tujuan manajemen keuangan
Tips Belajar

7 Tujuan Manajemen Keuangan pada Perusahaan dan Bisnis

Ketika menjalankan bisnis, finansial penjadi salah satu hal utama yang penting untuk perusahaan maupun pengelola bisnis perhatikan. Agar bisnis berkembang, perlu adanya manajemen keuangan yang baik. Lalu, apa saja tujuan manajemen keuangan pada perusahaan dan bisnis? Yuk, cek selengkapnya di artikel ini!

7 Tujuan Manajemen Keuangan

Mengutip dari buku “Konsep Dasar Manajemen Keuangan” (2021), manajemen keuangan adalah serangkaian kegiatan perencanaan, pengelolaan, penyimpanan, dan pengendalian atas harta baik berupa uang ataupun aset yang perusahaan miliki. Lalu, apa saja tujuan manajemen keuangan? Cek satu per satu, yuk!

1. Memaksimalkan keuntungan dan kekayaan

Seorang manajer keuangan bertugas untuk memaksimalkan nilai dan aset keuntungan. Namun, keuntungan ini adalah hal yang gak bisa manajer keuangan jamin dalam jangka waktu panjang. Hal ini karena sejatinya bisnis bergerak secara fluktuatif.

Perusahaan tetap bisa mendapat keuntungan maksimal jika manajer keuangan bisa mengambil keputusan dan menggunakan uang perusahaan dengan baik.

2. Menjaga arus kas juga salah satu tujuan manajemen keuangan

Guna dari arus kas (cash flow) adalah untuk membayar biaya kebutuhan perusahaan sehari-hari. Misalnya, pembelian bahan baku, pembayaran gaji karyawan, pembayaran sewa, dan sebagainya. Manajemen keuangan yang baik dapat menjaga arus kas stabil sehingga meningkatkan keberhasilan perusahaan.

3. Menyiapkan struktur modal

Manajer keuangan harus bisa mengambil keputusan yang tepat dalam pengeluaran, pembiayaan, dan sewa. Hal ini agar biaya yang dikeluarkan dan didapatkan dari sewa dapat berjalan seimbang.

4. Memanfaatkan manajemen keuangan dengan tepat

Jika pemanfaatan keuangan gak tepat dan terdapat kesalahan tertentu, maka hal ini dapat menjadi bahaya bagi perusahaan. Manajer keuangan harus bisa mengelola keuangan dengan tepat untuk hasil yang maksimal.

5. Mengurangi risiko operasional

Ketidakpastian adalah hal yang lumrah dalam dunia bisnis. Terdapat risiko yang harus dipertimbangkan ketika menjalankan bisnis, seperti dalam hal operasional. Tugas manajer keuangan adalah mengurangi risiko operasional tersebut melalui keputusan-keputusan tertentu.

6. Mengurangi biaya modal

Dalam bisnis, kamu harus berpikir cara agar perusahaan dapat menekan biaya modal, tetapi tetap mendapatkan keuntungan yang maksimal. Manajer keuangan harus bisa menyusun struktur modal yang baik agar biaya modal lebih minimal.

7. Menentukan kelangsungan hidup perusahaan/bisnis

Kinerja manajer keuangan dalam memanajemen keuangan tentu sangat berpengaruh pada kelangsungan hidup perusahaan. Dengan manajemen keuangan yang tepat, kamu bisa bersaing unggul dengan kompetitor di pasar. Manajer keuangan harus berhati-hati dan memiliki banyak strategi dalam mengambil keputusan.

Baca Juga: 5 Fungsi Manajemen Keuangan dalam Bisnis yang Perlu Kamu Ketahui

Itulah tujuan manajemen keuangan yang baik. Ingin mempelajari lebih jauh tentang perencanaan keuangan yang baik untuk bisnis maupun perusahaan? Yuk, ikutan kelas Cash Flow & Financial Planning di sini.

Kamu gak hanya beragam insight dari profesional yang berpengalaman dan ahli di bidangnya, tetapi juga dapat sertifikat dari institusi ternama Singapura cuma ikutan kelas secara online dari mana saja. Cus, buruan ikutan!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *