Tidak banyak yang menyadari bahwa magang kuliah merupakan sebuah kegiatan yang mendatangkan berbagai manfaat. Sebut saja salah satu manfaat magang adalah mengetahui langsung apa yang sebenarnya tengah terjadi ditengah masyarakat, alias terjun langsung ke lapangan. Belajar tentang bagaimana menemukan solusi akan suatu masalah, dan lain sebagainya. Ini hanya satu dari berbagai keuntungan yang akan didapatkan saat magang.

Selain mendatangkan berbagai keuntungan, banyak para pelajar juga yang tidak menyadari bahwa program magang itu tak hanya tersedia di dalam negeri, tapi juga luar negeri. Kamu bisa mengajukan diri pada program-program magang di luar negeri yang tersedia.

Dapat dikatakan pula bahwa magang itu bisa menjadi langkah awal untuk terjun ke dunia kerja. Terlebih lagi bagi kamu yang memilih jurusan Hospitality atau Pariwisata, mengingat tanpa mempraktekkan ilmu yang sudah dipelajari di bangku kuliah, cukup sulit untuk bersaing di dunia kerja.

Baca Juga: Anak Magang? Jangan Lakukan 3 Hal Ini!

Dengan berkesempatan magang di luar negeri, selain peluang profesional, juga akan mendapatkan pengalaman baru mengenai budaya dan kehidupan masyarakat di negara tujuan yang tentu berbeda dengan Indonesia, misalnya di Inggris, atau Amerika Serikat, dan sebagainya.

Namun, jauh sebelum kamu mengajukan diri pada berbagai program magang di luar negeri yang informasinya dengan mudah didapatkan, lebih dulu kamu harus mengetahui jenis-jenis magang. Ini bertujuan untuk kamu tidak salah langkah dan magang yang kamu jalani sudah sesuai dengan harapan dan tujuan.

Setidaknya terdapat 3 jenis magang di luar negeri yang patut untuk kamu ketahui sebelum memutuskan diri untuk mencari pengalaman bekerja di negeri orang.

1. Magang Musim Panas di Luar Negeri

Jenis magang kuliah di luar negeri yang pertama adalah magang musim panas. Maksud dari penamaan magang musim panas tersebut adalah waktu program itu yang berlangsung hanya selama musim panas. Itu artinya, program magang ini hanya berjalan dalam waktu singkat. Umumnya hanya berlangsung dalam beberapa minggu saja.

Program magang musim panas ini memberikan kredit semester atau pengalaman sesuai dengan bidang kamu. Berbagai program magang tidak hanya diatur oleh pihak sekolah, tetapi juga kesempatan magang independen yang bisa ditemukan di beberapa bidang, seperti perhotelan dan pariwisata.

2. Magang Internasional Untuk Kredit

Berbagai perguruan tinggi di luar negeri telah menjalin kerjasama bersifat kolaboratif dengan perusahaan-perusahaan baik itu milik pemerintah maupun swasta. Kerjasama tersebut sama-sama menguntungkan bagi masing-masing pihak.

Dari pihak universitas, mahasiswa dapat melakukan kredit akademik dengan magang di perusahaan. Begitu juga dengan pihak perusahaan yang tidak perlu lagi bingung untuk mencari karyawan yang tengah dibutuhkan meski sifatnya hanya dalam bentuk program magang.

Kredit bagi mahasiswa akan memberikan pengalaman langsung sembari memenuhi persyaratan akademik. Magang dengan tujuan kredit adalah langkah terbaik untuk mencapai dua tujuan secara bersamaan.

Magang akademik dapat dijadwalkan melalui penasehat akademis kamu. Adapun waktu berlangsungnya program magang ini umumnya selama 1 hingga 2 semester. Untuk menerima kredit semester, kamu akan diminati untuk menulis esai, membuat jurnal atau membuat prestasi tentang pengalaman kamu selama magang.

3. Magang Nirlaba

Magang nirlaba menjadi jenis magang terakhir yang patut untuk kamu ketahui. Sesuai dengan namanya, program magang ini umumnya untuk organisasi yang bergerak pada bidang kemanusian, seperti badan amal, lembaga pemerintah, rumah sakit, organisasi keagamaan, ataupun sekolah.

Tujuan program magang nirlaba ini adalah untuk menyediakan layanan bagi masyarakat. dengan tujuan yang mulia, umumnya kamu tidak akan menerima bayaran atas jasa yang sudah diberikan. Meski begitu, pengalaman yang berharga tentu menjadi nilai tersendiri. Ditambah lagi membuat resume atau CV kamu akan jauh lebih mengesankan.

Kini, berkat hadirnya aplikasi goKampus, urusan kampus beres hanya dalam satu genggaman. Mulai dari magang kuliah, pendaftaran kuliah, dana pendidikan, promo mahasiswa, hingga acara kampus, dan berbagai program beasiswa kuliah pun tersaji lengkap. Jadi tunggu apalagi? Segera download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store sekarang juga dan rasakan berbagai manfaatnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like