Meski banyak cara untuk mengatasi permasalahan akan biaya kuliah yang mahal, namun beasiswa masih menjadi jawaban terbaik. Alasannya tentu karena seluruh dana pendidikan menjadi tanggung jawab penyedia beasiswa. Itu artinya, kamu hanya fokus untuk belajar dan mengembangkan diri.

Namun, kamu juga sudah menyadari akan fakta bahwa untuk mendapatkan bantuan dana pendidikan gratis itu tidaklah mudah. Karena tidak sedikit yang menginginkan beasiswa kuliah. Sehingga, kamu harus lebih dulu mengalahkan para pelamar lainnya.

Baca Juga: 9 Negara Paling Populer untuk Melanjutkan Berkuliah

Untuk mampu meraih kemenangan atas persaingan yang tentunya begitu ketat dalam mengejar beasiswa, simak 5 saran dari para senior berikut ini yang telah berhasil mengenyam pendidikan tinggi dengan beasiswa.

1. Ajukan Beasiswa Sedini Mungkin

Saran pertama untuk kamu yang ingin lolos beasiswa kuliah adalah mengajukan beasiswa sedini mungkin. Saran ini mungkin sudah tidak asing lagi kamu dengar, karena memang sebagian besar para senior yang sudah berhasil lainnya juga akan menyarankan hal ini.

Dengan semakin cepat kamu melakukan apply beasiswa kuliah di berbagai program beasiswa yang telah dibuka, maka semakin cepat pula pihak penyedia beasiswa akan mempertimbangkan diri kamu.

Tapi tidak serta merta ketika kamu menjadi orang pertama yang mengajukan beasiswa ke salah satu pihak penyedia beasiswa, kamu secara otomatis akan langsung diloloskan. Karena tentunya kamu harus lebih dulu melewati serangkaian tahap, mulai dari tes ujian tertulis hingga tes wawancara.

2. Rajin Mengecek Situs Resmi Universitas

Menentukan universitas mana yang akan dijadikan sebagai tempat mengenyam pendidikan tinggi nanti menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini supaya dalam perburuan beasiswa kuliah menjadi lebih fokus.

Setelah memilih setidaknya 3 universitas tujuan, selanjutnya rajin-rajinlah mengecek situs resmi perguruan tinggi tersebut. Umumnya, informasi pendaftaran mahasiswa baru, yang secara bersamaan juga dengan pengumuman beasiswa kuliah, akan diunggah jauh-jauh hari. Ini menjadi cara paling efesien dibandingkan menunggu pengumuman di laman beasiswa secara global.

Ketika informasi telah diumumkan, maka segera lakukan saran pertama, yakni mengajukan beasiswa kuliah sedini mungkin. Perhatikan pula tentang berbagai persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

3. Cermati Topik Essay

Essay menjadi salah satu pertimbangan dalam penilaian pelamar beasiswa. Pihak penyedia beasiswa akan mengumumkan tema essay beasiswa. Tugas kamu untuk mencermati secara mendetail tentang tema tersebut.

Luangkan waktu sejenak untuk membenah topik essay beasiswa yang diminta. Baca-baca pula berbagai referensi yang terkait dengan tema tersebut yang begitu mudah ditemukan, baik melalui media elektronik dan media cetak. Kemudian, tulis essay sebaik mungkin dengan tentunya original dan unik.

4. Jangan Ragu Untuk Minta Pendapat Orang Lain

Saran para senior untuk memperbesar peluang kamu meraih beasiswa kuliah adalah minta saran kepada orang lain. Hal ini yang jarang dilakukan oleh para pelamar karena sudah merasa benar dan sesuai. Padahal, dengan meminta saran kepada orang yang sudah berhasil mendapatkan beasiswa misalnya, akan membuat tulisan essay kamu lebih berkualitas.

Janganlah ragu untuk meminta pendapat orang lain. Jangan takut merasa salah, karena itu juga tidak akan membuat kamu menjadi benar. Jadilah pribadi yang terbuka untuk menerima saran sekaligus kritik dari orang lain, karena itu akan kembali ke diri kita sendiri.

5, Atur Waktu Sebaik Mungkin

Ketika kamu mengajukan beasiswa lebih dari satu pihak, maka menjadi hal yang mutlak untuk kamu mampu mengatur waktu sebaik mungkin. Jangan sampai justru kamu tidak melakukan hal itu, karena tentu akan membuat kamu kehilangan semua kesempatan.

Perbesar peluang kamu untuk lolos beasiswa kuliah dengan 5 saran dari para senior tersebut. Dan agar tidak ketinggalan berbagai informasi seputar dunia perkuliahan, mulai dari beasiswa, pendaftaran kuliah, dana pendidikan, hingga kerja magang dan acara kampus, segera download aplikasi goKampus. Aplikasi goKampus sudah tersedia di Google Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like