daftar kuliah online
FAQ goKampus Tips Belajar Upskill

Persyaratan Dan Jadwal Pengumuman SNMPTN 2021

Persyaratan Dan Jadwal Pengumuman SNMPTN 2021 – Hai calon mahasiswa baru! Buat kamu yang lagi sibuk banget untuk mencari kampus yang tepat dan sedang berlomba-lomba untuk bersaing dengan calon maba se-Indonesia gimana rasanya? Banyak banget cara yang bisa kamu gunakan untuk bisa mendaftarkan diri untuk masuk ke jurusan dan kampus yang memang kamu inginkan loh. Langkah awalmu untuk masuk ke perguruan tinggi bisa dimulai dengan daftar dan mengikuti Jalur Undangan atau SNMPTN, Jalur Tes atau SBMPTN, Jalur Mandiri, dan juga Jalur Mahasiswa.

Kali ini, goKampus akan mengajak kamu untuk bisa membahas lebih lanjut tentang pengertian SNMPTN 2021 serta jadwal SNMPTN 2021. Cek artikel ini ya!

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan mekanisme pendaftaran SNMPTN 2021. Proses pendaftaran jalur undangan dan SNMPTN 2021 akan dimulai pada Januari 2021. Nah, untuk para peserta yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) harus melewati seleksi yang paling familiar nih yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang biasa disingkat dengan SNMPTN.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang SNMPTN 2021, cari tau dulu yuk apa aja sih fakta-fakta tentang SNMPTN!

1. Jalur Masuk PTN Tanpa Tes

SNMPTN merupakan jalur masuk PTN tanpa tes atau yang biasa dikenal dengan Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK). Seluruh Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia mengundang siswa-siswi terbaik di sekolah untuk bisa masuk kuliah. 

2. Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online

Pendaftaran SNMPTN 2021 dilakukan secara online melalui halaman portal.itmpt.ac.id , setiap peserta wajib memiliki akun LTMPT dengan melakukan registrasi akun. Tahapannya dari pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa), pemeringkatan siswa oleh sekolah, pengumuman peserta yang eligible untuk mendaftar SNMPTN.

3. Sistem penilaian berdasarkan prestasi

Gak semua siswa bisa menjadi peserta SNMPTN, pastinya kamu akan diseleksi dari sekolah berdasarkan beberapa kriteria yaitu akreditas sekolah dan nilai rapor semester 1-5. Jumlah SMA dengan akreditasi A akan diberikan kuota sebanyak 40 persen siswa terbaik.

Jumlah SMA dengan Akreditasi B akan diberikan kuota 25 persen siswa terbaik dan jumlah SMA dengan akreditasi C akan diberikan kuota 5 persen siswa terbaik. Penilaian berdasarkan prestasi meliputi nilai raport dari semester 1-5.

instan approval 1jam diterima
instan approval 1jam diterima

4. Mata Pelajaran

Mata pelajaran yang dinilai yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, dan Biologi untuk jurusan IPA. Untuk jurusan IPS yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi.

Untuk jurusan Bahasa yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan bahasa asing lainnya. Sementara untuk mata pelajaran SMK yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, serta mata pelajaran teori dan praktik pada penjurusan masing-masing.

5. SNMPTN khusus untuk lulusan di tahun yang sama

Peserta yang diperbolehkan mengikuti SNMPTN adalah siswa-siswi yang lulus sekolah di tahun penyelenggaraan SNMPTN. Jadi, kalo SNMPTN 2021, maka hanya bisa diikuti oleh siswa lulusan tahun 2021.

Baca Juga: Persyaratan Dan Jadwal SBMPTN 2021

A. Persyaratan SNMPTN 2021

1. Persyaratan Sekolah

  • SMA/MA/SMK yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
  • Ketentuan Akreditasi.
  • Akreditasi A: 40% terbaik di sekolahnya.
  • Akreditasi B: 25% terbaik di sekolahnya.
  • Akreditasi C dan lainnya: 5% terbaik di sekolahnya
  • Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

2. Persyaratan Peserta

  • Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.
  • Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS.
  • Memiliki nilai raport semester 1 sampai semester 5 yang telah diisikan di PDSS dan peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.

3. Pilihan Program Studi

  • Setiap siswa bisa memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN.
  • Jika siswa memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, siswa dapat memilih PTN yang berada di provinsi manapun.
  • Disarankan untuk siswa agar tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN yang dituju).

B. Tahap Pendaftaran SNMPTN 2021

  1. Pengumuman kuota oleh LTMPT (bagi sekolah yang sesuai dengan akreditasi dan jumlah siswa)
  2. Registrasi akun LTMPT bagi sekolah (bagi sekolah yang belum memiliki akun LTMPT wajib registrasi akun LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id
  3. Registrasi akun LTMPT bagi siswa (wajib bagi semua siswa kelas 12 melalui https://portal.ltmpt.ac.id)
  4. Sekolah menentukan calon peserta (berdasarkan data LTMPT dari jumlah siswa dan akreditasi di Dapodik-PUSDATIN Kemdikbud atau EMIS-Pendis Kemenag)
  5. Pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa)
  6. Melakukan pendaftaran SNMPTN.
  7. Memilih PTN dan Program Studi (Pendaftar hanya dapat memilih paling banyak 2 PTN).
  8. Pengunggahan portofolio (wajib bagi siswa yang memilih program studi bidang seni dan olahraga)
  9. Seleksi jalur SNMPTN (berdasarkan kriteria masing-masing PTN).
  10. Pengumuman hasil SNMPTN.
  11. Daftar ulang (sesuai dengan PTN dan sesuai dengan PTN tempat calon mahasiswa dinyatakan diterima).

Terkait dengan pengumuman kuota akan dilakukan pada 28 Desember 2020. Layanan masa sanggah tentang kuota paling lambat hari Jumat, 15 Januari 2020 pukul 15.00 WIB.

C. Jadwal Kegiatan SNMPTN 2021

KegiatanWaktu
Peluncuran sistem PMB 20214 Januari 2021
Registrasi Akun LTMPT4 Januari 2021 – 1 Februari 2021
Registrasi Akun LTMPT4 Januari 2021- 1 Februari 2021
Penetapan siswa yang eligible oleh sekolah4 Januari 2021- 1 Februari 2021
Pengisian PDSS11 Januari 2021 – 8 Februari 2021
Pendaftaran SNMPTN15-24 Februari 2021
Pengumuman Hasil SNMPTN22 Maret 2021

Nah, kalau misalnya saja kamu gak berhasil di jalur undangan atau SNMPTN, jangan putus asa dulu! Ada banyak jalur loh untuk kamu tetap bisa masuk ke universitas swasta yang kamu inginkan dengan menggunakan aplikasi goKampus. Yuk cek daftar 5 kampus swasta terbaik versi goKampus!

1. Universitas Surabaya (Ubaya)

Ubaya memiliki kualitas akreditasi A dan kredibilitas yang tinggi dalam pembelajarannya. Selain itu, Ubaya juga memiliki banyak fakultas yang bisa jadi pilihan buat para pelajar di Indonesia, bahkan jenjang pendidikannya dari S1-S3 ada loh di Ubaya. 

Ubaya juga memiliki banyak prestasi di kampus misalnya seperti dari segi non akademik bahkan sampai penghargaan green campus. 

Ubaya juga memiliki fasilitas kampus yang mendukung dan menunjang pembelajaran mahasiswanya. Ubaya memiliki tiga kampus yang memang dilengkapi dengan fasilitas keren yang berguna sesuai fungsinya, misalnya saja kampus tiga Ubaya yang ada d daerah Trawas juga dipusatkan sebagai sarana belajar outdoor.

Ubaya juga memiliki program belajar reguler dan internasional, kamu bisa berkesempatan untuk ikut program Study Abroad Programme, Double Degree Program, penelitian bersama, penulisan jurnal internasional, studi banding, dan lain-lainnya. Cari tau tentang Ubaya di halaman ini ya!

2. London School of Public Relations (LSPR)

LSPR merupakan perguruan tinggi komunikasi terbaik di Indonesia, kiprah LSPR di bidang komunikasi gak perlu kamu ragukan lagi karena LSPR juga mendapatkan banyak penghargaan di sebagai best of the best Indonesia School of Communication sejak 2014 dan 2015.

LSPR juga bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi dari berbagai negara seperti Coventry University (UK), European Business School (Germany), Hotel Institute Montreux (Switzerland), Sogang University (South Korea dan masih banyak lagi!

LSPR memiliki pilihan bidang studi yang prospektif dimana selain menawarkan program ilmu komunikasi, LSPR juga terkenal dengan program studi di fakultas bisnisnya yang memang menghasilkan berbagai lulusan yang siap berkarir di bidang entrepreneurship.

Dan yang terakhir yang paling terkenal adalah LSPR kampusnya para public figure, beberapa artis yang menghiasi hiburan tanah air seperti Prilly Latuconsina, Alyssa Soebandono, Ayushita, Sandra Dewi semuanya merupakan lulusan dari jurusan bergengsi di LSPR loh!

Ada juga beberapa lulusan LSPR yang menjadi influencer di Indonesia seperti Rachel Vennya dan Paula Verhoeven. Masih ragu untuk bergabung menjadi mahasiswa di LSPR? Kunjungi halaman ini yuk untuk cari informasi mengenai LSPR!

3. President University

President University merupakan salah satu universitas di Indonesia yang terkenal dengan banyak anak-anak internasionalnya loh karena 100% menggunakan bahasa Inggris selama proses pembelajaran. 

Mahasiswa PresUniv banyak juga menerima mahasiswa dari luar negeri seperti China, Vietnam, Korea, dan lain-lainnya jadi bakal seru banget interaksi kamu bersama teman-teman kampus.

Selain itu, PresUniv juga memiliki program Double Degree karena kurikulum yang digunakan adalah standar internasional, sehingga kalau kamu menjadi lulusan mahasiswa PresUniv, kamu bisa memilih gelar sarjana atau Bachelor seperti lulusan luar negeri. Kunjungi halaman ini yuk!

4. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Kampus UPH memiliki tiga kampus yang berada di Jakarta, Medan, dan Surabaya, dan di ketiga kota ini, kampus UPH paling diminati oleh para pelajar! Kampus UPH juga menjalin kerjasama dengan perusahaan untuk membantu kamu berkonsultasi soal karir di masa depan. 

Jadi selain kamu fokus untuk belajar, kamu juga akan difokuskan untuk mencari koneksi nantinya. Selain akademik, kegiatan non-akademiknya juga gak kalah nih, berbagai fasilitas olahraga di UPH bisa dikatakan terbaik untuk menunjang kegiatan mahasiswa. Cek halaman ini buat cari tau informasi tentang UPH ya!

5. Universitas Tarumanagara (Untar)

Universitas Tarumanagara (Untar) bisa jadi salah satu pilihan utamamu nih! Ada alasan kenapa kamu harus memilih Untar sebagai jalur kedua kalau kamu gagal di SBMPTN.

Yang pertama adalah Untar termasuk tiga besar universitas swasta terbaik di Jakarta loh, Universitas Tarumanagara mendapatkan Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. 

Seluruh fakultas dan fasilitas di Untar sudah memadai banget nih guys, mulai dari gedung olahraga indoor sampai perpustakaan yang layak. Gak hanya itu, UNTAR juga termasuk 3 perguruan tinggi terbaik di Jakarta loh! Keren banget kan!

Yang kedua Untar memiliki 8 fakultas yang terdiri dari fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas hukum, fakultas teknik, fakultas teknologi informasi, fakultas kedokteran, fakultas psikologi, fakultas seni rupa dan desain, dan fakultas ilmu komunikasi. 

Selain itu, UNTAR juga memiliki tiga program sarjana loh dari gelar S1, Gelar Magister, dan Gelar Doktor. Mana nih fakultas yang jadi incaran kamu?

Yang ketiga, akses transportasi ke Untar termasuk mudah loh! Lokasi kampus Untar berada di lokasi strategis dan banyak akses untuk kendaraan umum seperti bus, angkutan kota, hingga busway. Kunjungi halaman ini untuk cari tau lebih lanjut ya!

Kamu bisa klik halaman ini untuk mencari informasi lebih lanjut tentang SNMPTN dan kampus-kampus yang bisa kamu daftarkan melalui aplikasi goKampus. Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *