Bagi mahasiswa, bisa magang kuliah di luar negeri tentu menjadi sebuah impian sekaligus kebanggaan tersendiri. Namun, tidak semua bisa melakukan hal tersebut dan pada akhirnya harus menjalani program magang di dalam negeri.

Magang di luar negeri akan menjadi sebuah tantangan bagi yang menjalaninya karena perbedaan bahasa, budaya hingga tuntutan pekerjaan. Terlebih lagi jika budaya dan iklim yang sangat berbeda dengan Indonesia, seperti di Eropa ataupun Amerika. Meski begitu, bukan berarti penghalang untuk mendapatkan pengalaman berharga.

Baca Juga: Apa Sih Manfaat Magang Bagi Mahasiswa?

Kamu berencana untuk merasakan langsung bagaimana dunia kerja di luar negeri melalui program magang ini? Coba 4 tips magang kuliah di luar negeri berikut ini. Dijamin akan memperbesar peluang kamu untuk mewujudkan rencana tersebut.

1. Memiliki Keyakinan yang Kuat

Tips pertama untuk memperbesar peluang magang di luar negeri adalah memiliki keyakinan yang kuat. Bagaimana bisa kamu mencapai suatu tujuan jika diri kamu sendiri tidak meyakini hal itu bisa terjadi.

Dengan keyakinan yang kuat, kamu akan terus termotivasi untuk melakukan segalanya secara maksimal hingga pada akhirnya impian menjadi kenyataan. Begitu pun ketika kamu sudah diterima di sebuah perusahaan di luar negeri, tekanan yang terjadi tidak akan membuat kamu menyerah akan keadaan.

Untuk itu, yakinkan diri kamu terlebih dahulu bahwa kamu benar-benar ingin magang di luar negeri dengan ragam tujuan yang diraih. Tanpa keyakinan yang kuat, lupakan impian kamu tersebut.

2. Berkonsultasi dengan Dosen

Setelah kamu memiliki keyakinan yang kuat, langkah selanjutnya adalah kamu harus berkonsultasi dengan dosen. Jangan ragu atau malu untuk mengutarakan keinginan dan harapan kamu kepada dosen.

Dosen pun akan memberikan saran dan pertimbangan untuk kamu agar dapat magang kuliah di luar negeri. Tidak hanya itu, Ia juga akan membantu kamu dalam hal melengkapi beberapa persyaratan yang dibutuhkan, seperti surat rekomendasi, keterangan kuliah, dan lain sebagainya.

3. Mencari Informasi Magang

Dengan lebih dulu memiliki keyakinan kuat dan telah berkonsultasi dengan dosen, berikutnya adalah cari informasi lowongan magang di luar negeri. Sangatlah mudah untuk melakukan hal yang satu ini, mengingat sekarang kamu hidup di era keterbukaan.

Ragam informasi lowongan magang kuliah di luar negeri pun bisa diperoleh hanya melalui smartphone kamu. Cukup ketik kata kunci tersebut di mesin pencari seperti Google, seketika beragam lowongan kerja bermunculan.

Pilih beberapa lowongan magang yang kamu tertarik untuk mengajukannya atau dirasa memiliki peluang besar untuk diterima. Disarankan untuk sesuai dengan jurusan kuliah ataupun kemampuan kamu. Karena jika tidak, akan memperkecil kesempatan kamu untuk merasakan dunia kerja di negeri orang dalam program magang.

4. Bergabung dengan AIESEC

Tips keempat untuk kamu yang berencana magang di luar negeri adalah dengan bergabung bersama AIESEC. Adalah suatu organisasi nonprofit yang sudah tersebar di beberapa negara di dunia.

Organisasi nonprofit ini seringkali mengadakan acara-acara seputar dunia perkuliahan, seperti student exchange, summer camp, dan tentunya program magang, baik itu yang sudah menjadi anggota maupun belum.

Bergabung dengan AIESEC bukan hanya akan membuat kamu mengetahui informasi magang di luar negeri, tetapi juga menjalin pertemanan dari berbagai belahan dunia. Sehingga, ketika kamu berhasil mendapatkan kesempatan untuk magang kuliah di luar negeri, kamu sudah memiliki tempat di negara tujuan tersebut. Hal itu tentu saja akan mempermudah kamu dalam beradaptasi.

Ragam informasi lowongan magang juga bisa kamu dapatkan melalui aplikasi bernama goKampus. Aplikasi ini sudah bisa kamu download di Google Play Store dan App Store. Di aplikasi ini, bukan hanya magang yang diinformasikan secara menarik, tapi juga seputar dunia perkuliahan lainnya. Mulai dari beasiswa, pendaftaran kuliah, event kampus, dan dana pendidikan, hingga promo mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like