paradigma keperawatan
Kategori Kelas

Paradigma Keperawatan yang Calon Nakes Perlu Ketahui!

Menjadi perawat tentunya gak mudah karena kamu harus memiliki ilmu pengetahuan keperawatan yang memumpuni agar gak terjadi hal-hal yang dapat mencelakai pasien. Sebagai calon tenaga kesehatan (nakes), kamu perlu mengetahui konsep, keyakinan hingga paradigma keperawatan.

Nah, goKampus akan membahas seperti apa paradigma keperawatan yang perawat jadikan pedoman. Yuk, baca selengkapnya tentang paradigma keperawatan di artikel ini!

Apa Itu Paradigma Keperawatan?

Menurut Gaffar (1997) dalam modul Konsep Dasar Keperawatan Kementerian Kesehatan, paradigma keperawatan adalah cara pandang atau cara kita melihat, memikirkan, memberi makna, menyikapi, dan memilih tindakan terhadap berbagai fenomena dalam keperawatan.

Tentunya, paradigma keperawatan ini juga bisa sebagai pengembangan model konseptual dan teori-teori keperawatan. Paradigma ini berfungsi sebagai acuan dan dasar dalam menjalankan praktek.

Konsep dalam Paradigma Keperawatan

Salah satu unsur utama dalam paradigma keperawatan adalah konsep keperawatan. Konsep keperawatan adalah bentuk layanan kesehatan yang profesional. Nah, ada 4 konsep yang membentuk paradigma ini, yaitu manusia, lingkungan, kesehatan, dan perawat. Keempat unsur ini saling berhubungan dan memiliki pengaruh satu sama lain.

1. Manusia

Manusia adalah klien yang menerima pelayanan keperawatan, misalnya individu, kelompok, keluarga, dan masyarakat. Di sini manusia dipandang sebagai makhluk hidup, makhluk psiko, makhluk sosial, dan makhluk spiritual.

Seorang perawat harus dapat mengetahui berbagai karakteristik serta kebutuhan dasar masing-masing kliennya. Dengan begitu, pelayanan keperawatan akan tepat sasaran.

2. Lingkungan

Lingkungan adalah kondisi dan keadaan internal atau eksternal yang dapat memengaruhi kesehatan klien. Secara umum, lingkungan terbagi menjadi 2, yaitu fisik dan non-fisik.

Lingkungan fisik adalah lingkungan di sekitar manusia secara alamiah, seperti cuaca, musim, kadaan geografis, geologis, dan sebagainya. Sementara itu, lingkungan non-fisik adalah lingkungan yang muncul karena adanya interaksi manusia, seperti sosial-budaya, norma, nilai, adat istiadat, dan sebagainya.

3. Kesehatan

Kesehatan adalah derajat kesehatan dan kesejahteraan klien. Menurut Departemen Kesehatan RI (1992), kesehatan adalah kesatuan yang utuh, mulai dari unsur-unsur fisik, mental, sosial, serta kesehatan dalam jiwanya.

Manusia bisa sakit jika terdapat kelainan dalam tubuhnya yang mengakibatkan tubuhnya kurang nyaman serta timbul berbagai gejala dan pertanda.

4. Keperawatan

Unsur ini meliputi atribut, karakteristik, serta tindakan dari perawat yang memberikan pelayanan pada klien. Fungsi keperawatan adalah untuk membantu individu, kelompok, keluarga, dan masyarakat yang sakit menjadi sehat kembali.

Baca Juga: Apa Saja Prinsip Etik Keperawatan? Ini 8 Hal yang Wajib Kamu Tahu!

Sekarang kamu jadi lebih tahu kan apa itu paradigma keperawatan beserta konsep-konsepnya? Apalagi kamu yang akan menjadi nakes nantinya, wajib tahu hal ini!

Oh iya, saat ini banyak loh pekerjaan yang membutuhkan kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris. Contohnya, kalau kamu bekerja di rumah sakit. Nah, kamu bisa memperlancar bahasa Inggris dengan ikutan kelas secara online.

Yuk, perlancar kemampuan bahasa Inggris kamu terutama jika kamu nantinya tertarik bekerja sebagai perawat di rumah sakit dengan ikutan kelas Bahasa Inggris untuk persiapan karier.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *