Punya uang jajan bulanan yang pas-pasan bukan berarti kamu harus menjalani hidup mahasiswa dengan sengsara! Ada banyak banget tips-tips buat kamu sebagai mahasiswa agar bisa menghemat pengeluaran bulanan, dan goKampus akan berikan kamu 5 tips cerdas cara menghemat pengeluaran untuk mahasiswa, Ini dia!

1. Bawa Kartu Mahasiswa

Kartu mahasiswa cuma buat absen doang? Salah besar! Sebenarnya kartu mahasiswa punya keuntungan yang banyak loh! Kartu mahasiswa bisa dibuat untuk belanja juga. Banyak sekali kampus-kampus yang bekerja sama dengan berbagai restoran dan toko untuk membantu mahasiswa mendapatkan diskon saat belanja disana. Jadi, jangan lupa ya untuk bawa kartu mahasiswa saat mau belanja!

2. Hemat Transportasi

Meskipun sekarang banyak banget transportasi online yang bisa kasih kamu diskon murah-murah untuk berangkat ke tempat yang kamu, tapi jangan terlena… Karena kalo kamu hitung-hitung, pengeluaranmu untuk transportasi online itu sebenarnya bisa membuang banyak biaya loh! Mendingan, kalau tempat yang mau kamu tuju itu dekat, kamu bisa jalan kaki aja kesana… Itung-itung sehat juga, yekan?

3. Kurang-Kurangin Nongkrong

Nongkrong bareng teman sebenarnya bagus untuk kamu membangun relasi dan menyeimbangkan dunia perkuliahanmu, tapi kalo nongkrongnya berlebihan itu juga bisa membuatmu boros. Kamu bisa mencatat dan membuat perhitungan setiap bulannya berapa uang jajan yang harus kamu siapkan untuk kebutuhan nongkrong bareng temanmu. Cara ini bisa membantu kamu biar gak nongkrong terus-terusan, kasihan kan kamu kalo uang untuk weekend ternyata habis buat nongkrong yang gak perlu..

Baca Juga : 5 Tips Mencari Tempat Magang Bagi Mahasiswa

4. Jangan FOMO

Fear Of Missing Out (FOMO) merupakan fenomena yang paling sering ditemui oleh kalangan anak muda nih, guys. FOMO merupakan salah satu fenomena yang membuat orang takut dan cemas tertinggal atas informasi tertentu di era media sosial dan tidak mendapat pengakuan. Nah, kalo kamu gak bisa menghindari fenomena ini, akan banyak banget dampak buruk yang bakal kamu rasakan, misalnya nih sekarang teman-temanmu lagi ramai membeli sepeda yang mahal, biasanya sih orang yang FOMO juga akan ikut-ikutan membeli sepeda baru. Ini dilakukan karena orang itu ketakutan dan cemas bakal ketinggalan trend yang lagi berjalan. Wah.. kamu harus hati-hati ya jangan sampai ikut-ikutan FOMO!

menghemat pengeluaran mahasiswa

5. Cari Kerja Freelance

Nah, ini adalah cara yang paling tepat untuk menambah pemasukan saat kamu masih kuliah. Kamu bisa menambah pemasukan dengan mencari pekerjaan tambahan yang mungkin tidak akan mengganggu jam kuliah kamu ya. Kamu bisa mendownload banyak aplikasi-aplikasi pencari kerja lepas untuk mencari apakah ada kerjaan yang cocok untuk kamu ambil ya. Lumayan kan bisa nambah-nambah uang jajan untuk kamu!

Nah, ini adalah tips-tips buat kamu agar lebih hemat saat menjalani dunia perkuliahan ya. Semoga artikel dari goKampus bermanfaat untuk kamu, ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #PastiBisaKuliah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like