makanan buka puasa
Tips Belajar

Catat, Ini Makanan Buka Puasa yang Sebaiknya Kamu Hindari!

Selama bulan Ramadan, siapa sih yang gak menunggu-nunggu waktu berbuka puasa? Saat menuju waktu berbuka puasa, biasanya kamu akan menemukan banyak penjual makanan buka puasa atau takjil. Setelah menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 13 jam, rasanya ingin sekali membeli semua makanan dan minuman. Eitss, tunggu dulu! Jangan-jangan, kamu hanyalah “lapar mata”!

Makanan Buka Puasa yang Sebaiknya Kamu Hindari

Agar kamu tetap fit selama berpuasa di bulan Ramadan, kamu harus tahu apa saja jenis makanan buka puasa maupun minuman yang sebaiknya kamu hindari. Hal ini karena jika kamu konsumsi dalam keadaan perut yang kosong, hanya akan membuat tubuhmu sakit dan gak baik untuk kesehatan. Mengutip dari Hello Sehat, inilah daftar makanan buka puasa maupun minuman yang harus kamu hindari untuk buka puasa!

1. Makanan buka puasa yang pedas

Sebagian orang mungkin memang gak bisa lepas dari makanan pedas. Namun, kamu gak boleh langsung mengonsumsi makanan pedas saat berbuka puasa. Hal ini karena mengonsumsi makanan pedas saat perut kosong hanya akan melukai lapisan lambung dan usus. Mengonsumsi makanan pedas saat berbuka puasa dapat membuat kamu sakit perut dan menyebabkan rasa nyeri, seperti terbakar di ulu hati. Jadinya kamu gak nyaman, kan?

2. Makanan dengan kadar gula tinggi

Memang, takjil identik dengan kudapan manis untuk berbuka puasa. Namun, kamu juga perlu hati-hati karena makan manis secara berlebihan dapat mengakibatkan gula darah yang meningkat dan gak stabil. Terlebih, jika gak ada kandungan gizi lainnya dalam makanan manis tersebut. Makanan manis juga dapat meningkatkan nafsu makanmu lebih banyak, mudah haus, berat badan naik dan kadar gula darah melonjak.

3. Makanan berat

Perut dalam keadaan kosong dapat menjadi lebih sensitif. Kamu gak disarankan untuk langsung menyantap makanan berat ketika berbuka puasa. Hal ini karena dapat memicu terjadinya gangguan pencernaan, seperti kembung, begah, mual hingga muntah. Sebaiknya kamu mengonsumsi makanan berat 20 menit setelah makan makanan pembuka yang ringan, ya!

4. Gorengan

Siapa nih yang suka berbuka puasa dengan gorengan? Gorengan memang merupakan makanan buka puasa yang populer. Namun, tahukah kamu jika makan gorengan yang berlebihan dapat meningkatkan produksi asam lambung? Selain itu, gorengan juga mengandung banyak kalori dan tinggi lemak sehingga akan membuat tubuh lambat memproses. Makanan yang mengandung lemak tinggi juga dapat membuat berat badan naik.

5. Minuman berkafein dan bersoda

Minuman berkafein dan bersoda memang bisa membuat kita lebih segar. Namun, jika kamu minum saat perut dalam keadaan kosong, tentu ini akan berbahaya. Minum kopi saat perut kosong dapat membuat lapisan lambung menjadi iritasi dan meningkatkan produksi asam lambung. Jika sudah parah, risiko untuk terkena penyakit GERD (gastroesophageal reflux disease) atau penyakit asam lambung menjadi lebih tinggi. Sementara itu, kandungan asam berkarbonasi pada minuman bersoda dapat menyebabkan perut kembung dan mual juga.

Makanya nih guys, kita sebaiknya mengonsumsi makanan yang bernutrisi saat berbuka puasa sehingga badan akan tetap fit, sehat dan jauh dari penyakit. Jangan lupa berbuka dengan secukupnya karena sesuatu yang berlebihan itu gak baik bagi tubuh.

Baca Juga: Inilah Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2021, 2022, 2023 Hingga Seterusnya

Oh iya, selama bulan puasa, kamu bisa mengisi waktumu dengan ikutan kelas eksklusif dari Nanyang Technological University, loh. Agar gak bosan menunggu waktu berbuka puasa atau bingung melakukan kegiatan apa setelah sahur, yuk cari kelas yang kamu minati dan ikutan kelasnya dengan klik di sini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *