manajemen bisnis
Tips Belajar

Fungsi Manajemen Bisnis yang Wajib Diperhatikan Pengusaha Pemula

Tanpa ada manajemen bisnis yang baik dan tepat guna, sebuah bisnis akan gagal. Setujukah kamu dengan pernyataan tersebut? Pastinya, manajemen bisnis sangat penting bagi kamu yang ingin menjalankan usaha. Yuk, kita bahas deskripsi dan fungsinya.

Manajemen bisnis adalah berbagai kegiatan seseorang/sekelompok orang sejak merencanakan, mengerjakan, dan mengawasi sebuah usaha/bisnis agar dapat mencapai tujuan bisnis. 

Manajemen bisnis juga berupa perencanaan dengan mengoptimalkan seluruh sumber daya untuk mencapai target. Sehingga, jika sebuah bisnis tidak memiliki manajemen dan rencana bisnis yang matang, bisnis tersebut mungkin akan tetap berjalan, tapi enggak akan bertahan lama. Entah enggak kunjung balik modal, merugi terus menerus, atau bahkan terjerat hutang.

Makanya penting bagi pengusaha pemula untuk memahami fungsi manajemen bisnis.

Fungsi Manajemen Bisnis bagi Pengusaha Pemula

1. Planning

Sebelum kamu membangun usaha, tentu saja kamu butuh perencanaan usaha. Ini bisa sangat bervariasi tergantung dari usaha yang ingin kamu jalankan. Hal-hal umum yang harus kamu rencanakan misalnya pemasaran, promosi, produk/jasa yang ditawarkan, dan pembukuan keuangan.

Jika perencanaan yang kamu buat lengkap dan menjalankannya dengan benar, kegiatan usaha yang kamu jalankan akan lebih teratur sebab perencanaan tersebut menjadi patokan dasar kegiatan bisnismu.

2. Organizing

Jika kamu telah membuat perencanaan, langkah selanjutnya adalah membagi pekerjaan tergantung dengan bidang usahamu. Sebuah media daring, misalnya, akan membutuhkan kelompok-kelompok yang terdiri dari tim jurnalis, tim sales, tim marketing, tim finance, dan tim produk.

Jika melakukan pembagian secara tepat, pekerjaan akan berjalan dengan lancar. Asalkan, perusahaan terus melakukan evaluasi sumber daya manusia setiap kurun waktu tertentu.

3. Staffing, fungsi manajemen bisnis yang gak kalah penting

Jika organizing mencakup sumber daya manusia, staffing mencakup seluruh sumber daya yang dimiliki perusahaan. Contohnya, penggunaan unit komputer oleh karyawan, mesin produksi, bahan baku, dan sebagainya. Hal ini penting karena sering kelewat. 

Sebab, sumber daya harus diatur sesuai kebutuhan. Jika kamu gak melakukan manajemen sumber daya, modal bisa membengkak dan berujung bisnis merugi.

4. Directing

Untuk mengatur para karyawan, sebuah bisnis harus punya pimpinan. Sebab, kinerja pekerja sangat berpengaruh dalam pendapatan perusahaan. Jika terjadi penurunan pendapatan, para pimpinan harus turun tangan untuk mengarahkan bawahannya.

5. Controlling

Controlling di sini maksudnya adalah “pengawasan”. Enggak hanya mengawasi karyawan/bawahan, kamu sebagai pemilik bisnis harus mengawasi sistem kerja dalam bisnismu. Catat setiap kesulitan dan hambatan. Nantinya, ini bisa jadi bahan evaluasi.

Itulah beragam fungsi manajemen bisnis yang perlu kamu ketahui. Kalau ingin mempelajari lebih jauh seputar inovasi dalam bisnis, kamu bisa ikutan kelas Innovation Process Management di sini. Kamu gak hanya bisa ikutan kelasnya dari mana saja secara online, tetapi juga dapat sertifikat dari institusi ternama Singapura dengan biaya terjangkau.

Oh iya, kamu mau dapat kelas sertifikasi sekalian upgrade ilmu secara gratis? Siapa bilang upgrade skill harus mahal? Bareng goKampus, apalagi lewat program Give One, Get One (GOGO), kamu bisa menjadi yang paling top di bidang yang kamu minati!

Dengan berbagai courses di bidang marketingdesignor even more, kamu bisa terus upgrade skill biar jadi expert dari teman-temanmu yang lain. Get 1 course for free and get more free courses saat temanmu juga ikutan kelas menggunakan referral-mu. Bagikan referral kamu sekarang, let’s go! Kepoin selengkapnya program GOGO dari goKampus di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *