bisnis plan
Tips Belajar

5 Alasan Kamu Harus Bikin Plan Sebelum Memulai Bisnis

Banyak pebisnis pemula yang meremehkan pentingnya business plan (rencana bisnis). “Ah, usaha gue kan kecil-kecilan, buat apa bikin business plan? Ribet!”. Padahal, baik usaha skala besar maupun usaha kecil-kecilan tetap membutuhkan business plan agar bisa survive dan menghasilkan keuntungan secara stabil.

Mengapa business plan begitu penting? Yuk, kita bahas definisinya lebih dulu. Business plan adalah laporan tertulis yang disiapkan pebisnis, berisi tentang berbagai perencanaan untuk berbagai aspek dalam bisnis seperti pemasaran, keuangan, manufaktur, dan SDM (sumber daya manusia). 

Isi Lengkap Dari Business Plan, Persiapan Untuk Mulai Bisnis Nih!

  • Pendahuluan – Berisi latar belakang perusahaan dari pemilik, struktur, visi, misi, serta tujuan perusahaan
  • Analisis Pasar dan Pemasaran – Produk/jasa apa yang kamu tawarkan? Kompetitornya seperti apa? Apa kelebihan bisnismu dibandingkan kompetitor?
  • Analisis Produksi – Bagaimana cara kamu memproduksi barang/ jasa yang ditawarkan ke pasar bisa kamu tulis di bagian ini.
  • Analisis Sumber Daya Manusia – Kira-kira, berapa orang yang kamu butuhkan agar bisnis berjalan dengan lancar? Karyawan seperti apa yang kamu butuhkan?
  • Analisis Keuangan – Di bagian ini, kamu bisa merencanakan dana dan modal yang kamu miliki dan butuhkan untuk menjalankan bisnis.
  • Peluang Bisnis – Keunggulan dari ide bisnis yang kamu akan jalankan, juga target yang kamu harapkan.
  • Eksekusi Bisnis – Bagaimana menjalankan bisnismu kelak, bisa kamu jabarkan secara lengkap di bagian ini.
  • Lampiran – Berisi surat-surat izin dan sertifikat yang kamu butuhkan dalam menjalankan bisnis.

Lalu, apa saja alasan kamu harus membuat business plan? Inilah beberapa di antaranya.

Menarik Investor

Dalam bisnis, terkadang modal perorangan saja gak cukup. Kamu butuh investor awal? Cobalah bikin perencanaan bisnis yang lengkap, karena dengan begitu investor akan yakin dengan keseriusanmu dalam berbisnis.

Terus Mengembangkan Bisnis

Business plan kamu bisa berguna sebagai patokan untuk terus mengembangkan bisnis. Sebab, analisis pasar dan peluang bisnis yang kamu buat menjabarkan hal-hal tersebut.

Evaluasi

Dalam business plan, ada target yang kamu rencanakan. Jika target tersebut gak tercapai, kamu bisa melakukan evaluasi dan melakukan perbaikan dalam menjalani usahamu.

Buat Bisnis Lebih Fokus Dan Terarah

Business plan yang tersusun dengan baik akan membuat bisnis kamu lebih fokus dan terarah. Soalnya, bisnis jadi punya tujuan serta target yang ingin dicapai. Jika kamu disiplin menjalankan perencanaan, bisnismu enggak akan melenceng kemana-mana.

Menyamakan Persepsi Dengan Business Partner 

Jika kamu punya business partner (mitra bisnis), business plan akan menjadi sarana untuk menyamakan persepsi antara kamu dan mitra bisnismu.

Siap menjalani bisnis dengan strategi mumpuni? Kamu bisa meningkatkan kemampuan strategi bisnismu dengan ikutan kelas Managing Business Strategy dari goKampus. Bekerja sama dengan kampus terbaik di Singapura, Nanyang Technological University (NTU), kamu bisa dapat sertifikat profesional dari NTU secara online dari rumah! Cek linknya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *