apa itu nakes
Kategori Kelas

Apa Itu Nakes? Ternyata Profesi Ini Sangat Beragam

Tonton Sekarang

Saat pandemi Covid-19 menyerang Indonesia, pasti kamu sering mendengar soal istilah “nakes”. Mereka adalah pahlawan yang menjadi garda terdepan bangsa Indonesia untuk memerangi Covid-19. Apa itu nakes? Profesi apa saja yang termasuk? Yuk, kita bahas!

Pertama, kita bahas dari segi bahasa. Orang Indonesia termasuk senang membuat akronim, yaitu pemendekan dari beberapa kata yang membentuk kata baru sehingga susunan katanya seolah-olah, seperti kata biasa. 

Selain agar istilah-istilah tertentu lebih mudah kita ucapkan, kini akronim juga berguna untuk penyingkatan kalimat saat kita menulis di media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok, atau aplikasi berbasis chat, seperti Whatsapp dan Line. 

Contoh akronim adalah Jagorawi (Jakarta, Bogor, dan Ciawi), Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi), Pemilu (Pemilihan Umum), Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah), hingga Timnas (tim nasional).

goKampus Business

Apa Itu Nakes?

Ternyata, kata “nakes” juga merupakan akronim, tepatnya singkatan dari “Tenaga Kesehatan”. Awalnya, kata “nakes” beredar di kalangan para tenaga kesehatan untuk menyebut jenis pekerjaan mereka. Namun, kata “nakes” kini sudah umum orang di luar para tenaga kesehatan ucapkan.

Menurut Kamus Kesehatan daring yang ada di situs Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, nakes adalah setiap orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan atau keterampilan melalui pendidikan formal di bidang kesehatan, yang untuk jenis tenaga kesehatan tertentu memerlukan kewenangan dalam melakukan upaya  kesehatan. 

Lalu, yang Termasuk Nakes Apa Saja?

Tenaga kesehatan terdiri dari beberapa jenis dan ragam profesi di industri kesehatan. Inilah profesi yang termasuk tenaga kesehatan!

1. Tenaga medis

Contoh dari profesi ini, yaitu dokter, dokter gigi, dokter spesialis, dokter gigi spesialis baik lulusan dalam negeri maupun luar negeri yang pemerintah RI akui.

2. Tenaga keperawatan

Profesi ini, seperti perawat, bidan, dan perawat gigi.

Baca Juga: Paradigma Keperawatan yang Calon Nakes Perlu Ketahui!

goKampus Business

3. Tenaga kefarmasian

Kalau tenaga kefarmasian contohnya apoteker, analis farmasi dan asisten apoteker.

4. Tenaga kesehatan masyarakat

Profesi di bidang ini, seperti epidemiolog kesehatan, entomolog kesehatan, mikrobiolog kesehatan, penyuluh kesehatan, administrator kesehatan, dan sanitarian.

5. Tenaga gizi

Nutrisionis dan dietisien juga termasuk ke profesi tenaga kesehatan, loh.

6. Tenaga keterapian fisik

Contoh tenaga kesehatan ini, yaitu fisioterapis, okupasi terapis, terapis wicara, ortetik prostetik, dan akupunktur.

7. Tenaga keteknisian medis

Contoh nakes di bidang ini, yaitu perekam medis dan informasi kesehatan, teknik kardiovaskuler, teknisi pelayanan darah, refraksionis optisien/optometris, teknisi gigi, penata anestesi (perawat anastesi), terapis gigi dan mulut (perawat gigi), dan audiologis.

Wah, ternyata banyak sekali jenis-jenis profesi yang termasuk dalam dunia nakes. Kamu sudah paham kan, apa itu nakes? Apakah kamu semakin tertarik bekerja sebagai tenaga kesehatan?

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *