motivasi belajar online
Upskill

Penyebab Hilangnya Motivasi Belajar Online! Gimana Cara Mengatasinya?

Motivasi belajar online sangat dibutuhkan belakangan ini. Kurangnya pengawasan saat kegiatan belajar membuat peserta didik jadi malas-malasan, bahkan kehilangan motivasi. Hal ini tentu berbahaya bagi generasi muda mengingat persaingan di masa depan akan semakin kompetitif. Jika dibiarkan, bukan gak mungkin pendidikan yang mereka terima jadi gak maksimal.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar online. Faktor-faktor inilah yang biasanya membuat siswa atau mahasiswa cenderung malas mengikuti pelajaran. Apa saja? Simak yuk. 

Faktor Penyebab Kehilangan Motivasi Belajar Online

1. Proses Belajar Monoton

Ketika proses belajar terlalu monoton, besar kemungkinan peserta didik akan cepat bosan. Suasana belajar jadi kurang menyenangkan sehingga rasa malas akan menyerang dengan mudah. Siswa juga bisa kehilangan fokus sehingga membuatnya gampang ketinggalan pelajaran. 

2. Suasana Lingkungan Kurang Mendukung

Saat suasana lingkungan sekitar kurang kondusif, gak butuh waktu lama untuk membuat siswa kehilangan motivasinya. Suasana kurang kondusif tersebut misalnya terlalu bising, banyak gangguan yang mengalihkan perhatian, tempatnya enggak nyaman seperti berantakan, kotor, bau, dan lain-lain. 

3. Fasilitas Kurang Mendukung

Kurangnya fasilitas dan perlengkapan yang memadai, ambil contoh gadget, juga bisa jadi faktor siswa kehilangan motivasinya. Apalagi kalau laptopnya mulai sering rusak. 

Agar tetap termotivasi saat belajar online, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Cara-cara di bawah ini setidaknya dapat menjaga mood kamu saat belajar, meski bukan tatap muka secara langsung. Ini tipsnya: 

Tips Agar Tetap Termotivasi

1. Ubah Gaya Belajar

Kamu perlu tahu bahwa masing-masing orang itu punya gaya belajarnya sendiri. Selain itu, setiap metode atau gaya belajar juga ada kekurangan dan kelebihannya. Jadi gak ada salahnya kalau tentukan dulu kamu tipe yang seperti apa, apakah visual, audiotori, atau kinestetik. Kemudian sesuaikan dengan materi yang sedang dipelajari saat kelas online berlangsung.

2. Bikin Agenda Belajar

Tips meningkatkan motivasi belajar online berikutnya adalah membuat agenda belajar yang jelas. Agenda belajar yang detail akan membuat kamu mudah mengatur waktu dan materi yang harus dipelajari di rumah. Selain itu, kamu juga bisa lebih berkonsentrasi dan fokus. Dengan agenda, waktu belajar kamu juga bisa lebih efisien.

3. Hindari Gangguan Belajar

Pintar-pintarlah menciptakan suasana belajar yang nyaman. Tanam komitmen menggunakan gadget pada waktunya. Jika waktunya belajar ya tinggalkan media sosial sementara. 

Jika lingkungan sekitar mengganggu, komunikasikan dengan anggota keluarga. Pastikan kondisi rumah juga sudah kondusif. Misalnya bersihkan rumah sebelum dan sesudah belajar, sehingga kamu akan merasa lebih nyaman. 

4. Cari Sumber Belajar Dari Berbagai Tempat

Kamu bisa mencari sumber informasi atau belajar dari tempat lain dengan memanfaatkan aplikasi belajar online. Dengan begitu, pengalaman belajar kamu jadi tidak monoton. Saat ini sarana belajar online sudah semakin bervariasi. Bahkan ada yang dalam bentuk animasi, video, ataupun cerita bergambar. Semakin banyak kamu mendapatkan referensi, maka semakin banyak pula ilmu yang kamu dapatkan.

Baca Juga: Manfaat Ikut Kelas Profesional di Aplikasi Belajar Online

5. Atur Waktu Istirahat

Terlalu lama di depan layar memang bisa melelahkan mata. Maka dari itu, atur waktu istirahat pada waktunya. Dengan istirahat, kamu bisa meningkatkan motivasi belajar online dengan baik. Ingat, belajar tiada henti juga akan membuat otak dan tubuh jadi lebih mudah lelah. Apabila kondisi badan gak fit, kamu akan mudah terserang penyakit. Jadi manfaatkan waktu istirahat ya. 

Itulah beberapa tips agar motivasi belajar online bisa terus terjaga. Usahakan agar kamu tetap termotivasi. Tanamkan pada diri sendiri bahwa masa depan dimulai dari sekarang. Ingatkan dirimu, bahwa kamu punya mimpi dan keinginan. Jadi, yuk terapkan motivasi belajar online sekarang. 

Kamu juga bisa mengikuti kelas-kelas menarik yang dapat menambah pengetahuan kamu di goKampus. Di goKampus, kamu bisa upgrade skill dengan mengikuti kelas-kelas bergengsi bersama para ahli di bidangnya. 

Untuk tahu ada kelas online apa saja yang menarik di goKampus klik di sini. Dapatkan promo menarik dan program cicilan ringan biar belajar online lebih hemat dan membuat kamu makin termotivasi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *