belajar online
Tips Belajar

7 Tips Belajar Online yang Efektif dan Menyenangkan

Belajar online sebenarnya menjadi solusi terbaik ketika pembelajaran tatap muka gak bisa terlaksana akibat pandemi. Kemajuan teknologi yang makin berkembang, membuat kegiatan belajar-mengajar kini bisa dari mana saja. 

Sayangnya, mengubah kebiasaan dari belajar offline ke online ternyata gak mudah. Banyak juga yang justru kesulitan menemukan cara belajar online yang efektif dan menyenangkan. Lamanya proses adaptasi akhirnya membuat sejumlah orang gak dapat ilmu secara maksimal, sehingga ada kecemasan dapat mempengaruhi kualitas seseorang dalam persaingan di dunia kerja selepas lulus nanti.

Baca Juga: Struktur Teks Deskripsi, Kunci Tulisan Jadi Lebih Menarik!

Padahal, belajar online sebenarnya bisa memberikan banyak keuntungan loh. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya: 

Keuntungan dari Belajar Online 

1. Akses Lebih Mudah

Cukup dengan smartphone atau perangkat teknologi lain seperti laptop yang terhubung dengan internet, kamu sudah bisa mengakses materi yang ingin dipelajari. Dengan internet, semua jadi bisa diakses dengan mudah, termasuk sumber informasi seperti e-book, jurnal, penelitian ilmiah, dan lain-lain. 

2. Biaya Lebih Terjangkau

Tentunya, kita semua ingin menambah ilmu pengetahuan tanpa kendala keuangan, kan? Nah dengan belajar online, sebenarnya kamu jadi enggak perlu mengeluarkan ongkos, tenaga, atau seenggaknya bensin untuk berangkat menuju lokasi belajar. Malahan apabila kamu enggak hadir sekalipun, kamu tetap dapat mengakses berbagai materi pembelajaran. Sebagai saran, kamu juga mendaftar member dalam e-learning karena biaya member lebih murah dibandingkan mengikuti les atau kursus di lembaga pembelajaran.

3. Waktu Belajar Fleksibel

Bagi yang sudah bekerja, biasanya akan cenderung sulit menyisihkan waktu untuk belajar lagi. Apalagi tenaga juga sudah banyak terkuras untuk bekerja seharian. Namun adanya belajar online bisa menjadi solusi. Waktu untuk belajar bisa dilakukan kapan saja tanpa terikat dengan jam belajar.

4.  Wawasan Jadi Lebih Luas

Dengan belajar online, kamu bisa menemukan banyak hal yang mungkin tidak kamu temukan saat belajar offline. Apalagi biasanya belajar offline cenderung terbatas pada buku. Jadi bisa dibilang, wawasan yang bisa didapatkan dari belajar online lebih luas dibandingkan saat offline

Tentunya masih banyak keuntungan dari belajar online lainnya yang mungkin tidak kamu dapatkan saat belajar offline. Namun ya seperti disebutkan di awal, ternyata tidak semua bisa cepat beradaptasi. Banyak yang masih bingung cara belajar online yang efisien.

Baca Juga: Sistem Pembayaran Dulu Dan Kini! Bedanya Apa Sih?

Apa Saja yang Menyebabkan Kesulitan?

1. Tempat 

Pertama, kita sudah terbiasa menganggap rumah sebagai tempat istirahat, bukan untuk belajar. Jadi ketika harus belajar di rumah, bawaannya ingin santai dan melakukan aktivitas lain seperti biasa di rumah. 

2. Belum Mahir Manajemen Gadget

Dulu belajar sama gadget time adalah dua hal yang bisa dipisahkan. Saat ingin fokus belajar, maka gadget ditinggalkan untuk sementara, begitu pula sebaliknya. Tapi sekarang belajar dan menggunakan gadget mau tak mau harus dilakukan bersamaan. 

3. Konflik Peran

Konflik peran di sini adalah saat belajar di rumah, kita akan berhadapan dengan dua kewajiban. Pertama kewajiban untuk belajar, kedua kewajiban sebagai anggota keluarga. Contohnya bila kamu seorang istri,  tentu harus bisa membagi waktu fokus belajar dan mengerjakan tugas rumah tangga.  

Lalu, gimana sih caranya belajar online yang efektif tapi tetap menyenangkan? Kita simak yuk: 

Tips Belajar Online yang Efisien

1. Bikin Tempat Kerja Sendiri

Karena biasanya kita menjadikan rumah untuk istirahat, tidur, leha-leha, atau ngobrol dengan anggota keluarga, jadi penting bagi kita bikin tempat kerja sendiri. Pastikan bahwa tempatnya itu bukan tempat tidur. Sebab di tempat tidur, badan kita itu biasanya selalu relax, yang memang kondisinya bukan untuk belajar online. Dalam menentukan tempat kerja ideal, upayakan yang ergonomis, cukup cahaya, dan cukup oksigen supaya gak gampang ngantuk ya.

2. Bikin Rutinitas

Kamu harus mampu menentukan kapan waktu buat belajar, istirahat, ngobrol sama orang rumah, dan lain-lain. Rutinitas ini penting banget untuk membuat tubuh dan pikiran kita jadi terlatih untuk melakukan berbagai kegiatan tanpa tekanan atau stres. Penting juga untuk mengkomunikasikan rutinitas kepada keluarga agar bisa saling memahami.

Kalau masih bingung membuat rutinitas, kamu bisa mendahulukan tugas rumah di pagi hari setelah bangun tidur. Jadi saat tiba waktunya belajar, keadaan rumah sudah bersih dan nyaman. Lalu setelah belajar online, kamu bisa set istirahat, sorenya bisa bersosialisasi dengan anggota keluarga, teman dan lain-lain, sehingga tetap bisa seimbang dan menyenangkan. 

3. Pasang Target Belajar

Membuat target belajar tentu bergantung pada kebutuhan masing-masing. Namun kalau kamu bingung, kamu bisa mengintip contoh target belajar berikut ini:  

Target Belajar

“Memahami digital analytic mulai dari hal dasar hingga cara membuat berbagai jenis laporannya. Satu hari satu contoh laporan. Membaca buku tentang digital analytic. Target dua minggu sudah paham”

Kalau tanpa target, belajar kamu jadi seadanya saja. Kamu juga bisa terlena dan tak terasa sudah memakan waktu lama, sementara ilmu yang didapat masih gak optimal. Jadi penting untuk menyusun target belajar harian ya. Semua itu agar tahu dan termotivasi bahwa hari ini itu kita harus sudah selesai apa, lalu berikutnya apa dan seterusnya. 

4. Memaksimalkan Kelas Online

Setelah membuat target harian, biasanya kamu akan menemukan sejumlah problem ketika belajar sendiri. Nah, manfaatkan waktu belajar online dengan bertanya pada pengajar. Dengan begitu kamu bisa efisienkan waktu yang kamu punya. Sebab saat itulah satu-satunya waktu kamu bisa interaksi dengan ahlinya, bukan?

Baca Juga: Lagi Tren Metode Pembayaran Mobile Payment, Aman Gak Sih? 

5. Aktif Saat Kuliah 

Selama pandemi biasanya kita kuliah cuma liat layar saja. Nah tinggalkan kebiasaan ini. Cobalah untuk aktif dan fokus memahami apa yang kita dengar, dilanjutkan dengan membahasakan ulang informasi tersebut. Kamu bisa menerapkan mencatat atau meminta bahan presentasi punya pengajar sehingga catatan kita gak tercecer.

6. Tuntaskan Tugas di Awal Waktu 

Tips ini sebenarnya bukan hanya untuk belajar online saja, tapi juga offline. Membiarkan tugas menumpuk hanya akan membuat kamu susah mengatur waktu berikutnya. Sementara, jika melakukan pekerjaan dari awal, kamu jadi bisa menggunakan waktu tersisa untuk have fun dan hal-hal-hal lain. Tapi penting juga untuk memberi jatah waktu tiap menyelesaikan tiap tugas. Jangan berlebihan, jangan juga terlalu sedikit. 

7. Jadwalkan Diskusi Soal Bersama Grup Belajar 

Terkadang belajar sendiri kurang memahami apakah sudah benar atau belum. Gak ada salahnya untuk membuka forum diskusi via online agar kamu jadi tahu masih kurangnya di mana. Kamu bisa membuat suasana diskusi online menyenangkan, misalnya dengan cara bahas soal bersama-sama dan lain-lain. 

Semestinya belajar online jadi solusi terbaik kala belajar dengan cara tatap muka sulit terlaksanakan. Dengan belajar online, kamu jadi tidak perlu berlama-lama melakukan perjalanan dari rumah ke lokasi belajar. Artinya, sebenarnya kamu jadi bisa punya waktu lebih banyak kosong. 

Waktu kosong ini bisa kamu manfaatkan dengan kegiatan positif lainnya, misalnya mengikuti kelas online tambahan. Salah satu kelas online menarik yang sayang untuk dilewatkan ada di goKampus. Di sini, kamu berkesempatan mendapatkan sertifikat yang bisa menaikkan citra diri kamu.

Di goKampus, kamu bisa upgrade skill dengan mengikuti kelas-kelas online bersama para ahli di bidangnya. Ada promo-promo menarik dan program cicilan ringannya juga loh. Penasaran sama kelas-kelas online di goKampus? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *