Berhasil memperoleh beasiswa kuliah merupakan salah satu impian bagi sebagian besar para pelajar. Bukan hanya solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan akan biaya kuliah yang mahal, tetapi juga menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi penerimanya.

Menjadi kebanggaan tersendiri karena mendapatkan beasiswa itu bukanlah perkara yang mudah. Mengingat, tingkat persaingannya begitu tinggi. Tidak sedikit yang pada akhirnya harus menangis karena dinyatakan gagal.

Baca Juga: Apa Sih Manfaat Kuliah? Ini Jawabannya!

Serangkaian tes harus dilalui oleh setiap pelamar dalam proses seleksi penerimaan beasiswa kuliah. Mulai dari mengumpulkan berkas seperti essay beasiswa, tes ujian tertulis hingga tes wawancara. Tak heran, mengapa memperoleh beasiswa itu adalah sebuah kebanggaan.

Meski memiliki serangkaian tes yang harus dilakukan, bukan seharusnya menjadi penghalang untuk mengajukan diri ke program beasiswa. Mengingat bahwa beasiswa adalah jawaban terbaik atas inflasi dana pendidikan yang tinggi.

Untuk kamu yang tengah berjuang mendapatkan beasiswa kuliah, berikut ini 3 tips hadapi tes ujian tertulis beasiswa. Dijamin kamu akan mampu melewati tahapan ini dengan nilai maksimal. Itu artinya, kamu menjadi salah satu pelamar yang dipertimbangkan untuk didanai studinya.

1. Mencari Informasi

Sebelum mempersiapkan diri untuk menghabiskan waktu dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi tes ujian tertulis beasiswa, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari informasi.

Mencari informasi dalam hal ini adalah tentang proses seleksi dan mekanisme penilaian. Catat pula tanggal dan waktu ujian tertulis tes beasiswa dilangsungkan. Ini bertujuan untuk membantu kamu dalam mempersiapkan waktu belajar sebelum tes tersebut dimulai.

Mendapatkan ragam informasi di era modern sekarang ini bukan lagi menjadi pekerjaan yang sulit. Cukup menggunakan komputer atau laptop dan bahkan smartphone, kemudian ketik kata kunci di mesin pencari seperti Google, dan dengan sekejap ragam informasi tersaji.

Catatan penting untuk diperhatikan, pastikan informasi yang kamu dapatkan melalui dunia internet adalah valid. Untuk memastikan hal tersebut, cek website yang kamu kunjungi. Apakah laman resmi dan terpercaya atau tidak.

2. Belajar Sedini Mungkin

Setelah kamu mengetahui informasi secara valid mengenai tes beasiswa, mulailah untuk belajar. Penting untuk sedini mungkin memulai belajar. Karena hal itu akan benar-benar membuat diri kamu siap menghadapi ujian tertulis beasiswa.

Ingatlah satu hal bahwa tidak ada yang instan di dunia ini kecuali mie. Maksudnya, sebuah proses tidak akan pernah mengkhianati hasil. Mulailah untuk membiasakan diri mempersiapkan segala hal sedini mungkin, termasuk untuk menghadapi ujian tertulis beasiswa.

Supaya proses belajar berjalan maksimal, mulailah dengan materi-materi yang mudah. Jangan menghabiskan waktu terlalu banyak hanya untuk satu materi, mengingat materi yang diujikan pada tes beasiswa begitu beragam.

Kuncinya, optimalkan terlebih dahulu materi-materi yang mudah sebelum berlanjut ke materi yang kamu anggap sulit. Dengan begitu, ketika mengerjakan tes ujian tertulis beasiswa kuliah, waktu pengerjaan jadi jauh lebih efisien karena telah menguasai materi-materi yang mudah.

3. Pintar Membagi Waktu

Jangan habiskan waktu hanya untuk belajar. Hal itu tentu saja sangat tidak baik. Maksudnya, kalau kamu hanya fokus belajar sampai-sampai melupakan waktu istirahat dan bermain, dapat dipastikan kamu akan jatuh sakit dan stress.

Pintarlah dalam membagi waktu. Waktu untuk belajar, waktu bermain, dan waktu istirahat. Bermain dan istirahat juga menjadi bagian dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian tertulis tes beasiswa. Tanpa kedua hal tersebut, niscaya kamu justru akan merugi.

Kamu ingin kuliah gratis? Langsung saja download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store sekarang juga! Dapatkan kesempatan meraih beasiswa hingga 20 juta per semester hanya melalui satu aplikasi. Selain itu, proses pendaftaran kuliah juga bisa dilakukan dengan mudah dan hemat. Informasi seputar dana pendidikan, acara kampus dan kerja magang tersaji secara menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like