suka duka belajar online
Tips Belajar

Ada Suka dan Duka Saat Belajar Online, Lebih Banyak Mana?

Suka duka belajar online jadi topik yang lumayan ramai menjadi perdebatan di kalangan pelajar dan mahasiswa loh. Ada yang merasa lebih banyak sukanya, ada juga yang merasa lebih banyak dukanya. Kalau kamu lebih banyak sukanya atau dukanya? Kita bahas yuk.

Bidang pendidikan mungkin jadi salah satu bidang yang paling terdampak akibat adanya pandemi COVID-19. Demi memutus rantai penyebaran virus, semua negara terpaksa menerapkan learn from home (LFH) atau SFH (school from home). Tentunya, di mana ada perubahan, pasti ada dampak positif maupun negatifnya. 

Nah, rupanya dampak dari penerapan belajar online ini gak cuma untuk pelaku pendidikan saja ya, tapi juga elemen masyarakat lain. Misalnya para pedagang di kantin sekolah dan kampus, supir jemputan, dan masih banyak lagi. Lalu kalau dampaknya bagi pelajar apa saja ya? Simak yuk. 

Momen Suka Saat Belajar Online 

Belajar online tentu jadi tantangan tersendiri bagi generasi zaman sekarang. Bukan gak mungkin meski pandemi berakhir sekalipun, tren belajar dari rumah ini akan terus berjalan. Artinya, mau tak mau, baik siswa, mahasiswa, maupun karyawan harus terbiasa dengan tren pembelajaran baru ini. Lagipula, belajar online ini ternyata memberi banyak manfaat loh.

Baca Juga: Tips Membuat Seminar Online Berjalan Sukses

1. Penggunaan Gadget Jadi Lebih Positif

Jika sebelumnya penggunaan gadget lebih sering mendapat tanggapan sebagai sesuatu yang negatif, sekarang gak lagi. Kamu jadi bisa memanfaatkan gadget seperti ponsel, laptop, tab, dan PC sebagaimana mestinya. 

2. Praktis

Adanya berbagai aplikasi membuat siswa maupun mahasiswa jadi lebih mudah dalam mengerjakan tugas. Dahulu, pelajar masih harus print makalah, menjilid, bahkan membuat kliping. Kini, semua sudah serba online dan cukup menyerahkan hasil softcopy saja. Malahan adanya aplikasi seperti adobe, corel, word dan lain-lain membuat segalanya jadi lebih praktis.  

3. Waktu Lebih Fleksibel

Sebelumnya, kamu mungkin harus bangun lebih pagi untuk berangkat ke tempat belajar. Kamu harus menghadapi kemacetan yang tentu saja akan menguras tenaga. Sementara belajar online bisa dilakukan dari rumah. Sehingga waktu jadi lebih fleksibel dan kamu punya waktu lebih banyak untuk belajar. 

4. Banyak Informasi Yang Bisa Diakses

Dengan belajar online, ada banyak sumber informasi tentang apa yang akan pelajari. Kamu juga bisa mencari informasi lain yang gak ada di buku panduan selama di sekolah. Bahkan penyajian informasi juga sudah lebih menyenangkan karena ada yang dalam bentuk video, animasi, gambar, dan lain-lain. 

Dampak Negatif Belajar Online

Belajar online bukan tanpa kekurangan. Berikut beberapa dampak negatif yang jadi pelengkap suka duka belajar online. 

1. Kurang Sarana dan Prasarana

Saat belajar online, kamu tentu jadi kurang mendapat sarana dan prasarana yang biasanya tersedia di sekolah atau kampus seperti laboratorium. Tanpa lab, kebutuhan praktikum akan sulit terpenuhi. 

2. Pemilihan Gadget Terlalu Menentukan

Selain itu, pemilihan gadget tentunya juga jadi hal penting. Semakin bagus kualitas gadget yang dipakai, maka proses belajar akan terbantu. Namun gadget yang berkualitas tentu saja harganya lebih mahal. 

3. Kurang Pengawasan dan Pemahaman Materi

Belajar online akan sulit untuk diawasi, termasuk saat ujian. Jadi kualitas pengajarannya masih dipertanyakan. Keaktifan siswa juga sulit maksimal. Hal ini sedikit banyak bakal berpengaruh pada pemahaman materi yang diberikan. 

4. Bergantung Pada Listrik Dan Internet

Kamu tentu akan sulit untuk belajar bila ada pemadaman listrik atau internet. Penggunaan listrik berlebihan juga berdampak pada tagihan yang membengkak. 

5. Kurang Bergerak

Kesehatan sangat berpengaruh oleh ketidakaktifan kita dalam bergerak. Hal ini berbahaya jika gak berimbang dengan aktivitas untuk kesehatan. 

Pembelajaran online memang menjadi isu dan suatu tantangan baru di zaman serba digital seperti sekarang. Cepat atau lambat, kita semua harus sudah siap menghadapi segala perubahan. Sekarang tinggal gimana kamu memanfaatkan segala perubahan tersebut jadi sesuatu yang tetap menyenangkan dan berfaedah.

Kamu juga bisa mengikuti kelas-kelas sebagai persiapan diri untuk menghadapi perubahan di goKampus. Kamu bisa upgrade skill dengan mengikuti kelas-kelas bergengsi bersama para ahli di bidangnya. Ikutan kelas di goKampus, ada promo-promo menarik dan program cicilan ringan. Penasaran sama kelas-kelas online di goKampus? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *