langkah-langkah memulai usaha dalam kewirausahaan
Tips Belajar

Panduan Langkah-Langkah Memulai Usaha dalam Kewirausahaan

Sudah pernah mencoba merintis usaha di berbagai bidang, tapi sering gagal dan akhirnya berkali-kali mencoba lagi dari awal? Kegagalan dalam berwirausaha memang jadi hal biasa, tapi kamu juga perlu paham kalau kegagalan yang terjadi bukan semata-mata terjadi karena tantangan. Bisa jadi, ada yang salah dari langkah merintis usaha yang kamu bangun sejak awal. Salah satunya karena kamu belum menerapkan semua langkah-langkah memulai usaha dalam kewirausahaan dengan benar. Apa maksudnya? Yuk pahami penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: Business Intelligence Adalah Kunci Masa Depan Dunia Usaha, Simak Yuk!

Deretan Langkah-langkah Memulai Usaha dalam Kewirausahaan

Faktanya, enggak sedikit orang yang belum paham kalau ada langkah penting yang harus mereka pahami dan lakukan buat jadi seorang wirausahawan sejati. Soalnya, perlu menjalani dengan persiapan yang matang dan terstruktur, yuk pahami langkah-langkah memulai usaha dalam kewirausahaan menurut entrepreneur.com!

1. Evaluasi Diri

Poin pertama ini jadi bagian paling dasar yang harus kamu pahami ketika memutuskan buat menjadi seorang wirausahawan. Kamu perlu bertanya ke diri sendiri, mengenai kesiapan dan tujuan yang ingin kamu raih. Contoh beberapa pertanyaan yang bisa kamu ajukan dan jadi bahan evaluasi untuk diri sendiri bisa berupa “Apa alasan sebenarnya ingin membangun sebuah usaha?”, “Apa keterampilan yang kamu punya?”, “Seberapa besar dana yang kamu punya untuk menjalankan sebuah usaha?”, sampai yang paling penting, “Siapkah kamu menjadi seorang wirausahawan?”.

2. Memikirkan Ide Bisnis

Selamat bagi kamu yang sudah punya rencana matang mengenai usaha yang ingin kamu bangun. Tapi bagi sebagian orang yang belum punya rencana, ada banyak cara yang bisa mereka lakukan untuk mendapatkan ide bisnis cemerlang. Mulai dari riset, memanfaatkan bidang keahlian yang mereka miliki, bertemu dengan orang-orang di lingkungan sekitar yang lebih dulu menjalankan usaha buat meminta saran, dan masih banyak lagi.

3. Melakukan Riset Pasar

Kalau sudah punya tujuan ingin memulai usaha di bidang apa, hal penting yang seharusnya kamu lakukan adalah memulai riset pasar. Risetnya juga bukan cuma mengidentifikasi kompetitor, tapi juga mengidentifikasi pihak yang bisa jadi mitra potensial. Satu hal yang paling penting, jangan lupa juga buat mempelajari bagaimana kondisi dan karakteristik calon konsumennya.

4. Mencari dan Menerima Umpan Balik

Lebih dulu perkenalkan produk atau layanan yang kamu miliki ke orang terdekat di lingkungan sekitar. Tujuannya adalah buat mendapat respons, penilaian, dan umpan balik dari mereka. Yang kadang terlupakan kebanyakan orang, feedback atau masukan enggak semuanya harus kamu telan mentah-mentah loh. Kamu tetap punya keharusan buat memilih lagi mana masukan yang bisa kamu terapkan, dan mana yang kurang tepat.

5. Jadikan Usaha Secara Resmi

Bagian penting kalau usaha kamu sudah semakin siap buat memasuki tahap yang lebih serius. Buat usaha kamu terdaftar secara hukum, hal ini perlu kamu lakukan buat menghindari hal-hal yang tidak kamu inginkan. Misalnya pencurian ide, pelanggaran kemitraan, dan sejenisnya.

6. Rancang Rencana Keuangan dan Pendanaan

Kamu pasti mau usaha yang kamu bangun bisa beroperasi dalam jangka waktu panjang dan terus bertahan. Buat memenuhi tujuan tersebut, hal utama yang harus terpenuhi sudah pasti dari segi materi. Dalam membuka usaha, kita perlu memperluas koneksi dan skala usaha dengan mencari pendanaan dari pihak ketiga. Gak harus pemberi dana skala besar seperti investor, kamu bisa mengajak orang sekitar untuk bekerja sama. Misalnya rekan kerja, rekan yang lebih berpengalaman membangun usaha, dan lain sebagainya.

7. Bentuk Tim Profesional

Setelah dapat pendanaan dan dukungan buat berkembang menjadi usaha yang lebih besar, saatnya memperluas tim yang mendukung jalannya operasional usaha. Tim tersebut terdiri dari pekerja yang bisa kamu percayakan untuk memegang tanggung jawab di berbagai divisi. Mulai dari keuangan, personalia, operasional, dan lain sebagainya. Jangan lupa, pakai proses profesional dalam merekrut orang terpercaya untuk menjadi bagian dari usaha.

8. Mengembangkan Produk dan Layanan

Semakin berkembang skala usaha, maka tuntutan kamu juga semakin tinggi buat berinovasi dan mengembangkan produk atau layanan yang dimiliki. Hanya bertahan di produk atau layanan lama dan minim perubahan bukan gak mungkin akan membuat usaha kamu terkesan jalan di tempat dan akhirnya kembali gagal.

9. Tingkatkan Penjualan dan Tingkatkan Usaha

Tujuan utama dalam membangun sebuah usaha adalah buat memiliki keuntungan. Apalagi kalau usaha semakin berkembang besar dan ada tanggung jawab yang harus terpenuhi. Di bagian ini, kamu mulai harus merancang target dan strategi penjualan, berbarengan dengan rencana buat terus berkembang.

Itu dia deretan langkah-langkah memulai usaha dalam kewirausahaan yang penting buat kamu pahami dengan baik. Karena segalanya butuh proses yang matang, jangan sampai ada langkah penting yang ternyata enggak kamu sadari ya.

Untuk membantu kamu dalam merancang perencanaan usaha yang mau kamu bangun, kamu bisa mengikuti kelas-kelas online bersertifikasi di goKampus! Ada kelas Dasar-Dasar kewirausahaan yang Sukses di sini dan kelas Dasar Entrepreneur dan Lean Canvas di link ini.

Selain dua kelas tersebut, kamu juga bisa ikutan kelas-kelas rekomendasi bulan ini yang hadir di goKampus! Ada 10 kelas yang bisa kamu pilih dan dapatkan diskon kejutan senilai Rp50 ribu dengan kode voucher GKTOP10 yang bisa kamu pakai lebih dari 1 kali untuk minimum transaksi Rp150 ribu. Asyik kan? Yuk, buruan ikutan kelasnya dan dapatkan promonya mumpung masih berlaku! Klik linknya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *