content creator
Tips Belajar

3 Tips Menarik Konsisten Menjadi Content Creator

Di jaman sekarang pasti semua orang berlomba-lomba untuk menjadi seorang content creator atau yang mungkin sering dikenal dengan youtuber. Padahal menjadi seorang content creator gak hanya sekedar membuat konten di YouTube aja loh. Kamu bisa menggunakan banyak channel dan platform untuk menyebarkan konten-konten yang kamu buat kepada audiens.

Tapi, kamu pernah membuat konten tapi ternyata likes yang kamu dapatkan gak berubah? Setiap hari aktif memposting sesuatu tapi followers juga gak bertambah? Yang perlu kamu ingat adalah untuk menjadi content creator gak cukup hanya dengan memproduksi konten yang sedang ngetren loh.

Seorang yang bekerja menjadi content creator juga harus bisa berpikir kreatif untuk terus membuat konten yang berkualitas sehingga mampu mendapatkan engagement yang tinggi. Membuat sebuah konten juga harus didasarkan dengan pengetahuan dan riset yang kuat, dikarenakan semua konten yang kamu hasilkan harus bisa dipertanggungjawabkan loh. 

Di era digital saat ini, internet berkembang pesat dan pengguna media sosial setiap hari kian meningkat, sehingga peluang karir sebagai content creator tergolong menjanjikan. Terlebih lagi di masa pandemi membuat upaya untuk mencari pekerjaan menjadi semakin sulit. Berkarir sebagai content creator bisa jadi salah satu alternatif bagi kamu.

Kamu bisa berkreasi di rumah dengan memanfaatkan peralatan yang ada. Bahkan, bila konten positif yang kamu hasilkan dapat mempengaruhi preferensi masyarakat, maka kamu berpotensi untuk bisa menjadi influencer. Lalu bagaimana caranya jika ingin memulai karir sebagai pembuat konten?

1. Tau Apa Yang Ingin Kamu Bicarakan

Tips pertama adalah paham tentang apa yang ingin kamu bicarakan. Content creator bukan semata-mata memberikan informasi yang tidak jelas dan sembarangan. Kamu harus memiliki ciri khas tersendiri apa yang ingin kamu bicarakan.

Banyak content creator yang memiliki ciri khas tersendiri di pembuatan kontennya, mulai dari mengangkat isu politik, isu hiburan, horror, review, dan lain sebagainya. Hal ini akan membentuk personal branding kamu di mata penonton.

2. Buatlah Konten Yang Original

Tantangan yang dihadapi bukan hanya seputar membuat konten yang menarik. Namun, bagaimana konten kamu memiliki nilai orisinalitas tersendiri. Hal ini yang akan membuat kamu terlihat lebih istimewa dibandingkan dengan content creator lainnya. Jangan sampai konten yang kamu produksi hanya mengikuti situasi yang sedang happening saja.

Dalam konteks ini, bukan berarti kamu tidak boleh mengikuti tren, ya. Teruslah berkarya dan berinovasi menciptakan banyak ide atau tipe-tipe konten tertentu. Coba ikuti topik yang sedang viral.

3. Buat Konten Berkualitas Dan Perhatikan Kuantitas

Demi menjaga eksistensi sebagai pembuat konten dan influencer, kamu dituntut untuk terus update dan berkarya tetapi, bukan berarti kamu harus mengejar kuantitasnya. Terlalu sering update konten di media sosial akan membuat konten-konten kamu lainnya menjadi cepat tenggelam dan tidak dilihat banyak orang. Fokus kepada membuat konten yang berkualitas ya.

Masih ingin mengulik lebih dalam bagaimana masa depan dan cara menjadi seorang content creator? Kamu bisa cari tau tips and triknya di goKampus loh. Kamu juga bisa daftar kuliah di goKampus. Tinggal upload rapor, 1 jam diterima. Udah siap daftar kuliah? Klik link ini: daftar di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *