gaji dokter hewan
Kategori Kelas

Intip Besaran Gaji Dokter Hewan dan Prospek Kerjanya

Tahukah kamu kalau dokter hewan atau medik veteriner memiliki peran yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup hewan dan manusia? Dokter hewan bertanggung jawab untuk mencegah persebaran penyakit yang bisa menularkan hewan ataupun manusia dan memastikan seluruh bahan makanan hewani yang kamu santap higenis tanpa ada bakteri yang membahayakan. Makanya nih, dokter hewan adalah salah satu pekerjaan yang mulia guys. Bagi kamu yang memiliki cita-cita ini, kamu bisa intip besaran gaji dokter hewan dan prospek kerjanya di artikel ini. Cus, langsung dibaca!

Prospek Kerja Medik Veteriner

Dokter hewan adalah profesi yang sangat dibutuhkan di Indonesia karena peluang kerja lulusan kedokteran hewan pun terbuka lebar. Kamu bisa bekerja, mulai dari membuka praktik dokter hewan sendiri, di lembaga penelitian, instansi pemerintah dan swasta yang bergerak di sektor peternakan hingga organisasi internasional.

Sebagai contoh, kamu bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian Pertanian atau Direktorat Jenderal Peternakan, menjadi wirausaha di bidang agribisnis peternakan, menjadi tenaga BPOM untuk menjamin mutu pangan yang berasal dari hewan hingga bekerja di Kepolisian atau TNI.

Mengutip dari Kumparan, menurut Office International des Epizooties (OIE) atau organisasi internasional kesehatan hewan, terdapat berbagai bidang kerja dokter hewan di 110 negara di seluruh dunia, loh! Cek daftarnya di sini, apakah ada yang sesuai dengan minatmu?

  1. Teknologi pangan
  2. Inspeksi makanan
  3. Kebersihan makanan
  4. Perlindungan konsumen
  5. Laboratorium
  6. Perundang-undangan
  7. Kebun binatang
  8. Laboratorium hewan
  9. Animal welfare
  10. Kedokteran hewan
  11. Perawatan kesehatan klinis
  12. Pengendalian penyakit
  13. Epidemiologi
  14. Karantina
  15. Peternakan dan produk hewani
  16. Margasatwa
  17. Perlindungan lingkungan
  18. Nutrisi
  19. Parasitologi
  20. Dosen/guru
  21. Penelitian dan pengembangan
  22. Publikasi
  23. Impor produk hewani
  24. Perusahaan/organisasi di industri peternakan
  25. Di organisasi profesi

Banyaknya bidang pekerjaan ini membuktikan bahwa profesi dokter hewan sangat dibutuhkan gak hanya di Indonesia, melainkan di seluruh dunia. Tentunya, profesi dokter hewan gak bisa dianggap remeh karena keberlangsungan hidup dan kesehatan hewan juga memengaruhi kesehatan manusia.

Lalu, Berapa Gaji Dokter Hewan?

Gaji dokter hewan dapat berbeda-beda tergantung dengan jenis pekerjaannya ya, guys. Jenjang karier juga akan memengaruhi gaji, misalnya gaji dokter hewan spesialis pasti akan berbeda dengan gaji dokter hewan yang belum spesialis. Mengutip dari web Gajimu, kisaran gaji dokter hewan sekitar Rp2.172. 943 sampai Rp10.920.481 per bulan pada 2021. Sementara itu, mengutip dari web Quipper, kisaran gaji dokter hewan yaitu antara Rp4 juta hingga Rp10 juta per bulan.

Baca Juga: Inilah Alasan Keberadaan Dokter Hewan Sangat Penting

Gimana? Apakah kamu mulai tertarik menjadi dokter hewan? Oh iya, jangan lupa juga untuk asah soft skill kamu sebelum terjun menjadi dokter hewan nanti. Soft skill yang gak kalah penting untuk kamu asah di antaranya kemampuan komunikasi dan mendengarkan, loh.

Apalagi kalau kamu tertarik menjadi dokter hewan nantinya, kamu harus punya soft skill yang baik. Untuk mengasah soft skill, kamu bisa mengikuti kelas Komunikasi yang Efektif di sini dan kelas Keterampilan Mendengarkan yang Efektif di sini.

Gak hanya mengasah soft skill dan upgrade diri, kamu akan dapat beragam insight dari profesional yang berpengalaman di bidangnya, plus dapat sertifikat dari institusi ternama yang dapat menunjang karier kamu ke depannya. Yuk, ikutan kelasnya sekarang secara online!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *