kalender
Tips Belajar

Tips Menyelesaikan Online Course Tepat Waktu? Pakai Kalender Online Yuk!

Siapa di sini yang suka ngecek-ngecek kalender? Pastinya, melihat tanggalan sudah rutin dalam keseharian ya? Sebagai orang yang sibuk dengan tugas sekolah, kuliah atau yang sudah bekerja, mengecek tanggalan wajib hukumnya, meski sekadar mencari tanggal merah, bener gak nih? Special case bagi kamu yang punya agenda belajar atau kursus online yang gak selesai-selesai. Gemes banget kan kalau online course kamu gak pernah tuntas? Apalagi buat kamu yang ingin upgrade skill dan mencari sertifikat.

Nah, buat kamu yang punya agenda online course yang mesti diselesaikan, sudah saatnya membuat jadwal pembelajaran dengan menggunakan kalender online. Kenapa? Soalnya, kalender online selalu bisa mengingatkan kamu kapan pun dan di mana pun. Sebagai generasi melek digital dan pengguna smartphone, pasti kamu gak bisa jauh dari hape kan?

Salah satu kalender online yang bisa kamu manfaatkan saat ini adalah kalender dari Google. Kalender Google atau Google Calendar adalah tools manajemen waktu dan penjadwalan resmi milik Google. Dengan tools ini, kamu bisa melakukan banyak hal, mulai dari membuat jadwal meeting, kursus online, aktivitas sehari-hari, dan masih banyak lagi.

Karena resmi dari Google, Google Calendar langsung terintegrasi dengan tool lainnya, seperti Google Meet. Jadi, bermodalkan komputer atau laptop hingga hape yang kamu pakai terhubung dengan alamat email Google yang sama, dijamin hidupmu makin mudah.

Baca Juga: Cara Belajar Mandiri yang Efektif, Wajib Kamu Coba!

Keuntungan Menyelesaikan Online Course Tepat Waktu!

1. Peluang Besar Memulai Karier Baru

Memperoleh keahlian tambahan dari pelatihan online bersertifikat tentu dapat membuat seseorang lebih menonjol di antara yang lain. Dengan pelatihan online bersertifikat, kamu dapat memulai karier baru tanpa perlu mengikuti pendidikan dan pengalaman bertahun-tahun.

Program pelatihan online bersertifikat selama 3 bulan dapat membantu kamu melewati posisi entry-level dan memasuki bidang karier yang lebih terfokus.

2. Memperkuat Personal Branding

Semakin banyak keahlian yang kamu miliki dengan mengikuti pelatihan online bersertifikat, semakin positif orang-orang di sekitarmu. Kamu akan dipandang sebagai seseorang yang haus ilmu dan suka meningkatkan kapasitas diri. Ini adalah sesuatu yang bagus untuk memberikan nilai terhadap diri, baik dalam lingkungan pekerjaan, maupun sosial.

3. Perluas Jaringan atau Relasi

Memahami suatu bidang dan mendapatkan sertifikat menjadi bukti penguasaan keahlian perlahan akan membawa Anda untuk bertemu relasi baru, berada dalam lingkaran pertemanan baru.

Koneksi tempat pelatihan online bersertifikat yang kamu pilih pun dapat menjadi sumber jaringan, informasi, dan pengembangan karier yang berkelanjutan. Mereka dapat menyediakan akses ke para profesional karier, ahli resume, pembinaan, dan sebagainya, sehingga jaringanmu lebih luas lagi.

4. Refresh Ilmu

Pelatihan online bersertifikat bisa meningkatkan pemahaman konseptual kamu ke tingkat yang lebih tinggi dan menegaskan kembali apa yang sudah kamu praktikkan. Sertifikasi, baik wajib, maupun opsional, akan membantu memastikan kamu berada di puncak standar industri. Semakin cepat memiliki pengetahuan baru itu, semakin cepat pula kamu dapat menerapkannya di tempat kerja.

Cara Mengaktifkan Reminder di Kalender Google?

Inilah beberapa tips menggunakan Google Calendar untuk keseharianmu agar terorganisasi dengan baik:

1. Membuat Jadwal Meeting

Saat bekerja, pasti kamu harus menghadiri meeting. Nah, agar tidak ada yang terlupa, menggunakan kalender Google adalah salah satu cara yang sangat mempermudah pencatatan jadwal tersebut.

Bukan hanya mencatat jadwal meeting, kamu juga bisa membuat jadwal online meeting dengan tool ini loh. Saat membuat event atau jadwal meeting, Google Calendar menyediakan fitur pembuatan link Google Meet langsung dengan cara:

  1. Klik tombol “Create” di pojok kiri atas
  2. Buat judul meeting tentukan waktunya, dan pilih siapa saja yang diundang
  3. Klik “Add Google Meet video conferencing” agar link-nya bisa langsung muncul
  4. Supaya  jadwal meeting tidak bentrok, kamu bisa mengecek jadwal kerja anggota tim-mu langsung lewat Google Meet dan mencari waktu paling cocok untuk semuanya

2. Buat Pengingat Jadwal

Kalau kamu pelupa, Google Calendar bisa mengingatkanmu setiap ada agenda yang harus kamu hadiri.

Pengingat ini bisa kamu atur waktunya, misalnya 10 menit, 5 menit, atau 1 menit sebelum memulai course.

Cara menggunakan Google Calendar untuk membuat pengingat untukmu adalah sebagai berikut:

  1. Klik menu “Settings“
  2. Pilih “Settings for my calendars“
  3. Klik “Event notifications“
  4. Tentukan kapan waktu pengingat yang diinginkan
  5. Pilih mode pengiriman pengingat, yaitu dari notifikasi atau email
  6. Klik “Add notification“

3. Buat To-Do List

Kamu juga bisa menggunakan Google Calendar sebagai cara untuk membuat to-do list dengan menu “Tasks” di sebelah kanan dengan ikon pensil. Ikuti langkah-langkah ini untuk membuat task di Google Calendar:

  1. Klik “Tasks” di sebelah kanan
  2. Klik tombol “Get started“
  3. Pilih “Add a task“
  4. Ketik tugas atau hal yang harus kamu lakukan di kotak yang tersedia
  5. Tambahkan deadline dan detail course yang harus diselesaikan

Kamu sudah paham kan keuntungan kalender online dan cara menggunakan Google Calendar? Klik di sini untuk akses ke kalender Google ya! Kamu juga bisa melihat artikel lain seputar metode belajar online yang efektif di blog goKampus di link ini! Buat kamu yang sedang cari-cari online course baru untuk upgrade skill dan menambah wawasan, bisa cari di goKampus ya! Banyak ragam online course di goKampus yang bisa menunjang karier dan masa depanmu! Gak percaya? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *