perpustakaan umum
Tips Belajar

5 Rekomendasi Perpustakaan Umum di Jakarta dan Sekitarnya

Punya hobi baca tapi nggak punya uang untuk beli buku? Tenang, ada solusinya yaitu dengan mengunjungi perpustakaan buat kamu yang gemar membaca. Untuk kamu yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, inilah 5 perpustakaan umum yang membuka pintu bagi jutaan buku untuk dibaca olehmu.

Baca Juga: Apa Tugas Pustakawan? Yuk, Kenali Perannya!

Perpustakaan Nasional

Terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan No.11, gedung Perpustakaan Nasional (Perpusnas) terlihat mentereng. Gedung yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 14 September 2017 ini menjulang hingga 126,3 meter dengan 27 lantai, termasuk tiga lantai parkir di basement

Kerennya, gedung Perpusnas merupakan gedung perpus tertinggi di dunia. Enggak hanya tinggi, gedung yang menghabiskan anggaran sebesar Rp465,2 miliar ini  juga mengusung konsep efisiensi energi yang canggih.

Perpusnas adalah Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang perpustakaan. Tempat ini berfungsi sebagai perpustakaan pembina, rujukan, deposit, penelitian, pelestarian, dan pusat jejaring.

Selain menjadi tempat koleksi buku, Perpusnas juga memiliki berbagai fasilitas lainnya seperti ruang teater, layanan audiovisual, area budaya baca, data center, layanan koleksi buku langka, serta menjadi lokasi kantor Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia. 

Berbagai naskah kuno, monograf, buku-buku langka, peta, lukisan, hingga foto-foto dan video-video, serta koran dan majalah yang memiliki nilai sejarah juga ada di sini.

Perpus UI

Perpustakaan ini berlokasi dalam kampus Universitas Indonesia di Depok. Luasnya mencapai 2,5 hektar dengan koleksi mencapai 5 juta buku. Saking banyaknya koleksi buku di dalamnya, perpus ini punya nama The Crystal of Knowledge (Kristal Pengetahuan).

Menariknya, nggak hanya mahasiswa UI yang bisa memanfaatkan fasilitas dan layanannya. Pengunjung luar UI memang enggak bisa jadi anggota dan meminjam buku keluar, tapi mereka dapat membaca di tempat.

Fasilitas di dalamnya bukan sekadar koleksi buku, lho! Ada ruang terbuka hijau di sekitar danau Rektorat UI, restoran, kafe, kedai kopi, bahkan tempat nge-gym. Wah, sudah seperti mall saja, ya.

Perpustakaan Kemdikbud

Perpustakaan ini berlokasi cukup strategis, tepatnya di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan. Kamu yang berdomisili di Jakarta pasti tahu Mall FX Sudirman kan? Nah, Perpustakaan Kemdikbud berlokasi di sebelah mall FX, tepatnya di dalam kompleks gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Namanya milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tentu saja tempat ini cocok untuk kamu yang ingin mempelajari kebudayaan Indonesia. Meski kepemilikannya oleh Kemdikbud, warga dengan KTP Jabodetabek bisa menjadi anggota dengan membayar biaya keanggotaan.

Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta

Ada dua Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta. Yang pertama berlokasi di Kuningan, Jakarta Selatan. Terletak di tengah hutan beton Kuningan, perpus ini memiliki koleksi bacaan lengkap untuk anak-anak, remaja, dan dewasa. Perpus ini juga sering menjadi tempat lokasi acara edukatif dengan aula berkapasitas 50-150 orang. 

Sementara, Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta yang satu lagi berlokasi di dalam Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat. Terdiri dari 3 lantai, di lantai 1 ada koleksi buku fiksi dan nonfiksi. Lantai 2 merupakan playground untuk anak-anak. Sementara di lantai 3 ada referensi khusus yang hanya bisa dibaca di tempat.

Ternyata banyak juga ya rekomendasi perpustakaan untuk kamu yang hobi baca. Menjadi seorang yang banyak membaca buku juga menjadi modal yang bagus untuk menjadi penulis andal, lho

Menarik ya? Tergoda kuliah di Jurusan Perpustakaan? Daftar kuliahnya di goKampus ya! Soalnya, di goKampus ada program beasiswa senilai total Rp10 miliar. Kamu juga bisa dapat CASHBACK hingga Rp500.000 untuk setiap pendaftaran melalui Instant Approval di aplikasi goKampus. Penasaran? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *