seo
Tips Belajar

Kunci Sukses Agar Bisnismu Semakin Eksis Dengan SEO

Sebagai seorang pebisnis, pastinya kamu ingin bisnismu bisa menjadi semakin lebih besar dan berkembang. Dari berbagai modal yang sudah kamu keluarkan, kamu pun berharap agar brand yang telah dibikin bisa dikenal banyak orang dan mendapatkan pelanggan setia. Namun seringkali realita gak sesuai ekspektasi, sudah mencoba beberapa macam promosi dan marketing tapi jualanmu tetap sepi. Kalau begini, sudah saatnya kamu mencoba strategi penggunaan SEO. Cara ini bisa menjadi kunci sukses untuk mengenalkan bisnismu kepada orang lain melalui internet. Penasaran seperti apa? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

Apa Itu SEO?

Search engine optimization (SEO) adalah sebuah usaha untuk mengoptimasi website bisnismu agar mendapatkan peringkat teratas dalam hasil pencarian di search engine seperti Google. Sehingga pengguna internet dapat dengan mudah menemukan website-mu melalui kata kunci yang mereka ketik. Cara ini penting karena umumnya pengguna internet akan cenderung membuka suatu situs, yang terletak paling atas di halaman utama pencarian. Hal ini tentu akan memengaruhi traffic suatu website. Singkatnya, akan memudahkanmu memasarkan bisnis, meningkatkan pelanggan, dan juga reputasi. Namun, perlu kamu ingat, untuk mendapatkan hasil yang sesuai tentunya memakan waktu yang gak sebentar. Kamu harus tekun dan konsisten untuk mengembangkan bisnismu.

Apa Saja Manfaatnya?

1. Meningkatkan peringkat dan traffic website

Salah satu manfaat utama penggunaan SEO adalah untuk meningkatkan rangking website di search engine. Karena audiens akan cenderung untuk meng-click atau melihat sebuah website yang berada di halaman pertama. Dengan begitu traffic website pun akan semakin meningkat, karena pengunjung dapat dengan mudah untuk menemukan website bisnismu.

2. Mendapatkan target pasar yang sesuai

Karena menggunakan berbagai kata kunci yang sudah diriset, maka pengunjung website pun akan tersaring dengan sendirinya. Sehingga orang yang mengunjungi website adalah orang yang memang tertarik dengan produk dan layanan yang kamu tawarkan.

3. Meningkatkan brand awareness bisnismu

Semakin banyak audiens yang mengunjungi website-mu, maka semakin banyak pula audiens yang mengetahui dan mengenal brand bisnismu. Semakin besar juga peluangmu untuk mendapatkan pelanggan. Melansir situs Niagahoster, rata-rata calon pelanggan baru akan tertarik dengan sebuah brand setelah 3-5 kali menemukan website yang kamu buat. Karena itu, semakin sering website berada di halaman pertama search engine, maka semakin besar juga untuk mendapatkan brand awareness.

4. Promosi setiap saat

Menggunakan SEO sama saja dengan mempromosikan website sepanjang waktu. Beda halnya dengan menggunakan ads yang harus membayar agar website dapat terlihat di halaman pertama, dengan melakukan SEO terus-menerus, kamu sama saja melakukan promosi tiada henti dan menarik perhatian audiens.

5. Meningkatkan penjualan

Umumnya sebelum membeli sesuatu, setiap orang akan melakukan riset terlebih dahulu melalui search engine. Tentunya ini menjadi kesempatan emas untukmu. Semakin banyak orang mengetahui dan mengenali brand dan website milikmu, maka peluang untuk meningkatkan pelanggan dan pejualan pun menjadi besar.

6. Bersifat investasi jangka panjang

SEO sendiri menjadi investasi strategi pemasaran online dalam jangka panjang. Karena cara kerja SEO adalah meningkatkan rangking website pada kata kunci yang relevan. Jika sebuah website memiliki banyak kata kunci yang relevan, maka pengunjung website pun akan semakin meningkat.

7. Hemat biaya

SEO adalah sebuah promosi yang gratis, berbeda dengan menggunakan ads yang mengharuskan kita membayar dengan jumlah besar terus-menerus. Kuncinya adalah tekun, konsisten, dan sabar.

Apa Saja Pembagiannya?

Terdapat 2 jenis SEO yang memiliki fungsi untuk meningkatkan rangking website dalam search engine, yaitu SEO on page dan off page. Biar gak bingung lagi, simak penjelasannya di bawah ini.

1. On Page

SEO jenis ini memiliki peran penting pada konten dalam website. Beberapa bagian dari isi konten dapat diubah dan disesuaikan agar dapat memaksimalkan kinerja dari website. Misalnya, terdapat permalink, menggunakan judul menarik yang dalamnya memuat kata kunci, menggunakan heading dan sub-heading, tata letak gambar, memasukkan beberapa kata kunci yang dituju pada 100 kata pertama, dan berbagai elemen lainnya. Dengan adanya SEO on page yang bagus, maka website-mu berpeluang besar untuk muncul di halaman pertama search engine.

2. Off Page

SEO off page bertugas memaksimalkan website dari luar konten. Karena tidak cuma isi konten saja, faktor-faktor eksternal juga memiliki pengaruh penting bagi perkembangan website, seperti link building, domain authority, page authority, melakukan promosi konten melalui sosial media, dan juga backlink.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Mau Belajar?

1. Pahami Konsep Dasar

Jika ingin mempelajari lebih dalam, maka kamu harus memahami konsep-konsep dasar SEO terlebih dahulu. Seperti jenis-jenisnya, cara kerja, gimana cara riset berbagai kata kunci yang relevan, konten seperti apa yang akan kamu buat, memahami aturan-aturan beserta algoritmanya, dan sebagainya.

2. Mengetahui Teknis

Penting bagi kamu untuk mempelajari teknis-teknis SEO secara mendalam. Jadi, ketika kamu menemukan masalah pada penerapannya, kamu sudah memahami tips dan trik dalam menghadapinya. Beberapa teknis misalnya seperti kecepatan website, struktur website, XML sitemap, keamanan situs (SSL), layout website, navigasi, ketepatan strategi, indexability, dan mobile friendly. Jika sebuah website memiliki struktur yang bagus, maka akan mudah dibaca oleh search engine.

3. Menguasai Tools

Tools SEO berguna untuk memudahkanmu dalam penerapannya. Selain itu, menguasai tools juga akan menghemat waktumu dan memberikan banyak insights, baik dari website sendiri ataupun milik kompetitor. Situs Ahrefs bilang, beberapa tools yang sebaiknya kamu kuasai adalah Google Analytics, Google Search Console, Bing Webmasters Tool, Pingdom Site Speed Tool, serta Screaming Frog.

4. Memiliki Target, dan Mengetahui Cara Mengukur Keberhasilan

Dalam menerapkan SEO, tentunya kamu harus memiliki target yang pasti. Ini berguna agar kamu gak kehilangan arah ketika menerapkan cara ini. Selain target, audit atau evaluasi juga wajib dilakukan. Pada evaluasi kamu dapat memeriksa kembali seluruh aspek dan komponennya, apakah sudah berjalan semestinya, sudah maksimal atau masih bisa ditingkatkan lagi, serta fitur dan konten apa saja yang dibutuhkan oleh pengunjung website.

Pakar SEO

Karena SEO seringkali dianggap sulit, banyak pebisnis yang akhirnya memutuskan menggunakan jasa pakar SEO. Melansir IDCloudHost, pakar SEO adalah ahli SEO yang memiliki kemampuan untuk menganalisis, meninjau, meningkatkan kinerja website serta rangking dalam hasil pencarian.

Selain menghemat waktu, menggunakan jasa pakar mungkin dapat meningkatkan rangking website kamu. Akan tetapi harus diingat, hal ini juga beresiko tinggi untuk website dan reputasimu.

Mengikuti Kursus

Dalam dunia bisnis, SEO menjadi salah satu kunci kesuksesan dari sebuah bisnis loh! Gak heran kemudian banyak orang yang mempelajari seluk-beluk SEO dengan mengikuti kursus. Kursusnya sendiri ada yang gratis dan juga berbayar. Kamu bisa mengikutinya sesuai dengan kebutuhanmu. Nah, ini dia beberapa rekomendasi tempat kursus untuk mengasah kemampuanmu. Adakah tempat favoritmu di sini?

1. SEMRush Academy

2. MOZ SEO Training Course

3. HubSpot SEO Course

4. The Blueprint Training

5. Yoast Academy

6. The SEO Playbook

7. The ClickMinded SEO Training Couse

8. Udemy

Gimana? Sudah tahu seluk-beluk SEO kan? Tergoda? Kamu bisa belajar dulu dari basic ya! Caranya? Ikutan kursus SEO online di goKampus ya! Di sana kamu belajar dasar-dasar SEO.

Selain itu, di goKampus juga bisa meningkatkan skill bisnismu dengan ikutan kursus profesional sertifikasi siap kerja! Bekerja sama dengan Nanyang Technological University (NTU), kampus terbaik di Singapura, kamu bisa dapat sertifikat NTU secara online dari rumah! Seru kan? Cek linknya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *