konsep manajemen pemasaran
Tips Belajar

5 Konsep Manajemen Pemasaran, Panduan Perusahaan Dalam Memasarkan Produk

Pernah penasaran, gimana cara sebuah perusahaan bisa memasarkan sebuah produk? Ternyata, cara memasarkan sesuatu bergantung pada beberapa konsep dalam manajemen pemasaran. Yuk, kita bahas!

Konsep manajemen pemasaran adalah beberapa elemen yang menjadi perwujudan dari falsafah bisnis; ketika kelangsungan hidup sebuah perusahaan bergantung pada kemampuan perusahaan tersebut dalam memuaskan kebutuhan konsumen.

Nah, yuk kita tekankan pada “memuaskan kebutuhan konsumen”. Konsep manajemen pemasaran harus sesuai dengan tujuan tersebut dan ini beberapa contoh yang bisa menjadi falsafah sebuah perusahaan dalam memasarkan produknya.

Baca Juga: Yuk Kenalan dengan Jurusan Pemasaran, Belajar Apa Saja Sih?

Konsep Produksi

Poin ini merupakan konsep yang terbilang paling awal tercipta dalam manajemen pemasaran. Dalam konsep ini, manajemen pemasaran pada perusahaan harus berusaha untuk memperbaiki produksi dan efisiensi distribusi, karena konsumen/pelanggan akan menyukai produk/jasa yang harganya terjangkau. 

Konsep Produk

Konsep produksi terbilang masuk akal. Di mana-mana, orang akan cenderung lebih pilih produk yang lebih terjangkau, kan? Namun, konsep produksi cuma bisa berlaku apabila permintaan terhadap produk lebih besar dari penawarannya.

Jika hal itu gak terpenuhi, kita beralih ke konsep produk. Dalam konsep produk, konsumen akan lebih memilih produk dengan mutu paling bagus, sehingga perusahaan harus terus inovatif dan terus menerus melakukan perbaikan mutu produk. 

Misalnya, gak semua orang suka botol minum plastik yang murah. Sebagian orang akan lebih memilih botol minum dari bahan aluminium yang lebih mahal, namun lebih bermutu.

Konsep Penjualan

Dalam konsep ini, promosi menjadi senjata utama. Konsep penjualan menyatakan bahwa konsumen gak bakal membeli produk perusahaan, kecuali perusahaan mengadakan promosi atau penjualan besar-besaran alias agresif. Kok bisa begitu?

Sebab, perusahaan biasanya melakukan konsep penjualan produk yang mungkin gak kepikiran untuk dibeli oleh konsumen. Misalnya, asuransi. Kalau sales asuransi gak “menodong” konsumen, mungkin kamu gak akan mengasuransikan diri, kan?

Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran juga bisa berlaku saat penjualan mulai turun, product growth melambat, pola konsumen berubah, atau ketika kompetitor tambah banyak. Untuk itu, umumnya perusahaan akan menempatkan konsumen sebagai fokus utama.

Perusahaan akan riset, apa sih yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen? Dari situ, ada penyesuaian strategi pemasaran, mulai dari insepsi produk hingga penjualan. Nah, setelah produk penjual, perusahaan akan riset lagi, untuk mengetahui feedback konsumen dan perbaikan apa yang bisa dilakukan untuk produk yang mereka tawarkan.

Konsep Pemasaran Berwawasan Sosial

Konsep ini mirip dengan konsep pemasaran. Namun, konsep pemasaran berwawasan sosial membuat manajemen pemasaran tak hanya mempertimbangkan laba dan memuaskan kebutuhan konsumen, tapi juga kondisi sosial dan etika dalam praktik pemasaran.

Pernah dengar perusahaan yang menggembar-gemborkan bahwa produk makanannya menggunakan kemasan eco-friendly? Atau, produk mobil/kendaraan yang digadang-gadang sangat irit dan menggunakan teknologi ramah lingkungan? Itulah salah satu konsep pemasaran berwawasan sosial.

Dalam praktiknya, tim manajemen pemasaran akan memilih konsep yang sesuai dengan value perusahaan, pasar, serta produk/jasa yang ditawarkan. Jadi, bisa saja kamu sebagai bagian dari manajemen pemasaran menentukan dan memadukan beberapa konsep sekaligus.

Gimana guys? Tertarik untuk mempelajari manajemen pemasaran lebih lanjut? Saat ini, goKampus punya program Give One, Get One (GOGO) buat kamu yang ikutan kelas online bersertifikasi nih! Klik di sini untuk ikutan kelas marketing management di goKampus.

Oh iya, selain kelas tadi, kamu bisa memilih berbagai kelas di goKampus sesuai minat dan kebutuhanmu biar kamu makin expert. Kamu bisa mendapatkan +1 free voucher code pada setiap transaksi berhasil dari pengguna yang mendaftar pakai refferal id email kamu. Yuk, klik di sini untuk ikutan promo GOGO sekarang dan dapatkan course gratisnya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *