Mahasiswa pada semester akhir atau juga disebut dengan mahasiswa tingkat akhir merupakan langkah untuk mempersiapkan diri menyusun skripsi atau tugas akhir sebagai syarat kelulusan. Tidak lagi disibukkan dengan jadwal mata kuliah, melainkan datang ke kampus hanya untuk bimbingan skripsi dengan dosen pembimbing.

Kamu memiliki waktu selama satu semester alias 6 bulan untuk menyusun skripsi. Namun tergantung pada universitas yang menjadi tempat kamu mengenyam pendidikan, karena beberapa perguruan tinggi memiliki syarat kelulusan lain, yakni magang.

Baca Juga: 7 Situs Terpercaya untuk Cari Referensi untuk Penelitian Ilmiah

Magang adalah sebuah program yang bertujuan sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri sekaligus merasakan secara langsung seperti apa dunia kerja, sebelum nantinya mereka benar-benar terjun ke sana.

Umumnya, program magang berlangsung selama 3 bulan. Itu artinya, masih memiliki 3 bulan untuk fokus dalam penyusunan skripsi, meskipun pada saat magang sejatinya juga sudah bisa memulai proses pengerjaan skripsi.

Untuk itu, kamu harus pintar-pintar dalam mengolah waktu. Jika tidak, program magang hanya berjalan begitu saja tanpa kamu merasakan ragam manfaatnya. Lebih fatal lagi, penyusunan skripsi jadi lama dan bahkan harus menambah satu semester.

Supaya semester akhir berjalan dengan lancar, baik itu program magang maupun penyusunan skripsi, alangkah baiknya untuk mengetahui 3 hal penting berikut ini!

1. Maksimalkan Kesempatan Terjun Ke Lapangan

Seperti diungkapkan sebelumnya bahwa pada semester akhir, para mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti program magang. Namun ini kembali ke masing-masing universitas yang menjadi tempat kamu mengenyam pendidikan tinggi, mengingat tidak semua perguruan tinggi mewajibkan mahasiswanya untuk magang. Hal penting pertama yang perlu kamu ketahui sebagai mahasiswa tingkat akhir.

Dan jika kamu mendapatkan kesempatan untuk langsung terjun ke lapangan, tentu saja harus dimaksimalkan sebaik mungkin. Karena program magang ini akan memberikan kamu berbagai manfaat, diantaranya seperti memperluas relasi, mengaplikasikan ilmu secara langsung, mengembangkan diri, mendapatkan penghasilan tambahan, hingga berkesempatan untuk ditawari pekerjaan.

Manfaat yang terakhir yakni mendapatkan tawaran kerja tentu harus didahului dengan kinerja yang baik. Pasalnya, pihak perusahaan akan menilai bagaimana kamu bekerja selama magang. Jika hasilnya baik, tidak menutup kemungkinan kamu akan ditawari pekerjaan di perusahaan tersebut setelah lulus.

2. Meningkatkan Kemampuan di Berbagai Bidang

Apapun rencana kamu setelah lulus nanti, entah itu menjadi karyawan di salah satu perusahaan ternama atau membangun usaha sendiri, fokus dan kerja keras menjadi kunci untuk mewujudkan rencana tersebut.

Untuk menuju ke tangga kesuksesan, tentu saja tidak cukup hanya bermodalkan ilmu yang kamu pelajari dan juga pengalaman yang kamu dapatkan semasa bangku perkuliahan sesuai dengan jurusan.

Tingkatkan kemampuan kamu di bidang selain sesuai dengan program studi yang kamu jalani. Seperti salah satunya ilmu komunikasi, yakni dengan menambah kemampuan berbahasa asing, Bahasa Inggris contohnya.

3. Rencanakan Tujuan Hidup

Waktu terus berjalan dan tidak dapat diputar-kembali. Rencanakan tujuan hidup kamu sedini mungkin. Tetapkan setiap langkah kecil yang akan terus mengarah pada tujuan akhir. Sesuaikan pula dengan kemampuan yang kamu miliki.

Sebagai mahasiswa tingkat akhir, penting untuk menyusun rencana hidup kedepannya. Semisal, setelah kamu lulus dan mendapatkan gelar Sarjana, kamu akan melangkah kemana, kembali melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau langsung terjun ke dunia usaha.

Setiap langkah pastinya akan dihadapkan dengan dua pilihan. Masing-masing pilihan tentu memiliki keuntungan dan risiko. Cermatlah dalam memutuskan pilihan dan bersungguh-sungguhlah untuk menjalaninya. Jangan justru menyesali pilihan lain yang tidak dipilih karena pilihannya tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Informasi dunia perkuliahan dapat dengan mudah kamu peroleh hanya cukup download aplikasi bernama, goKampus. Diantaranya seperti acara kampus, beasiswa, dana pendidikan, hingga pendaftaran kuliah. Jadi, segera download aplikasinya sekarang juga di Google Play Store dan App Store!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like