prospek kerja administrasi negara
Kategori Kelas

Cerahnya Prospek Kerja Jurusan Administrasi Negara

Cerahnya prospek kerja menjadi salah satu alasan Jurusan Administrasi Negara banyak diminati orang loh. Apalagi mayoritas pekerjaan para lulusannya kebanyakan di bidang pemerintahan. Asik kan!

Seperti kita tahu, instansi pemerintahan merupakan tempat kerja yang paling menarik banyak orang. Selain memiliki jenjang karier yang jelas, bekerja di sana juga bisa menjamin masa tua jadi lebih baik. 

Namun, adanya jaminan itu pula yang membuat bekerja di instansi pemerintah itu bukan hal yang mudah. Kamu harus mampu melewati semua tahapan seleksi dan menjadi yang terbaik dari semua peminat. Artinya, butuh persiapan yang matang untuk bisa memenangkan seleksi tersebut. 

Nah, di sinilah letak keunggulan dari Jurusan Administrasi Negara. Soalnya, materi kuliah para mahasiswanya hampir semuanya berhubungan dengan ketatanegaraan. Jadi bekal yang baik untuk ujian seleksi pegawai negeri deh. 

Nah, harapannya seorang lulusan Administrasi Negara bisa memiliki kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan akan sistem administrasi negara, pemerintahan daerah, birokrasi dan demokrasi, keuangan negara, hingga ekonomi politik.

Gak hanya itu, lulusannya juga berpotensi punya kemampuan dan tanggung jawab akan pengawasan publik, keuangan daerah, pengembangan manajemen pelayanan publik, manajemen kota, manajemen lingkungan, kebijakan publik, hukum administrasi negara, manajemen pegawai negeri, kepemimpinan, e-government, perencanaan sektor publik dan manajemen strategis.

Dengan sejumlah kemampuan tersebut, prospek kerja lulusan Administrasi Negara sangatlah luas bukan? Adapun beberapa profesi yang terkait bidang ini, di antaranya: 

1. Pejabat Pemerintah/Penyelenggara Pemerintah Pusat atau Daerah 

Terlibat dalam perumusan kebijakan pemerintah, mengelola operasional pemerintahan, dan memberikan solusi bagi pemerintah menyelesaikan permasalahan masyarakat. 

2. Aktivis LSM/ Organisasi Masyarakat

Memberikan pelayanan kepada masyarakat tanpa bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari kegiatannya. Membangun kesadaran masyarakat untuk hidup ideal sesuai hukum yang berlaku. 

3. Reporter Pemerintah/Politik

Menganalisis, melaporkan, memberikan literasi hidup bernegara. 

4. Konsultan Pemerintah

Memberikan solusi untuk memastikan tata kelola pemerintahan berjalan dengan baik. 

5. Pendidik atau Dosen

Mengedukasi generasi muda agar memahami seluk beluk bidang pemerintahan dari perspektif teoritis dan praktis.

Baca Juga: Penulisan Nama Gelar Lulusan Administrasi Negara yang Benar! Cek Yuk

6. Asisten Peneliti

Cakupan pemerintahan itu sangat luas. Maka tentu saja seorang asisten peneliti akan sangat dibutuhkan. Tugasnya bersama peneliti utama melakukan riset atau penelitian untuk memecahkan masalah pemerintahan. 

7. Anggota Partai Politik 

Tugasnya adalah terlibat aktif mewujudkan visi dan misi kebangsaan melalui partai politik. Salah satu penggerak roda pemerintahan adalah partai politik. Politik tentu saja punya peran besar dalam pemerintahan yang berjalan.

8. Sektor Swasta

Lulusan Administrasi Negara pun punya peluang besar bekerja di sektor swasta. Pasalnya jebolan jurusan ini memiliki keterampilan dalam menganalisa dan mengevaluasi penerapan sebuah solusi. Keterampilan inilah yang sangat penting untuk membantu perusahaan apa pun dalam menetapkan jalur yang akan mereka tempuh demi kemajuan mereka di masa depan.

Tentunya masih banyak prospek pekerjaan dari lulusan Jurusan Administrasi Negara yang belum disebutkan. Intinya, lulusan ini dilatih dapat memecahkan segala permasalahan dengan sistematis. Selama ada pemerintahan atau organisasi, maka prospeknya akan terus cerah dan menjanjikan. 

Gimana, guys? Tertarik dengan Jurusan Administrasi Negara? Kamu bisa cari tahu lebih detail mengenai jurusan ini atau jurusan lainnya di goKampus ya! Cek selengkapnya di sini yuk!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *