algoritma dan pemrograman
Tips Belajar

Apa Hubungan antara Algoritma dan Pemrograman? Yuk, Cek!

Apa yang kamu pikirkan saat mendengar “Algoritma dan pemrograman”? Mungkin, beberapa di antara kamu berpikir kalau kedua hal tersebut saling berhubungan, apalagi di era yang serba mengandalkan teknologi ini. Namun, benarkah begitu? Yuk, ketahui hubungan antara keduanya di artikel ini!

Hubungan Algoritma dan Pemrograman

Nah, bagi kamu yang menggeluti dunia komputer dan hal-hal yang berhubungan programming, pasti tertarik dengan algoritma. Algoritma adalah susunan langkah komputasi untuk menyelesaikan suatu masalah.

Algoritma sebenarnya lahir sebagai bagian dari ilmu matematika. Namun, seiring dengan perkembangannya, algoritma berhubungan erat dengan ilmu komputer.

Ada yang mengatakan kalau algoritma sudah muncul sejak era Babilonia. Tentunya, bukan untuk pemrograman di komputer. Saat itu, algoritma adalah sebagai alat bantu pertanian.

Di era modern, algoritma semakin dikenal dan berkaitan dengan programming berkat kehadiran Google. Google menggunakan algoritma untuk menentukan urutan hasil pencarian yang pengguna ingin ketahui. Trik pemanfaatan algoritma dalam programming ternyata mampu meningkatkan kualitas hasil pencarian.

Lalu, apa hubungan algoritma dan pemrograman? Saat kamu melakukan programming, algoritma berperan sebagai logika untuk menentukan program yang akan kamu buat.

Jadi, algoritma pemrograman adalah serangkaian proses yang wajib ketika melakukan perhitungan penyelesaian masalah, khususnya program komputer. Dalam hal ini, proses pemecahan masalah dalam pemrograman harus menggunakan susunan logis berdasarkan sistematika tertentu.

Seperti Apa Contoh Algoritma?

Kamu pernah menonton film The Social Dilemma (2020) yang ada di Netflix? Film yang rilis pada September 2020 dan disutradarai oleh Jeff Orlowski ini menjabarkan peran algoritma di media sosial. Bahkan, film itu juga menjelaskan seluruh aktivitas di internet secara umum.

Contoh lainnya, aktivitas yang kita lakukan ketika berselancar di dunia maya. Saat kamu mengakses YouTube atau social media lainnya, platform tersebut menyuguhkan konten yang mirip dengan konten yang kamu tonton sebelumnya. Itulah contoh lain dari algoritma.

Baca Juga: Sering Dilakukan, Ini Contoh Algoritma di Kehidupan Sehari-hari

Gimana? Sekarang kamu sudah tahu apa hubungan algoritma dengan programming? Kalau kamu tertarik mendalami ilmu algoritma dalam pemrograman bisa kok ikutan course tentang algoritma dari Amazon Web Services di goKampus. Cusss, sign up kelasnya sekarang atau explore kelas AWS lainnya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *