belajar mandiri
Tips Belajar

Cara Belajar Mandiri yang Efektif, Wajib Kamu Coba!

Selama pandemi Covid-19, banyak hal yang berubah, salah satunya cara belajar. Jika sebelumnya kita belajar di kampus atau bahkan mengikuti course secara tatap muka, selama pandemi kita mendadak harus serba online dan bahkan terbiasa belajar mandiri. Nah, agar belajar mandiri kamu semakin efektif, yuk ketahui cara-caranya di artikel ini!

Apa Itu Belajar Mandiri?

Gak terasa ya memang, kita sudah hidup berdampingan dengan Covid-19 selama dua tahun lebih, loh. Akibatnya, banyak hal yang berubah dan kita pun harus beradaptasi dengan kondisi tersebut. Mau gak mau, kita harus bisa belajar mandiri. Namun, apa sih belajar mandiri itu?

Mengutip dari web Universitas Terbuka, belajar mandiri itu gak sama dengan belajar sendiri, loh. Belajar mandiri adalah proses yang individu lakukan secara inisiatif untuk menentukan rencana, tujuan, strategi, hingga sumber dalam memperoleh ilmu dan pengetahuan. Sumber untuk memperoleh ilmu dan pengetahuan ini bisa kita dapat dari kamus, buku, literatur pendukung, media massa, perpustakaan, informasi di internet dan sebagainya. 

Kita bisa mencari dan memilih sumber informasi yang kita butuhkan dalam proses belajar atau memperoleh ilmu dan pengetahuan. Namun, selama pandemi, internet menjadi salah satu sumber yang mendukung kita belajar mandiri secara online

Selain memperoleh pengetahuan melalui sumber-sumber yang sudah goKampus sebutkan sebelumnya, kita juga bisa belajar mandiri dengan berdiskusi dengan teman atau mencari bantuan dari yang lebih ahli, seperti mengikuti course dengan pengajar berpengalaman secara online

So, saat mulai belajar mandiri, kamu gak cuma belajar sendiri, tetapi kamu mampu mengenali kapan kamu membutuhkan diskusi maupun bantuan dari ahlinya, seperti dosen, pengajar, teman, dan sebagainya. Dengan begitu, kamu pun dapat belajar mandiri secara efektif. 

Lalu, Gimana Cara Belajar Mandiri secara Efektif?

Kita semua tentu ingin bisa belajar mandiri secara efektif. Namun, pertanyaan yang mungkin muncul selanjutnya adalah gimana sih supaya efektif? Tenang, goKampus kasih tahu kamu caranya. Apa saja sih? Yuk, cek satu per satu!

1. Tentukan tujuanmu saat belajar

Cara belajar ini penting kamu lakukan. Dengan menentukan tujuan, kamu pun akan termotivasi untuk mencapainya. Misalnya, kamu punya pertanyaan seputar search engine optimization (SEO), lalu kamu memutuskan belajar mandiri mengenai hal itu karena ini akan berguna untuk kariermu ke depannya. 

Di hari-hari tertentu, mungkin kamu merasa semangat untuk belajar. Namun, hari lainnya kamu justru merasa gak semangat. Gak apa-apa guys, itu normal. Saat semangat belajarmu turun, cobalah untuk mengingat tujuanmu agar kembali termotivasi untuk belajar. 

2. Jangan lupa tentukan target yang realistis

Supaya belajar kamu efektif, usahakan untuk menentukan target yang realistis. Hal ini akan membantu kamu lebih fokus untuk mencapai target tersebut. Misalnya, kamu mengambil training seputar digital marketing dan akan ada penilaian di akhir. Kamu bisa menargetkan nilai yang realistis pada setiap course yang kamu jalani, seperti nilai A- untuk course SEO, B untuk content marketing, dan sebagainya. 

3. Usahakan mengatur waktu dan lakukan secara teratur

Saat belajar mandiri, kamu tentu harus disiplin dalam mengatur dan membagi waktu. Dengan belajar secara teratur, kamu akan lebih konsisten, terbiasa, dan maksimal mengembangkan diri kamu. 

4. Mulai banyak membaca

Membaca gak hanya meningkatkan pengetahuan kamu, tetapi juga membuatmu semakin penasaran dan ingin mengulik serta mendalami topik tertentu, loh. Kamu bisa membaca artikel di internet, buku, hingga e-book untuk meningkatkan pemahaman kamu dan menjawab rasa penasaranmu dari pertanyaan yang mungkin muncul di benakmu. 

5. Cobalah ikut kelas online dan berdiskusi

Ilmu dan pengetahuan gak cuma kita dapat dari buku, tetapi bisa juga dari pengalaman atau pengetahuan yang orang lain miliki, seperti pengajar. Jika kamu penasaran dengan suatu topik dan ingin mendalaminya, cobalah ambil kelas dan berdiskusilah dengan pengajar atau bahkan peserta kelas online lainnya. Dengan berdiskusi, kamu akan mendapat beragam insight yang mungkin bisa menjawab rasa penasaranmu.

Baca Juga: 7 Tips Belajar Online yang Efektif dan Menyenangkan

Mengikuti dan Menyelesaikan Kelas Online Tepat Waktu

Terkadang, rasanya memang malas sekali untuk menyelesaikan kelas sesuai dengan timeline. Namun, mengikuti dan menyelesaikan kelas atau course tepat pada waktunya bermanfaat juga untuk diri kamu sendiri, loh. Gak cuma menjadi lebih disiplin dan terbiasa untuk konsisten, kamu juga bisa mendapat sertifikat setelah kamu berhasil menyelesaikan course.

Nah, buat kamu yang punya agenda online course yang harus selesai tepat pada waktunya, sudah saatnya membuat jadwal dengan menggunakan online calendar. Salah satu tool yang bisa kamu gunakan sebagai pengingat untuk mengikuti atau menyelesaikan couse yang kamu ambil adalah Google Calendar.

Google Calendar adalah tool manajemen waktu dan penjadwalan oleh Google yang bisa kamu gunakan untuk membuat jadwal meeting untuk diskusi hingga pengingat online course maupun kegiatan lainnya.

Cara Menggunakan Google Calendar

Agar bisa ikut kelas di goKampus hingga menyelesaikan course secara tepat waktu, kamu bisa memanfaatkan dan menggunakan Google Calendar sebagai pengingat. Berikut cara menambahkan jadwal course yang perlu kamu ketahui!

1. Membuat jadwal meeting untuk diskusi jika perlu

Kamu bisa membuat jadwal online meeting untuk diskusi misalnya dengan temanmu dengan tool ini, loh. Saat membuat event atau jadwal meeting, Google Calendar menyediakan fitur pembuatan link Google Meet langsung dengan cara:

  1. Klik tombol “Create” di pojok kiri atas.
  2. Buat judul meeting, tentukan waktunya dan pilih siapa saja yang ingin kamu invite dengan memasukkan email orang tersebut.
  3. Klik “Add Google Meet video conferencing” agar link-nya bisa langsung muncul
  4. Agar jadwal meeting gak bentrok, kamu bisa mengecek jadwal orang yang kamu invite langsung lewat Google Meet dan mencari waktu paling sesuai untuk siapapun.

2. Membuat pengingat jadwal course

Bagi kamu yang mudah lupa, Google Calendar bisa mengingatkan setiap ada agenda yang harus kamu lakukan. Pengingat ini bisa kamu atur waktunya, seperti 10 menit, 5 menit, atau 1 menit sebelum kelas. Berikut cara menggunakan Google Calendar untuk membuat pengingat jadwal course

  1. Klik tombol “Create” di pojok kiri atas.
  2. Buat judul calendar sesuai materi course yang ingin kamu selesaikan. Untuk melihat tiap materi, kamu bisa cek “My Class” atau “Kelas Saya” di pojok kanan atas website goKampus University setelah sign in, lalu klik judul course yang kamu ambil.
  3. Lalu, tentukan waktu course dan pilih “More option” untuk mengatur waktu notifikasi atau menambahkan catatan tertentu.
  4. Klik “Save” untuk menyimpan kalendar sebagai pengingat.
  5. Kamu bisa mengulangi langkah-langkah tadi untuk membuat pengingat untuk jadwal course lainnya.

Cara Melanjutkan Kelas atau Course di goKampus

Setelah menambahkan jadwal kelas atau course kamu di goKampus menggunakan Google Calendar, kamu masih bisa melanjutkan kelas yang belum selesai. Berikut cara melanjutkan course melalui website goKampus:

  1. Ketik URL https://gokampus.com di browser kamu.
  2. Masuk dengan klik “Sign up” atau “Daftar” di pojok kanan atas website, lalu klik “Sign In” atau “Masuk”.
  3. Masukkan email dan password kamu.
  4. Setelah berhasil sign in, klik tiga garis sejajar di sebelah kiri dekat logo goKampus.
  5. Klik panah panah kanan yang tertera nama kamu, lalu klik “My Class” atau “Kelas Saya“.
  6. Sekarang kamu bisa klik judul course dan klik tiap materi yang ingin kamu lanjutkan pada bagian “Course Content”.

Kamu juga bisa melanjutkan course di website goKampus University, loh. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Ketik URL https://gokampusuniversity.com di browser kamu.
  2. Masuk dengan klik “Sign in” atau “Masuk” di pojok kanan atas website.
  3. Masukkan email dan password kamu.
  4. Setelah berhasil sign in, klik “My Class” atau “Kelas Saya“, lalu klik judul course.
  5. Klik tiap materi yang ingin kamu lanjutkan pada bagian “Course Content”.

So, sekarang kamu sudah tahu kan cara belajar mandiri secara efektif? Jangan lupa menggunakan Google Calendar sebagai pengingat kamu mengikuti dan menyelesaikan course agar tepat pada waktunya. Yuk, atur Google Calendar di sini untuk membuat pengingat. Kamu juga bisa melihat artikel lain seputar tips menyelesaikan online course tepat waktu di sini.

Baca Juga: 8 Tips Belajar Di Rumah Yang Cocok Buat Kamu

Oh iya, buat kamu yang lagi cari online course baru untuk upgrade skill dan menambah wawasan, carinya bisa di goKampus. Ada banyak online course yang bisa mendukung karier dan masa depanmu! Gak percaya? Yuk, cari kelas yang sesuai minatmu di sini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *