Biasanya terdapat beberapa informasi dalam konferensi pers kepada para media. Informasi tersebut meliputi:

  1. Menyampaikan kinerja suatu perusahaan atau lembaga.
  2. Menyangkal gosip atau berita miring.
  3. Mempromosikan informasi terkait produk terbaru.
  4. Menyampaikan peningkatan layanan baru.
  5. Menyampaikan kampanye kemasyarakatan dan masih banyak lainnya.

Itulah penjelasan tentang press conference. Ternyata press conference memiliki peran yang sangat penting untuk menyebarluaskan informasi. Oh iya, apakah kamu tertarik menjadi anggota pers? Atau kamu masih explore profesi lainnya?

Tahukah kamu kalau relevansi kemampuan lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan industri masih berada di kisaran 64% berdasarkan Future of Jobs Report, World Economic Forum 2020?

Sambil mempersiapkan diri kamu untuk terjun ke dunia kerja, kamu bisa ambil kelas Nanyang Technological University Singapore di goKampus. Ada beragam pilihan kelas yang bisa kamu ikuti dari mana saja secara online PLUS dapat sertifikat profesional berlisensi dari kampus ternama di Asia dengan biaya terjangkau, cukup Rp700 ribu/bulan. Kalau kamu tertarik, bisa sign up sekarang atau cek kelas NTU di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *