cara diet saat puasa
Tips Belajar

5 Cara Diet saat Puasa, Lebaran Turun Berat Badan!

Masih banyak orang yang salah kaprah ketika ingin melakukan diet saat berpuasa. Bukannya turun, berat badan justru semakin bertambah karena pola makan yang gak teratur. Perlu kamu ketahui, menjalankan diet saat berpuasa gak boleh sembarangan agar gak menimbulkan penyakit di kemudian hari. Mengutip dari Hello Sehat, jika seseorang ingin menurunkan berat badannya, maka kurangi asupan 500 kalori per hari agar berat badan turun 0,5-1 kilogram per minggu. Nah, supaya dietmu berhasil dan berat badan juga turun lebaran nanti, yuk simak cara diet saat puasa!

5 Cara Diet saat Puasa yang Bisa Kamu Lakukan

1. Jangan tinggalkan sahur

Melewatkan sahur adalah cara diet saat puasa yang salah. Meninggalkan sahur justru akan membuat kamu kekurangan kalori dan nutrisi yang tubuh butuhkan sehingga tubuh menjadi gak sehat dan timbul penyakit di kemudian hari, seperti maag. Makan saat sahur bertujuan agar energi dan staminamu tetap terjaga selama seharian berpuasa. Ketika kamu melewatkan waktu sahur, kamu cenderung gak dapat mengontrol nafsu makan saat berbuka puasa.

2. Pilih makanan yang bergizi

Memilih makanan yang bergizi tinggi merupakan salah satu hal terpenting dalam menjalani diet. Diet gak akan ada artinya jika makananmu gak bergizi. Pada saat sahur, kamu bisa memilih jenis karbohidrat kompleks karena memberikan rasa kenyang dalam waktu yang lama, seperti roti gandum dan beras merah. Selain itu, kamu juga bisa makan oatmeal, buah-buahan, sayuran, susu, telur, yoghurt, kacang-kacangan atau daging ayam kukus. Hindari makanan dan minuman yang bergula tinggi jika ingin dietmu berhasil.

Sementara, pada saat buka puasa, kamu bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang rendah lemak dan gula, seperti air putih, susu, jus buah, smoothies, kurma, buah-buahan, sup kaldu daging dan kacang-kacangan, bubur kacang hijau serta agar-agar rendah gula. Kamu harus menghindari makanan berminyak, seperti gorengan. Lemak jenuh yang terkandung dalam gorengan dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan meningkatkan risiko kolesterol. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih makanan dengan lemak baik, seperti alpukat, ikan-ikanan, sayuran serta kacang-kacangan.

3. Perbanyak minum air putih

Kamu pasti gak mau dong dehidrasi saat berpuasa? Minumlah air putih yang banyak saat sahur dan buka puasa. Hal ini agar tubuhmu tetap terhidrasi dengan baik selama puasa. Pada saat sahur, usahakan juga mengonsumsi makanan yang kaya akan cairan agar tubuhmu juga tetap terhidrasi dengan baik.

4. Rajin berolahraga

Ini juga merupakan salah satu cara diet saat puasa supaya berat badanmu turun. Puasa bukanlah alasan untuk bermalas-malasan dan gak berolahraga. Dengan kamu berolahraga saat puasa, maka kalori yang terbakar bisa menjadi lebih banyak dan efektif untuk menurunkan berat badan. Namun, jangan memaksakan diri untuk langsung berolahraga dengan intensitas yang tinggi. Kamu bisa memilih olahraga dengan intensitas rendah, seperti yoga untuk membantu mengelola stres sekaligus membakar kalori.

5. Istirahat yang cukup

Tahukah kamu jika kurang tidur dapat mengganggu metabolisme sistem pencernaan dan bahkan dapat meningkatkan rasa lapar terus-menerus? Jika metabolisme tubuh terganggu, maka pembakaran lemak pun menjadi gak efektif. Agar kamu bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik, ada baiknya kurangi makanan manis dan berlemak sebelum tidur, menghindari minuman berkafein, gak menggunakan gadget sebelum tidur dan atur ruangan menjadi tempat yang tenang dan gelap.

Itulah 5 cara diet saat puasa yang bisa kamu lakukan. Jika kamu masih merasa kurang yakin dan ingin mengetahui lebih lanjut terkait kondisi tubuhmu, maka kamu bisa langsung berkonsultasi dengan dokter gizi. Dokter gizi bisa membantumu untuk mengatur pola makan, waktu olahraga dan istirahat. Kunci diet dalam puasa adalah sikap disiplin, konsisten dan gak terlalu memaksakan diri. Semangat dan semoga berhasil dietnya!

Baca Juga: Menu Diet saat Puasa Turun 10 Kg? Begini Tipsnya!

Oh iya, selama bulan puasa ini, kamu juga bisa mengisi waktumu dengan ikutan kelas yang bersertifikat di goKampus, loh. Agar gak bosan menunggu waktu berbuka puasa atau bingung melakukan kegiatan apa setelah sahur, yuk cari kelas yang kamu minati dan ikutan kelasnya dengan klik di sini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *